CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Buah Namnam, Manfaat dan Efek Sampingnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Buah Namnam, Manfaat dan Efek Sampingnya

gambar buah namnam
Sumber foto : istokphoto
Healty99 - Namnam, ada yang tahu dengan buah langka satu ini? Jika tidak yuk kita cari tahu lebih lanjut. Namnam merupakan penyebutan umum oleh masyarakat Indonesia untuk buah dari tanaman suku polong-polongan. Penyebutan lainnya ia juga dikenal sebagai buah anjing-anjing, namute, sawo pancukan, namo-namo, kopi anjing atau puki anjing (Malay).

Mengenal Buah

Pohon dengan nama ilmiah Cynometra cauliflora ini belum diketahui secara pasti asalnya dari kawasan mana. 

Namun Namnam di perkirakan berasal dari dari wilayah Malesia Timur, yang kemudian menyebar ke beberapa wilayah lain seperti Indonesia dan India.

Bentuk Buah

Ciri khas bentuk buah Namnam berukuran sekitar 10 cm, berbentuk seperti ginjal, lonjong dan berpermukaan kasar atau tidak rata. Buahnya memiliki warna kecoklatan yang kemudian akan berubah menjadi kekuningan saat telah masak. 

Namnam termasuk dalam kategori polong-polongan yang dapat dibelah menjadi dua. Pada bagian dalam terdapat biji dengan warna kecoklatan, pipih besarnya 2-4 cm yang dibungkus oleh daging buah setebal sekitar satu cm. 

Rasa Buah

Buah Namnam sendiri dalam kondisi matang bisa dimakan secara langsung tanpa harus mengupas kulit, terlebih lagi rasanya memang cukup manis dan enak. Sedangkan untukyang dalam kondisi setengah matang biasanya memiliki rasa manis asam.

Daging buah bertekstur renyah, mirip seperti mangga muda. Untuk bagian biji biasanya tidak dikonsumsi karena keras.

Rasanya yang manis bercampur asam, tak jarang buah Namnam diolah menjadi manisan, asisan, rujak hingga sambal.

Kandungan Buah Namnam

Selain rasanya yang enak jika dimakan secara langsung, ternyata buah satu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik loh untuk tubuh.

Setidaknya berikut beberapa kandungan nutrisi tersebut :

  1. Karbohidrat
  2. Serat
  3. Vitamin A, C
  4. Flavonoid
  5. Fenolik
  6. Tanin
  7. Saponin
  8. Alkaloid
  9. Asam palmitat

Manfaat Buah Namnam

buah namnam manfaat
Sumber foto : istokphoto

1. Baik untuk pencernaan

Buah satu ini dikatakan baik untuk pencernaan karena ia mengandung serat yang tinggi.

Seperti kita ketahui bahwa serat makanan memang bagus untuk saluran pencernaan, karena bisa melancarkan feses, mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol atau lemak jahat, serta mencegah beberapa penyakit berbahaya dikemudian hari.

2. Sumber asupan vitamin C

Buah Namnam bisa menjadi sumber asupan vitamin C tubuh loh, bahkan hal ini berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan vit C harian kamu.

Vitamin C memang dibutuhkan oleh tubuh karena perananya sangat penting, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan, mencegah kerusakan jaringan sel dan masih banyak lagi.

3. Mencegah kencing batu

Menurut penelitian, beberapa senyawa yang terdapat pada buah Cynometra cauliflora mampu mengobati penyakit kencing batu.

Khasiat satu ini diketahui berdasarkan kandungan yang ada didalamnya. Akan tetapi hal ini tidak bisa menjadikanya sebagai obat yang ampuh, untuk itu masih diperlukan pengembangan lebih lanjut.

4. Menurunkan berat badan

Pada dasarnya buah Namnam tidak bisa menurunkan berat badan kamu secara langsung, hanya saja ia mengandung rendah kalori dan tinggi serat.

Yang mana hal ini bisa menjadi makanan alternatif pembantu diet, karena bisa membuat kamu merasa lebih cepat kenyang. Selain itu rendahnya kandungan gula tentu tidak akan berpengaruh ke berat badan kamu.

5. Mengatur tekanan darah

Khasiat buah Namnam berikutnya ialah diklaim mampu mengatur tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi.

Walau pada dasarnya belum diketahui secara pasti akan kebenaranya, namun kemungkinan khasiat dikarenakan beberapa kandungan yang bersifat antioksidan.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi Namnam secara teratur memang bisa menjaga daya tahan tubuh kamu, hal ini dikarenakan buah satu ini mengandung vitamin C dan antioksidan cukup tinggi.

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh tentu kamu tidak akan mudah terserang berbagai penyakit ringan seperti flu, demam, batuk dan sebagainya.

7. Bersifat antibakteri

Buah Namnam mengandung senyawa fenolik, yang mana hal ini membuatnya dapat bersifat antihepatotksik, antibakteri dan antifungal.

Mengkonsumsi dalam jumlah cukup, memungkinkan dapat mencegah infeksi dan ganggunan pencernaan akibat bakteri atau kuman yang masuk kedalam tubuh.

Efek Samping Buah Namnam

Dibalik manfaat yang tersimpan, adakah efek samping dari mengkonsumsi Namnam?. Sebenarnya belum diketahui secara pasti akan efek samping atau bahaya dari makan buah satu ini.

Namun mengkonsumsi buah Namnam dalam jumlah yang berlebihan memungkinkan menimbulkan dampak berupa perut kembung, begah, sakit perut hingga diare. Terutama jika kamu makan secara langsung tanpa dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu.

Selain itu buah satu ini juga mengandung zat besi dan vitamin A yang sebaiknya jangan terlalu berlebihan dikonsumsi, terutama pada anak kecil.

Cara Makan Buah Namnam

Tidak ada cara khusus makan buah satu ini, kamu bisa langsung tanpa makan perlu diolah, terlebih lagi rasanya yang manis dengan sedikit asam akan membuat kamu ketagihan.

Cukup cari buah yang sudah masak ditandai dengan warnanya berubah kuning kecoklatan, kemudian cuci dan langsung makan seperti belimbing.

Cara makan lainnya bisa dengan mencampur dengan bumbu kacang untuk dijadikan rujak.

Nah, itulah beberapa manfaat buah Namnam, kandungan, dan efek samping bagi tubuh.

Baca terus informasi unik lainnya di healty99.com seputar buah langka.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel