CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Burung Kutilang Makan Ulat Hongkong [Mealworm] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Burung Kutilang Makan Ulat Hongkong [Mealworm]

gambar ulat hongkong atau mealworm
Sumber foto : istock
Healty99 - Bolehkan burung kutilang makan ulat hongkong atau mealworm? Jawabnya adalah "Ya". Burung satu ini bisa makan sejumlah jenis serangga seperti halnya ulat hongkong.

Kamu tidak perlu khawatir, sejatinya di alam liar burung kutilang kerap memakan beberapa serangga kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka selain dari buah-buahan dan biji-bijian.

Ulat Hongkong untuk Kutilang

Ulat hongkong alias mealworm diketahui memiliki kandungan nutrisi berupa 48% protein kasar, 40% lemak kasar, 3% abu, 57% air dan sisanya ekstrat non nitrogen. Ini bisa menjadi asupan makanan super untuk beberapa hewan peliharaan seperti unggas, reptil, ikan dan mamalia kecil.

Manfaat

Manfaat memberikan burung kutilang ulat hongkong antara lain ialah membuat peliharaan menjadi lebih aktif bergerak, mempercepat penggemukan karena kaya akan protein, meningkatkan kicau suara karena memiliki sifat yang aktif serta meningkatkan birahi sehingga mudah kawin dan di kembang biakan

Cara memberikan

Buat kamu yang ingin meberikan ulat hongkong pada burung kutilang peliharaan, maka kamu bisa berikan secara langsung kepada mereka.

Cukup suguhkan dihadapan ke depan muka mereka menggunakan pigset atau dengan meletakan di dalam wadah dan biarkan mereka menggambil sendiri.

Berapa banyak yang boleh dimakan

Berapa banyak sih burung kutilang pakan ulat hongkong yang aman dalam sekali sekali pemberian? Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu sering memberikan peliharaan berbulu kamu dengan banyak pakan ulat mealworm.

Sebagai patokan, kamu bisa berikan burung kutilang 3 - 5 ekor ulat dengan ukuran batang koset dalam sekali makan dan tidak lebih. Selain itu sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena terlalu banyak juga tidak bagus.

Cukup seminggu dua sampai tiga kali dan di selingi dengan sejumlah makanan lain seperti buah-buahan dan biji-bijian.

Efek samping

Meski mealworm memiliki manfaat buat kutilang, tetapi faktanya pakan satu ini juga memiliki efek samping yang cukup panas loh.

Adapun beberapa efek samping dan bahaya ialah bisa menyebabkan kegemukan dan obesitas, burung menjadi lebih agresif serta galak terlebih jika ada lawan, terlalu berlebihan bisa menyebabkan bulu rontok dan yang terakhir ialah menyebabkan katarak.

Nah, itulah mengenai ulat hongkong untuk burung kutilang yang bisa kamu ketahui dari segi manfaat, dosis dan takaran dalam pemberian serta efek samping maupun bahayanya jika berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar unggas.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel