CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

gambar buah nanas
Sumber foto : pixabay/nastya_gepp
Healty99 - Nanas (Ananas comosus) merupakan buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Selain enak dimakan saat panas terik atau siang hari, mengkonsumsinya secara teratur juga diketahui baik untuk kesehatan loh. Hal ini dikarenakan ada segudang manfaat buah nanas bagi tubuh.

Buah populer yang berasal dari Amerika Selatan ini dikemas dengan sumber nutrisi, antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Nanas dan beberapa kandungan senyawa lainnya telah disangkutkan dengan banyak khasiat bagi kesehatan, termasuk mengatasi masalah pencernaan, menjaga daya tahan tubuh kekebalan hingga mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan Buah Nanas

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada didalam buah nanas dalam takaran 5,8 ons atau sekitar 165 gram.

  1. Kalori: 82,5
  2. Lemak: 1,7 gram
  3. Protein: 1 gram
  4. Karbohidrat: 21,6 gram
  5. Serat: 2,3 gram
  6. Vitamin C: 131%
  7. Mangan: 76%
  8. Vitamin B6: 9%
  9. Tembaga: 9%
  10. Thiamin: 9%
  11. Folat: 7%
  12. Kalium: 5%
  13. Magnesium: 5%
  14. Niasin: 4%
  15. Asam pantotenat: 4%
  16. Riboflavin: 3%
  17. Besi: 3%

Banyaknya kandungan nutrisi dari segi mineral dan vitamin, lantas apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Yuk simak lebih lanjut dibawah ini.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

gambar nanas dipotong
Sumber foto : istockphoto

1. Sumber nutrisi yang baik

Nanas bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh kamu. Seperti kamu lihat diatas, tingginya nutrisi pada buah satu ini diketahui dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan gizi harian kamu.

Contohnya seperti vitamin C, penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam penyerapan zat besi dari makanan kedalam darah.

Sementara itu, kandungan mineral lainnya seperti mangan adalah juga ikun andil dalam membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat serta menjadi antioksidan bagi tubuh.

2. Mengandung tinggi antioksidan

Buah nanas tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi, namun ia tetapi juga sumber antioksidan yang sehat bagi tubuh.

Antioksidan merupakan senyawa yang bisa membantu tubuh kamu dalam melawan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat terjadi apabila tubuh kamu terlalu banyak menyerap radikal bebas dari lingkungan.

Radikal bebas ini nantinya berinteraksi dengan sel-sel tubuh sehingga jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya.

Singkatnya nanas adalah buah dengan sumber antioksidan yang baik, yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

3. Baik untuk pencernaan

Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain Kemampuan ini membuatnya berfungsi sebagai protease, yang dapat memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah protein dipecah, tentu ini akan sangat mudah diserap oleh tubuh dan menjadi nutrisi. Kemampuan ini juga sangat membantu, terutama bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

4. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif, radikal bebas dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena mereka dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satu senyawa tersebut adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Khasiat buah nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad. Ini adalah buah yang memiliki berbagai sumber vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh sekaligus menekan peradangan.

Menurut sebuah studi penelitian yang memberikan makan selama sembilan minggu pada 98 anak sehat tanpa nanas, dan beberapa nanas (140g) atau banyak nanas (280g) setiap hari untuk melihat apakah itu dapat meningkatkan kekebalan mereka.

Pada dasarnya penelitian itu menunjukan resiko bawah anak yang makan nanas memiliki resiko lebih rendah terinfeksi virus dan bakteri. Pasalnya anak-anak yang makan buah satu ini memiliki lebih banyak sel darah putih yang bisa melawan penyakit ketimbang yang tidak makan.

6. Mengurangi gejala arthritis

Arthritis merupakan masalah kesehatan yang sering kali mempengaruhi orang dewasa, terutama lanjut usia.

Ada banyak penyebab radang sendi terjadi, tetapi kebanyakan penyebab timbulnya melibatkan peradangan pada persendian.

Nah, buah nanas mengandung bromelain, yang mempunyai sifat anti-inflamasi alami, ini biasanya dianggap bisa mengurangi rasa nyeri bagi mereka yang sedang menderita radang sendi atau arthritis.

7. Mempercepat sembuh luka

Makan buah nanas secara teratur diketahu dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi, olahraga atau bekas luka. Hal Ini bukan tanpa sebab, pasalnya sebagian besar manfaat disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain.

Menurut beberapa pakar penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa bromelain dapat mengurangi efek dari peradangan, pembengkakan, memar dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi atau luka.

Dampak lainnya seperti olahraga berat juga bisa merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya seperti memar, kejang dan kram.

Kandungan protease seperti bromelain diyakini dapat membantu mempercepat pemulihan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Kamu bisa mendapatkan manfaat buah nanas dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

8. Baik untuk diet

Nanas mempunyai rasa yang manis, enak dan tentunya mudah dicampurkan ke dalam diet kamu. Terlebih lagi buah satu ini ada banyak disekitar kita dan harganya juga cukup murah dipasaran.

Kamu bisa mengkonsumsi buah nanas menjadi aneka makanan yang enak dan bergizi, entah itu diolah menjadi smoothie, jus, salad, rujak atau sebagainnya. Yang terpenting ialah kamu diharuskan makan secara teratur dan tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

sumber : healthline

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel