CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menambal Tangki Motor yang Bocor Dengan Sabun - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menambal Tangki Motor yang Bocor Dengan Sabun

gambar sabun batangan lilin
Sumber foto : pixabay/Stewe
Healty99 - Untuk motor yang telah berumur, masalah tangki bahan bakar bocor mungkin kerap terjadi. Walau tidak semua pemiliki kendaraan mengalami kondisi yang sama, namun permasalahan seperti ini terkadang tidak bisa dihindari meski sudah melakukan perawatan runtin terhadap sepeda motor.

Salah satu penyebab mengapa tangki bahan bakar motor bisa bocor ialah karenakan adanya korosi atau karat di dalam tanki. Mengingat tanki terbuat dari bahan logam, bukan tidak mungkin lama-kelamaan bisa kropos dan pada akhirnya terjadi bocor atau rembes.

Walau tangki selalu di isi dengan bensin, namun tahukah kamu bahwasanya di dalam tangki juga bisa terdapat endapan air. Air tersebut bisa masuk karena terjadi perubahan suhu yang terlalu rendah, sehingga menyebabkan embun di dalam tangki.

Lama kelamaan air tersebut akan mengendap pada bagian bawah dan menyebabkan korosi alias karat.

Cara Menambal Tangki Bocor Dengan Sabun

Tidak hanya karena air saja, adapun bentuk insiden seperti benturan, terjatuh dan sebagainya terhadap tanki, sehingga menyebabkan penyok atau bahkan bolong kecil. 

Jika sudah begitu pastinya bensin yang ada dalam akan bocor keluar atau merembes. Kondisi seperti ini memang menjengkelkan, terlebih lagi karena bensin mudah terbakar yang pastinya akan membuat khawatir.

Oleh sebab, buat kamu yang tangki motornya merembes bocor maka segera lakukan penambalan terhadap, sehingga menjadi lebih aman tanpa harus khawatir akan kebocoran yang bisa menyebabkan kebakaran.

Adapun cara menambal tangki yang awet ialah menggunakan las patri, solder, timah serta lem super kuat. 

Namun karena proses pengerjaan penambalan menggunakan las, solder serta lem memakan waktu cukup lama, terlebih lagi harus membongkar tanki motor. Tentu cara satu ini tidak cocok buat kamu yang tidak memiliki waktu luang.

Nah, karena permasalahan waktu alias kepepet, maka banyak juga orang memutar otak dengan mencari cara agar bisa menambal tangki motor yang bocor dengan cepat, dan salah satu caranya ialah memakai sabun.

Yap, sabun. Sabun yang kita kenal dan sering kita pakai buat mandi bisa kamu manfaatkan untuk menambal tangki bocor loh. 

Namun yang perlu kamu ketahui ialah cara seperti ini bersifat sementara dan lebih cocok buat kamu yang sedang tidak ada waktu luang.

Berikut cara pengerjaanya.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Sabun lilin alias sabun mandi (lebih baik gunakan sabun batangan kompas karena lebih lengket dan lembut)
  2. Korek api
  3. Pisau
  4. Lap

Langkah pengerjaan :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah kuras bahan bakar yang ada di dalam tangki terlebih dahulu.
  2. Pastikan lubang benar-benar kering dari minyak, kamu bisa gunakan lap untuk membersihkan bagian tersebut.
  3. Ambil sabun lalu potong sebagian kecil menggunakan pisau.
  4. Langkah selanjutnya ialah tempelkan secara perlahan seperti menggunakan dempul.
  5. Tekan-tekan perlahan dan biarkan sabun sedikit menumpuk pada bagian yang terdapat lubang alias kebocoran.
  6. Jika dirasa sudah tertutup secara keseluruhan, segera isi dengan minyak kembali.
  7. Cek apakah masih ada rembesan atau tidak. Jika masih maka lakukan penambalan ulang menggunakan sabun lebih banyak.

Nah, itulah cara menambal tangki bocor menggunakan sabun serta langkah pengerjaan.

Sabun memang bisa menjadi alasan buat kamu dalam hal menambal kebocoran pada tangki sepeda motor. Namun sabun juga memiliki sejumlah kelemahan, salah satunya ialah tidak bisa terkena air serta tidak tahan panas.

Oleh karena itu hindari motor kamu dari air serta hujan, terlebih lagi penambalan menggunakan sabun juga bersifat sementara.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel