CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Makan Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

gambar buah salak
Sumber foto : pixabay/InstagramFOTOGRAFIN
Healty99 - Bersisik namun mempunyai rasa yang manis dan renyah, yap salak. Buah satu ini memiliki perawakan yang unik dimana kulitnya menyerupai sisik ular. Selain enak dimakan secara langsung saat sudah matang, manfaat salak bagi kesehatan juga tidak bisa diremehkan.

Tanaman dengan nama latin Salacca zalacca ini diketahui masih satu keluarga palem, ia mempunyai daging buah berwarna putih dengan rasa manis, renyah dan sedikit berair.

Saat dikupas rata-rata buah salak hanya mempunyai 3 bagian, atau 3 biji (jarang sekali 4), bijinya tidak bisa dikonsumsi karena bertekstur keras. Kamu bisa mengkonsumsinya, akan tetapi setelah biji salak diolah terlebih dahulu secara khusus.

Kandungan Buah Salak

Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam ukuran 100 gram, diantaranya :

  1. Fosfor: 18 mg
  2. Karbohidrat: 20,9 gram
  3. Kalsium: 28 mg
  4. Vitamin C: 2 mg
  5. Kalori: 77
  6. Air: 78 gram
  7. Zat besi: 4,2 mg
  8. Beta karoten: 4 mcg

Manfaat Buah Salak

Mengkonsumsi buah satu ini secara teratur memang baik untuk kesehatan, terlebih lagi karena ia kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan :

1. Menjaga daya tahan tubuh

Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi buah satu ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh loh.

Salak mengandung beberapa antioksidan seperti tanin, saponin dan flavonoid, ini dapat berguna dalam membantu mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh, baik itu karena infeksi virus dan bakteri atau radikal bebas.

2. Baik untuk pencernaan

Buah-buahan memang baik untuk saluran pencernaan manusia, karena bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, kolesterol, diabetes dan masih banyak lagi.

Buah juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh baik dari segi mineral, serat dan vitamin yang dikandungnya. Tentu hal yang sama bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah salak secara teratur.

3. Mengatur gula darah

Diketahui beberapa kandungan pada buah salak mempunyai kemampuan dalam meregenerasi sel pankreas.

Dengan sehatnya organ pankreas maka fungsinya bagi tubuh dapat bekerja secara optimal, terutama dalam memproduksi hormon insulin yang berguna mengatur metabolisme karbohidrat termasuk gula darah.

Disatu sisi kandungan pterostilbene pada buah dianggap bisa menjaga sel beta dalam pankreas yang bisa mencegah resistensi insulin.

4. Menjaga kesehatan tulang

Terdapat kandungan mineral seperti kalsium, vitamin C, dan zat besi pada buah salak yang mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan sekaligus kekuatan tulang, ini juga berdampak pada kesehatan otot dan sendi yang makin membaik.

Tak sampai di situ saja, zat besi dan kalsium juga berguna untuk mengatur kekentalan darah sakaligus menjaga fungsi saraf diseluruh tubuh agar tetap pada fungsinya.

5. Melancarkan aliran darah

Masih dengan kandungan zat besi pada buah salak yang mana berkhasiat dalam meningkatkan fungsi tubuh, sehingga dapat bekerja dengan semestinya.

Menurut laman University of California San Francisco, mineral seperti zat besi juga merupakan bagian penting dari sel darah merah atau hemoglobin.

Hemoglobin sendiri berguna untuk mengikat oksigen pada sel darah merah dari paru-paru, dan menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh termasuk organ vital.

Apabila zat besi dalam tubuh tidak tercukupi, maka tubuh juga tidak mempunyai sel darah merah yang sehat.

6. Baik untuk diet

Buah salak bisa kamu masukan kedalam makanan diet sehat kamu, pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan serat, karbohidrat, kalsium, dan antioksidan.

Mengkonsumsinya secara teratur sebagai cemilan sehat tentu ini tidak akan meningkatkan berat badan kamu secara berlebihan.

Hal ini justru memberi manfaat yang baik loh, terlebih lagi kandungan serat dan karbohidrat pada salak bisa membuat kamu terasa kenyang hanya dengan mengkonsumsi dua atau tiga buah saja.

7. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kandungan seperti kalsium, zat besi dan vitamin C pada buah salak memungkinkan menjaga kesehatan gusi dan gigi kamu.

Ini juga termasuk dalam mencegah beberapa masalah seperti gigi goyang, infeksi gusi dan membantu mempercepat tumbuh gigi baru pada anak.

8. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata buah salak mempunyai manfaat dalam mejaga kesehatan jantung loh. Manfaat ini didasari akan kandungan mineral kalium pada buah, berguna untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang bisa memengaruhi irama otot jantung.

Mengkonsumsi kalium memang sangat penting bagi kesehatan, terutama kamu yang mempunyai kondisi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau dan beberapa riwayat kesehatan jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Baca terus info lainnya di healty99.com.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel