CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ini dia Manfaat Biji Sirsak dibalik Racun untuk Tubuh. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ini dia Manfaat Biji Sirsak dibalik Racun untuk Tubuh.

Manfaat dibalik biji sirsak yang beracun.

manfaat dari biji sirsak yang beracun
Healty99 - Bagaimana jika lagi asik-asik makan buah sirsak tanpa sengaja tertelan bijinya, dan apa yang harus dilakukan? Tenang kamu tak usah terlalu khawatir. Walau biji sirsak dikategorikan beracun untuk tubuh namun dalam jumlah sedikit masih dikatakan aman kok.

Terlebih lagi jika kamu memang tanpa sengaja menelan bijinya secara bulat-bulat, maka sudah pasti akan sulit untuk hancur di dalam pencernaan dan akan terbuang keluar bersamaan dengan kotoran.

Permasalahan seperti ini ada baiknya yang bisa kamu lakukan ialah perbanyak konsumsi air putih dan makan buah-buahan. tujuanya guna untuk memepercepat pembentukan feses dan kamu bisa BAB.

Walau daging buah yang kerap di sebut nangka belanda ini mengandung banyak nutrisi serta vitamin yang baik untuk kesehatan, namun kamu harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsinya.

Biji buah sirsak yang berwana hitam mengandung senyawa yang di katakan bioaktif, diantaranya berupa alkaloid annonaine dan acetogenins. Salah satu dari beberapa zat tersebut bisa digunakan sebagai pestisida nabati.

Mungkin sedikit dari kalian ada yang bertanya-tanya 'apa sih efek samping jika menelan biji dari buah sirsak?' Bijinya mengandung senyawa alkaloid yang cukup tinggi, jika dalam jumlah berlebihan termakan bisa menyebabkan efek samping mual, muntah dan mielosupresi.

Untuk itu berhati-hatilah saat mengkonsumsi buahnya agar tidak tertelan bijinya.

Namun kamu jangan terlalu berfikir bahwa biji sirsak yang mengandung racun tidak bermanfaat bagi manusia. Bji sirsak tetap bisa bermanfaat namun setelah di lakukan ekstrasi yang tentunya digunakan untuk luar tubuh.

Sebagian orang terkadang memanfaatkan biji tanaman sirsak sebagai bahan obat vermifuges, pembersih kulit serta racun untuk membunuh serangga seperti kecoa dan lainya.

Nah, untuk itu simak beberapa manfaat dari biji nangka belanda yang dikatakan beracun untuk manusia.

1. Membasmi kutu rambut

Kamu bisa memanfaatkan biji sirsak untuk membasmi kutu rambut ketimbang menggunakan obat instan yang mungkin saja tidak cocok dengan rambut kepala.

Selain itu, penggunaan dari biji tumbuhan juga terbilang aman dari yang namanya efek samping serta sudah pasti ramah lingkungan.

Cara mengolahnya, siapkan beberapa butir biji sirsak kemudian giling atau tumbuk sampai halus, lalu beri sedikit air. Usapkan ke rambut kepala dan diamkan lebih kurang selama 15 menit.

Setelah itu cuci dengan air mengalir sampai bersih, agar hasil lebih maksimal dan telur kutu bisa hilang maka ada baiknya lakukan kegiatan 2 kali setiap minggu hingga bersih.

Baca juga : Manfaat Rebusan Daun Nangka Belanda Untuk Pria

2. Racun serangga

Biji sirsak cukup efektif dalam membunuh beberapa serangga seperti kecoa, laba-laba dan semut.

Cara menggunakanya, haluskan biji sirsak hingga menjadi bubur kemudian campurkan dengan air, diamkan semalaman lalu esoknya bisa digunakan.

Racun serangga satu ini bisa kamu semprotkan ke area sela-sela yang terdapat persembunyian serangga seperti di WC, dapur dan belakang lemari.

3. Obat-obatan

Ekstrak dari biji sirsak sedang di uji dan digunakan oleh ahli farmasi untuk di teliti lebih lanjut, karena beberapa kandungan yang terdapat pada biji tanaman satu ini di klaim mampu menjadi obat aborsi.

Namun sejauh ini belum di ketahui secara pasti terhadap kefektivitasnya, serta terlebih lagi apa efek samping dari penggunaan yang akan timbul.

4. Pestisida ramah lingkungan

Pemanfaatan biji sirsak selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk obat pestisida nabati alami dan tentu saja aman bagi lingkungan.

Kamu bisa menggunakanya untuk membunuh serangga kecil pemakan tumbuhan kebun.

Cara menggolahnya, tumbuk halus biji buah kemudian rendam beberapa hari bersamaan dengan kulit bawang. Setelah itu baru digunakan sebagai obat pestisida tanaman.

Nah itulah beberapa manfaat dari biji sirsak di balik racun bagi manusia.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel