CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Makan Buah Kesen (Seri) Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Makan Buah Kesen (Seri) Untuk Kesehatan

gambar buah kersen, seri
Sumber foto : poppyswildkitchen
Healty99 - Kersen atau seri merupakan buah yang familiar di Indonesia. Ukuranya yang kecil dan rasanya yang manis membuatnya banyak diburu anak-anak sebagai cemilan. Namun tahukah kamu, walau ia memiliki bentuk yang kecil kersen mempunyai manfaat yang tidak bisa diremehkan. Bahkan ada banyak orang mencarinya untuk digunakan sebagai obat loh.

Dibeberapa daerah buah dengan nama ilmiha Muntingia calabura ini sering juga disebut dengan baleci, talok atau kerukup siam. Dalam bahasa inggris kenal sebagai Jamaica cherry atau strawberry tree.

Dengan ukuran buah yang tidak terlalu besar yaitu hanya 1 cm, kersen mempunyai rasa sangat manis dan mengadung sejumlah nutrisi sehat.

Kandungan Gizi Buah Kersen

Berikut beberapa kandungan yang diketahui dalam takaran 100 gram buah segar.

  1. Air (77,8 g)
  2. Lemak (1,56 g)
  3. Serat buah (4,6 g)
  4. Protein (0,32 g)
  5. Fosfor (84,0 mg)
  6. Zat besi (1,18 mg)
  7. Kalsium (124, 6 mg)
  8. Karotin (0,019 mg)
  9. Vitamin B1 (0,06 mg)
  10. Vitamin C (80,5 mg)
  11. Niacin (0,554 mg)

Banyaknya kandungan nutrisi, lantas apa saja manfaat bagi kesehatan? Yuk kita simak dibawah ini.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Kersen

buah kersen, seri, baleci, talok, kerukup siam

Sekedar informasi, harap mengkonsumsi buah yang sudah dalam kondisi matang sempurna. Ciri-cirinya yaitu berwarna kuning kemerahan hingga merah cerah, hindari makan yang masih dalam kondisi muda atau hijau.

1. Sumber energi

Kersen merupakan salah satu buah yang menghasilkan gula jenis fruktosa yang cukup tinggi, hal inilah yang membuatnya terasa sangat manis jika sudah matang.

Kandungan gula alami ini aman dikonsumsi dan juga mudah diserap oleh pencernaan, tentunya ini bisa menjadi sumber energi bagi tubuh saat beraktivitas.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Terkadang ada banyak masalah yang bisa menyerang sistem pencernaan, contohnya seperti diare, sakit perut, kram, kembung, mual dan lainnya. Hal ini bisa dipicu karena makanan yang tidak higenis, sehingga masih terkontaminasi bakteri atau virus.

Namun kamu tidak perlu khawatir, jika ada pohon kersen dirumah kamu, cukup ambil buahnya yang sudah matang lalu konsumsi. 

Adanya sifat antiinflamasi dan antibakteri pada buah memungkinkan dapat mengatasi gangguan pencernaan akibat dari infeksi bakteri.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat buah kersen selanjutnya ialah mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Ini bukan tanpa sebab loh. Banyaknya kandungan nutrisi penting pada buah, memungkinkan mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat terhadap serangan infeksi.

Kersen juga mengadung sejumlah antioksidan yang ikut andil dalam melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri.

4. Baik dikonsumsi penderita diabetes

Diabetes merupakan masalah kesehatan yang diakibatkan tingginya kadar glukosa dalam darah, hal ini juga lah yang bisa memicu beragam masalah kesehatan lainnya. 

Seseorang yang mempunyai riwayat diabetes tentu harus mengurangi makanan yang manis-manis atau mengadung gula tinggi.

Namun kamu tidak perlu khawatir akan buah kersen, walau ia mempunyai rasa yang manis akan tetapi rasa manisnya tersebut berasal dari gula alami.

Selain itu adapun kandungan lain seperti vitamin C, serat, beta karoten, dan vitamin B kompleks yang ternyata mempunyai manfaat dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh loh.

5. Mengobati hipertensi

Hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan aliran peredaran darah. 

Ada beberapa faktor seseorang dapat mengalami masalah hipertensi atau masalah tekanan darah tinggi, salah satunya ialah pola hidup yang kurang sehat, sering merokok, makan-makanan berlemak dan riwayat keturunan.

Jika ini dibiarkan maka bisa memicu beberapa penyakit lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Nah, tahukah kamu ternyata daun dan buah kersen mempunyai kemampuan dalam mengatur tekanan darah loh.

Kamu bisa mendapatkan manfaanya dengan mengkonsumsi buah secara langsung atau meminum rebusan daunnya.

6. Meredakan nyeri

Beberapa nyeri seperti nyeri sendi dan asam urat memang terasa menyakitkan, bahkan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dikarenakan sulitnya bergerak.

Menurut penelitian Journal of Translational Medicine, manfaat buah kersen memungkinkan bisa meredakan masalah nyeri yang sedang terjadi.

Ini bukan tanpa sebab loh, adanya kandunga vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor dan sifat antioksidan, analgesik serta antiinflamasi, memungkinkan dengan rutin makan buah satu ini bisa mengatasi masalah nyeri ditubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kersen atau seri yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi tentang buah-buahan di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel