CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Macam Jenis Buah Sawo Enak dan Manis Untuk Dinikmati - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Macam Jenis Buah Sawo Enak dan Manis Untuk Dinikmati

jenis buah sawo
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Bagi masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Sawo. Umumnya jenis buah Sawo yang sering temukan ialah memiliki warna kulit dan daging kecoklatan, serta rasa manis seperti karamel. Namun tahukah kamu, ada banyak macam varietas buah Sawo loh, yang tentunya patut dicoba.

Penasaran? Yuk langsung saja simak dibawah ini.

Jenis Buah Sawo

Perlu kamu ketahui sebelumnya, mengkonsumsi buah satu ini baik untuk kesehatan loh. Hal ini dikarenakan manfaat Sawo yang luar biasa, terutama untuk saluran pencernaan.

1. Black Sapote

gambar buah Black Sapote
Sumber foto : istockphoto
Black Sapote atau biasa dikenal dengan Sawo hitam atau buah puding cokelat, merupakan penyebutan untuk buah dari tanaman dengan nama ilmiah Dyospyros nigra.

Black Sapote adalah tumbuhan asli dari Meksiko, Colombia, dan Amerika Tengah, di Indonesia sendiri keberadaanya tergolong langka, karena cukup sulit untuk dikembang biakan.

Ciri khasnya ialah kulit buahnya berwarna hijau hingga kuning kecoklatan, daging buah berwarna hitam atau coklat gelap, terasa lebut jika sudah dalam kondisi masak. Jika ditanya rasa, Black Sapote atau Sawo hitam mempunyai rasa yang sangat manis seperti punding coklat.

Keberadaanya yang langka dan belum banyak dibudidayakan membuatnya dijual hingga 150 ribu untuk satu buah matang.

2. Sawo Mentega

gambar buah sawo mentega, Pouteria campechiana
Sumber foto : istockphoto
Sawo Mentega atau sering disebut sebagai Sawo ubi, belanda alkesah atau kanistel, adalah buah dari tanaman dengan nama latin Pouteria campechiana yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan.

Di Indonesia jenis Sawo Mentega memang kurang populer, terlebih lagi memang sulit untuk ditemukan. 

Ciri khas buah satu ini cukup mencolok, diamana ia memiliki warna kuning mentega atau kuning cerah, berkulit tipis serta berpermukaan licin. Jika dilihat dari samping berbentuk oval dengan bagian ujung mengerucut. Besarnya sekitar 5 sampai 7 cm

Sawo Mentega memiliki rasa samar-samar manis, jika sudah matang ia bisa dimakan secara langsung, walau begitu tak jarang juga banyak yang mengolahnya menjadi aneka kudapan lainnya.

3. Sawo Kecik

gambar sawo kecik, Manilkara kauki
Sumber foto : istockphoto
Berikutnya ada Sawo Kecik (Manilkara kauki) atau Sawo Jawa, masih dalam satu keluarga Sapotaceae. Ini adalah jeni pohon yang biasa ditanam sebagai pohon peneduh atau tanaman hias perkarangan.

Jenis buah Sawo satu ini diketahui berasal dari India, kemudian menyebar ke beberapa wilayah yang mempunyai iklim tropis termasuk Indonesia.

Sesuai namanya Kecik, yang mengartikan bahwa buah satu ini memiliki ukran kecil, lonjong dan hanya berukuran sekitar 3 sampai 4 cm.

Sedangkan untuk rasa buah satu ini cukup sepet atau kelat, walau sudah dalam kondisi matang sempurna.

4. Sawo Putih

gambar sawo putih, Casimiroa edulis
Sumber foto : istockphoto
Sawo Putih (Casimiroa edulis) atau biasa dikenal juga sebagai White Sapote. Ini merupakan tanaman yang diketahui berasal dari kawasan tropis Mexico, kostarika, dan juga Amerika Tengah.

Ciri khasnya ialah buahnya bundar mirip seperti apel, berwarna hijau yang kemudian akan berubah menjadi kekuningan saat telah masak.

Pada bagian dalam, daging buah berwarna putih susu, terdapat biji cukup besar di tengahnya serta memiliki rasa manis yang unik seperti campuran buah pir dan pisang.

Sama seperti Black Sapote dimana White Sapote juga tergolong langka di Indonesia, karena sedikit yang membudidayakanya.

5. Sawo Duren

gambar sawo duren, Chrysophyllum cainito
Sumber foto : istockphoto
Berikutnya ada Sawo Duren (Chrysophyllum cainito), nama lainnya berupa Sawo apel, hejo atau buah kadu.

Ini merupakan jenis buah Sawo yang memiliki tinggi pohon sekitar 30 meter, diketahui tanaman satu ini berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan juga Hindia Barat.

Ciri khasnya ialah buahnya memiliki dua jenis varian, namun dapat dibedakan berdasarkan warna yaitu coklat keungguan dan hijau daun.

Pada bagian luar ia memiliki kulit yang cukup tebal, sedangkan untuk bagian dalam buah berwarna putih dengan biji besar hitam.

Sawo Duren dapat dimakan langsung saat sudah matang, terlebih lagi ia mempunyai rasa yang manis dan bertekstur lembut.

6. Sawo Mamey Sapote

Sawo Mamey Sapote

Ini adalah jenis buah Sawo yang memiliki ukuran jumbo jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bayangkan saja Mamey Sapote panjangnya bisa mencapai 20 cm dengan lingkar hingga 30 cm.

Selain bentuknya yang besar, ciri khas lainnya Sawo satu ini ialah memiliki kulit luar berwarna coklat, sedangkan untuk bagian daging buah berwarna oranye agak kemerahan dan hanya mempunyai satu biji saja.

Untuk rasa Mamey Sapote sangat manis seperti ubi madu. Sangat enak jika dimakan dalam kondisi matang sempurna dan tentu akan dibuat puas karena porsinya.

7. Sawo Hijau

gambar sawo hijau, Pouteria viridis

Sawo Hijau atau Green Sapote (Pouteria viridis), ini merupakan jenis Sawo berkulit hijau kekuning-kuningan atau coklat kemerahan dengan pajang sekitar 12 cm dan lebar 8 cm.

Pada bagian dalam, daging  buahnya berwarna oranye kecoklatan atau salmon, hanya memiliki satu atau dua biji saja dengan panjang 5 cm, yang ukuranya cukup besar dan berwarna coklat mengkilat.

Rasa dari Green Sapote sangat manis disertai tekstur creamy atau lembut.

8. Sawo Manila

gambar Manilkara zapota, sawo manila
Sumber foto : pixabay/sarangib
Sawo Manila (Manilkara zapota) merupakan jenis Sawo yang memiliki banyak macam varietas dan umum dijumpai di Indonesia.

Diketahui menurut sejarah buah satu ini berasal dari kawasan Meksiko, Guatemala, kemudian dibawa oleh penjajah Spanyol dari Meksiko ke wilayah dataran Asia Tenggara.

Ciri khas Sawo Manila ialah memiliki warna kulit dan daging buah kecoklatan, terdapat biji hitam kecil pada bagian tegah dengan rata-rata 3 sampai 4 butir. Sedangkan untuk rasa, jenis satu ini sangat manis seperti karamel dan cukup berair.

9. Sawo Mentimun

Sawo Mentimun
Sumber foto : shopee
Sawo Mentimun adalah jenis varietas Sawo yang memiliki bentuk buah lonjong memanjang seperti halnya mentimun. Bahkan untuk panjang buahnya bisa mencapat 10 sampai 12 cm.

Ciri khas lainnya ialah ia memiliki kulit kasar jika diraba, daging dan kulit buah berwarna kecoklatan, serta terdapat pula biji hitam pada bagian tengah.

Sedangkan dari segi rasa mirip seperti Manilkara zapota diatas, yaitu manis. Kamu akan merasa puas saat makan Sawo Mentimun, karena ukuranya terbilang jumbo.

Nah, itulah beberapa jenis buah Sawo yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi menarik di healty99.com tentang buah-buahan langka lainnya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel