CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Iguana Makan Semangka [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Iguana Makan Semangka [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

gambar buah semangka merah

Healty99 - Bolehkah iguana makan buah semangka? Jawabnya adalah "Ya" reptil satu ini bisa mengkonsumsi semangka tetapi dalam jumlah yang terbatas dan harus diperhatikan setiap harinya.

Iguana merupakan hewan yang menarik perhatian para penggemar reptil, tidak heran ia menjadi salah satu peliharaan yang cukup populer dirumah.

Dalam merawat seekor iguana, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ialah kebersihan kandang dan pola makannya. Untuk itu kamu harus tahu apa makanan terbaik bagi mereka dan berapa jumlah porsi yang dianjurkan.

Iguana Maka Semangka

Secara alamiah di alam liar, iguana kebanyakan memakan jaringan tumbuhan lunak seperti sayuran dan dedaunan. Mereka terkadang juga memakan buah-buahan dan sejumlah serangga kecil jika memang dibutuhkan.

Terlepas dari itu semua, mungkin kamu pernah berfikir untuk memberikan buah semangka kepada mereka, terlebih saat ini kamu memang sedang memakan semangka dan ingin membagikan sedikit nutrisi pada peliharaan.

Iguana sebenarnya dapat dengan mudah memakan semangka, mengingat buah satu ini kaya akan air yang dapat membantu tubuh mereka agar tetap terjaga dan terhidrasi dengan baik.

Tetapi yang perlu kamu ketahui ialah mereka juga memiliki batas dan kamu tidak diharuskan untuk memberi buah setiap waktu.

Manfaat semangka bagi iguana

Semangka memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin A, C, B6, serat, air, kalsium serta antioksidan. Kita manusia membutuhkan asupan nutrisi tersebut untuk menjaga sistem metabolisme, namun hal yang sama juga berlaku pada iguana.

Iguana membutuhkan sejumlah asupan gizi dari makanan mereka seperti vitamin dan mineral untuk tujuan supaya terhindar dari serangan penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Seperti halnya vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan yang dapat memberikan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh peliharaan kamu, serta mencegah mereka dari masalah penyakit kulit seperti jamur ataupun infeksi tungau.

Disisi lain kandungan serat dan air pada buah semangka juga sangat bagus untuk iguana, dalam jumlah cukup serat dan air bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah masalah seperti sembelit serta dehidrasi.

Cara memberikan semangka

Kamu dapat dengan mudah memberikan buah semangka ke iguana dengan beberapa potong kecil. Namun yang harus kamu ketahui ialah semangka terdiri dari beberapa jenis lapisan seperti kulit luar, daging kulit, daging buah merah dan biji.

Bagian yang aman dan dapat kamu berikan ialah daging kulit yang berwarna putih dan daging buah merah, berikan peliharaan kamu dalam bentuk potongan dadu secara bersih tanpa biji.

Meski sebenarnya bagian kulit tergolong aman buat iguana, tetapi tidak menghadirkanya jauh lebih baik. Mengingat kulit luar bisa saja sudah terkena kontaminasi pestisida atau racun serangga oleh petani.

Selain itu hindari juga bagian biji semanggka, biji memiliki tekstur keras. Walau iguaana bisa saja memakan namun biji tidak mudah untuk dicerna dan hanya akan keluar dalam bentuk utus bersama feses.

Jadi tips terbaik untuk memberikan semangka ke iguana ialah dengan memberi bagian daging buah dan daging kulit dalam bentuk potongan kecil-kecil.

Porsi yang dianjurkan

Sebenarnya berapa banyak iguana dapat makan semangka? Pada dasarnya jika peliharaan kamu merasa lapar, mereka dapat memakan habis buah seukuran 2 kali kepala mereka sendiri.

Namun tentu itu tidak sesuai porsi yang aman bagi kesehatan mereka. Oleh karena itu kamu hanya boleh memberikan mereka sekitar 20% - 30% dari makanan pokok iguana harian.

Walau mungkin peliharaan kamu akan merasa kurang tetapi itu adalah yang terbaik bagi mereka agar tidak terkena masalah pencernaan.

Bahaya semangka

Apakan semangka berbahaya bagi iguana? Buah berair dengan daging warna merah ini sebenarnya tidak beracun dan berbahaya bagi peliharaan kamu, tetapi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan.

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air dan serat pangan, serat dan air memang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup termasuk itu iguaana. Karena manfaatnya ialah melancarkan pencernaan dari sembelit dan mencegah masalah dehidrasi.

Tetapi faktanya peliharaan kamu tidak membutuhkan serat dan air dalam jumlah banyak, serat dan air dalam jumlah berlebihan dalam makanan bisa meningkatkan resiko diare, sakit perut dan masalah panda pencernaan.

Selain itu memberikan peliharaan dengan makanan berair seperti semangka didalam wadah bisa meningkatkan resiko terinfeksi bakteri salmonella, yaitu salah satu bakteri yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada hewan dan manusia.

Oleh karena itu, untuk menghidari masalah kesehatan bagusnya kamu memberikan iguana buah semangka secara langsung dalam bentuk potongan kecil dan tidak di biarkan di atas tanah atau wadah kotor.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar reptil.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel