CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ikan Betutu beracun? Benarkah Demikian - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ikan Betutu beracun? Benarkah Demikian

gambar ikan betutu
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Ikan betutu memang memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan, bahkan walaupun ia di sapa gabus karena kemiripan bentuk tubuh, tetapi sebagian orang mungkin enggan mengolahnya menjadi makanan mengingat warna dan corak sisiknya yang aneh.

Betutu atau gabus bodoh memiliki warna dan corak sisik yang berbeda dari kebanyakan ikan snake head lainnya seperti gabus dan toman. Betutu memiliki sisik berwarna kecoklatan hitam dan sedikit kasar, bahkan perawakanya sekilas mirip dengan batik.

Namun, terlepas dari ciri khasnya lantas apakah ikan satu ini dikonsumsi? Jawabnya adalah "Iya" betutu boleh di makan seperti kebanyakan ikan air tawar lain, mengingat rasa dagingnya lezat dan cukup manis.

Bagi sebagian orang yang belum pernah melihat atau baru pertama kali mengolah ikan satu ini mungkin sedikit tidak yakin, mengingat beberapa orang mengatakan mirip seperti ikan buntal air tawar sehingga dianggap berbahaya dan beracun.

Tetapi pada kenyataanya ikan betutu dan buntal memiliki perbedaan yang mencolok, sehingga dapat di bedakan hanya dengan melihat ciri fisik dari keduanya.

Apakah Ikan Betutu Beracun?

Ikan betutu atau gabus bodoh tidak beracun dan berbahaya bagi manusia, bahkan justru sebaliknya dimana hewan satu ini banyak di cari untuk keperluan konsumsi dan pengobatan.

Yap, kamu tidak salah dengar, ikan dengan nama keren Marble gobby ini memiliki harga yang fantastis, bahkan untuk perkilonya bisa dihargai 150.000 hingga 400.000 (IDR).

Buat kamu yang penasaran dengan ikan bettutu, rasa dagingnya tidak jauh berbeda seperti kebanyakan gabus. Saat di olah daging akan berubah menjadi warna putih, hanya saja lebih pulen dan terasa sedikit manis.

Itu yang saya rasakan untuk beberapa kali mendapatkanya di sungai dan mengolahnya menjadi makanan.

Secara umum betutu dapat di temukan hampir di seluruh perairan di Indonesia, tetapi tidak selalu bisa mendapatkan ikan satu ini dengan mudah.

Ada hal yang perlu kamu ketahui ialah, Marble gobby memiliki manfaat bagi kesehatan. Ia banyak di cari untuk alasan pengobatan selepas operasi atau menyembuhkan luka.

Jadi tidak alasan bahwa enggan untuk makan betutu jika mendapatkanya karena memancing.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel