CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Obat Alami Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

gambar sakit tenggorokan
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Sakit tenggorokan adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dan dapat terjadi oleh siapa saja. Bahkan jika itu tidak serius, mungkin bisa membuat sangat tidak nyaman. Contohnya iritasi, nyeri dan kesulitan menelan adalah gejala umum dari sakit tenggorokan.

Rasa sakit tenggorokan juga bisa meningkat saat makan makanan dan minum cairan apa pun.

Sakit tenggorokan pada dasarnya adalah respons sistem kekebalan kamu terhadap infeksi bakteri dan virus.

Beberapa gejala dan peradangan selaput lendir tenggorokan pada dasarnya disebabkan oleh respon imun alami tubuh. 

Bagi sebagian orang, walau sakit tenggorokan yang dialami bukan situasi serius, namun terkadang bisa sangat menyakitkan, dan dapat menyebabkan demam seseorang demam.

Tapi, tidak perlu khawatir, ada berbagai pengobatan yang meredakan sakit tenggorokan dan didukung oleh bukti ilmiah.

Obat Sakit Tenggorokan Alami

Berikut adalah 10 obat sakit tenggorokan alami untuk membantu Anda meredakan iritasi dan nyeri tenggorokan.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara termurah dan termudah untuk meredakan sakit tenggorokan sekaligus membantu memecah sekresi.

Hal ini juga efektif dalam membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan di tenggorokan.

Cara penggunaanya kamu perlu membuat larutan air asin dari garam, setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. 

Lalu berkumur sebelum tidur dan setelah bangun membantu membersihkan tenggorokan dan mengurangi pembengkakan. Mengulangi ini setiap tiga jam adalah cara cepat menyembuhkan sakit tenggorokan.

2. Berkumur dengan polong fistula cassia

Cassia fistula, juga dikenal sebagai amaltas phali, tengguli atau kayu raja dalam bahasa lokal, bahan satu ini cukup efektif untuk sakit tenggorokan.

Amaltas memiliki keuntungan yang sangat besar, salah satunya baik untuk migrain, nyeri sendi, nyeri dada dan bahkan disentri darah.

Akar amalta juga efektif untuk penyakit jantung, demam, empedu, kondisi rematik, bisul, luka dan penyakit kulit.

Berkumur dengan “amaltas ki phali” mengurangi rasa sakit dan iritasi dari sakit tenggorokan terutama jika seseorang menderita sakit tonsilitis juga.

Ini bisa menjadi salah satu pengobatan rumah sakit tenggorokan yang efektif.

3. Berkumur dengan cuka apel

Cuka sari apel adalah obat sakit tenggorokan lain yang efektif. Cuka sari apel atau ACV memiliki sifat antibakteri alami, sehingga membantu melawan infeksi.

ACV bersifat asam, sehingga memecah lendir, menghentikan penyebaran bakteri dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

4. Berkumur dengan baking soda

Meskipun berkumur dengan air garam lebih umum untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, namun berkumur dengan soda kue yang dikombinasikan dengan air garam juga membantu meredakan sakit tenggorokan.

Berkumur dengan larutan khusus ini membantu mencegah dan membunuh bakteri, jamur, dan ragi yang dapat menyebabkan infeksi.

5. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki sifat menenangkan alami. Jika kamu sedang mencari cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat, teh chamomile bisa menjadi jawaban terbaik.

Telah digunakan untuk sifat obat sejak zaman kuno sebagian besar untuk menenangkan sakit tenggorokan. Ini digunakan karena sifat zat, antioksidan dan anti-inflamasinya.

Penelitian juga menunjukkan gejala pilek dan sakit tenggorokan berkurang dengan menghirup uap teh chamomile. Manfaat serupa dapat dicapai dengan minum teh chamomile.

Ini akan sangagt membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh kamu untuk melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

6. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri alami. Faktanya, ini adalah salah satu obat sakit tenggorokan kuno dan umum digunakan.

Jadi, jika lain kali kamu mencari apa yang harus dimakan dengan sakit tenggorokan atau pengobatan rumah sakit tenggorokan, madu selalu merupakan pilihan yang aman dan terbaik.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif daripada sirup obat batuk biasa. Madu sangat efektif untuk menyembuhkan batuk malam hari.

Karena juga berpotensi sebagai penyembuh luka, madu mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Sangat baik apabila kamu mencampurnya dengan teh, susu atau hanya satu sendok teh madu sebelum tidur.

7. Akar marshmallow

Althaea officinalis atau tanaman marshmallow telah digunakan sejak zaman kuno untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Akar tanaman marshmallow mengandung lendir yang merupakan zat seperti gelatin. Ketika seseorang menelannya, zat ini melumasi dan melapisi tenggorokan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu efektif dalam meredakan sakit tenggorokan dan batuk kering.

8. Teh akar licorice

Glycyrrhiza glabra atau tanaman licorice adalah tanaman alami di Asia Selatan dan Eropa. Ia terkenal karena rasanya yang manis, licorice telah menjadi salah satu obat tradisional terbaik.

Sifat obat licorice mirip dengan aspirin yang membantu mengurangi rasa sakit sakit tenggorokan.

Selain itu licorice memiliki efek anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus yang luar biasa. Tapi, tetap saja diperlukan penelitian untuk khasiatnya dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

Ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa berkumur dengan air licorice sebelum operasi mengurangi risiko sakit tenggorokan hingga 50% dibandingkan dengan berkumur dengan air gula.

9. Teh jahe

Teh jahe bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya jahe adalah salah satu rempah-rempah kuno yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang efektif untuk meredakan sakit tenggorokan dan sakit tenggorokan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membunuh patogen yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Hal ini juga terbukti mengurangi peradangan di antara orang yang menderita tuberkulosis (TB).

10. Peppermint

Salah satu obat sakit tenggorokan yang menarik adalah menggunakan peppermint. kamu pasti sudah pernah mendengar tentang kemampuan peppermint untuk menyegarkan nafas.

Cukup semprotan minyak peppermint encer mungkin juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Sifat penyembuhan peppermint semakin meningkat karena memiliki sifat antivirus, antibakteri dan anti-inflamasi.

Namun sebaiknya jangan menggunakan minyak peppermint secara langsung, ada baiknya mencampur dengan beberapa bahan lainnya.

Nah itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat mengatasi sakit tenggorokan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i