CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Akar Beluru (Gandu / Bingkek) Entada Phaseoloides - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Akar Beluru (Gandu / Bingkek) Entada Phaseoloides


Healty99 - Akar beluru atau dikenal juga dengan nama akar gandu atau pohon bingkek. Merupakan spesies tumbuhan liar dengan nama ilmiah Entada phaseoloides [L]. Merr yang diketahui masih satu family dengan Leguminosa dan hidup dengan cara merambat atau menjalar pada pohon dan dahan sekitar.

Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini dapat di temukan dengan mudah mulai dari daerah Bali, Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Termasuk itu pada kawasan hutan sekunder yang masih alami dan hutan dalam.

Ciri khas beluru ialah batang pangkalnya tumbuh meliuk-liuk, melintir dan menjalar. Kulit batang pangkal berwarna hitam ke abu-abuan serta mampu tumbuh menjalan hingga belasan meter.

Manfaat dan Kegunaan Akar Beluru

Tanaman akar gandu memiliki manfaat dan kegunaan bagi sebagian orang, khususnya yang tinggal pada kawasan di dekat hutan, suku maupun penduduk sekitar.

Salah satu bentuk pemanfaatan dan penggunaan tersebut ialah :

1. Untuk membersihkan tubuh

Pertama digunakan untuk membersihkan bagian tubuh saat mandi. Bagian tanaman yang digunakan ilalah ada pada kulit batang dan akar yang kecil.

Cara menggunakanya, kulit di tumbuk hingga hancur namun masih kasar, lalu setelah itu dipakai untuk menggosok tubuh layaknya sikat saat mandi.

Kegiatan seperti ini sudah dilakukan sejak lama bagi sebagian masyarakat terutama orang rimba sebelum mengenal yang namanya sabun mandi.  

2. Shampo alami

Selain digunakan sebagai sikat untuk membersihkan tubuh, akar beluru juga bisa dijadikan shampo alami.

Cara mengolahnya, ambil bagian akar tanaman kemudian di tumbuk halus dan beri sedikir air, usap mengunakan tangan hingga berbui lalu balurkan ke area rambut kepala.

Lakukan kegiatan secara berulang, kemudian cuci mengunakan air pancuran atau air mengalir agar akar beluru tidak menyakut di rambut. 

3. Obat tradisional

Beberapa suku pedalaman dan orang rimba kerap memanfaatkan akar tanaman beluru untuk dijadikan obat tradisional.

Menurut beberapa sumber dari tumbuhan obat, kehidupan masyarakat pedalaman mempercayai dan mengunakan akar beluru sebagai obat bisa membantu melancarkan proses kelahiran sekaligus memulihkan wanita yang baru saja melahirkan.

Penggunaan akar sebagai obat bahkan telah dilakukan secara turun menurun sebagai tradisi.

Bagian yang di gunakan yaitu kulit akar dan biji dari buah beluru, akar tersebut di rebus dan di konsumsi secara rutin menjelang beberpa minggu mau melahirkan.

Nah, itulah informasi mengenai tanaman akar beluru yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tumbuhan obat.

Artikel terkait : 

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel