CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Darah Tinggi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Darah Tinggi

gambar daun kelor ditumbuk halus
Sumber foto : pixabay/Ninetechno
Healty99 - Daun kelor untuk atasi masalah darah tinggi atau hipertensi bukanlah hal yang baru, tanaman satu ini sudah sejak lama di manfaatkan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti diabetes, tumor, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita ketahui, hipertensi atau gangguan tekanan darah dapat di sebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, contohnya kebiasaan merokok, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, asin atau mengandung garam, terlalu banyak konsumsi makanan manis, serta juga dipengaruhi kurangnya aktivitas fisik dan olahraga.

Gangguan kesehatan satu ini umumnya sering terjadi pada usia 30 tahun, baik pada wanita maupun pria. Walau masalah hipertensi bisa diobati dengan beberapa cara alami, namum tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati.

Manfaat Daun Kelor untuk Darah Tinggi

Kemampuan tanaman yang dikenal juga dengan nama marunggai ini didasari akan beberapa kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi bagi tubuh.

Selain itu, menurut sejumlah penelitian upaya dalam penanggulangan hipertensi bisa dilakukan secara non-farmakologis seperti memanfaatkan rebusan daun kelor yang mudah ditemukan di daerah beriklim tropis.

Bahkan tidak sampai di situ saja, efektivitas kandungan pada kelor juga bisa mencegah kolesterol, bersifat antibakteri, antiradang, antitumor, serta membantu menurunkan kadar gula darah.

Cara meracik daun kelor untuk darah tinggi

Nah, buat kamu yang ingin mengolah atau meracik daun kelor dengan tujuan untuk menurunkan tekanan darah (hipertensi). Adapun langkah pengerjaanya sebagai berikut :

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 4 tangkai daun kelor, cari yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua
  2. 1 liter air
  3. Panci dan alat rebus lainnya
  4. Madu

Langkah membuat :

  1. Pertama cuci daun kelor dengan air mengalir, setelah itu langsung saja rebus di dalam panci dan air hingga mendidih.
  2. Masak hingga airnya mendidih atau paling tidak selama 20 menit.
  3. Setelah mendidih angkat dan biarkan suhu panasnya turun.
  4. Tuang kedalam gelas dan berikan sedikit madu untuk menambahkan rasa manis.

Nah, itulah cara meracik daun kelor untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Note : Perlu kamu ketahui, walau menurut penelitian tanaman satu ini memiliki efektivitas dalam menurunkan tenakan darah berlebih, akan tetapi ada baiknya kamu tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Minumlah dalam batas wajar dan lebih banyak ke menjaga pola hidup seperti mengurangi makan-makanan yang kurang sehat.

Selain itu, jika kamu hendak mengkonsumsi air rebusan kelor secara teratur, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter atau ahli kesehatan untuk mendapakan masukan. 

Terlebih lagi jika kamu terdapat riwayat gangguan kesehatan, penyakit, sedang mengkonsumsi obat-obatan dan ibu hamil.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel