CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Apa Saja Manfaat Sari Cuka Apel Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Apa Saja Manfaat Sari Cuka Apel Untuk Kesehatan

gambar sari cuka apel
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Manfaat cuka apel telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga jangka panjang. Bahkan, tahu kah kamu penggunaanya telah ada sejak berabad-abad dahulu sebagai obat alami.

Apple cider vinegar atau yang lebih dikenal dengan cuka apel pada dasarnya dibuat dari sari buah apel yang sudah diolah, dengan melalui proses fermentasi untuk membentuk sejumlah probiotik dan enzim.

Apple cider vinegar diyakini dapat mempromosikan kesehatan tubuh, sehingga dari segi kandungannya juga hanya ada sedikit kadar gula ketimbang sari apel atau jus apel buatan rumah.

Kandungan Sari Cuka Apel

Berikut beberapa kandungan nutrisi atau nilai gizi dari cuka apel yang bisa kamu ketahui : 

  1. Zat besi
  2. Fosfor
  3. Mangan
  4. Magnesium
  5. Asam amino
  6. Asam asetat
  7. Antioksidan

Sedangkan kandungan kalori pada cuka apel hanya sekitar 3 kal dalam satu sendok, ini tentu saja jauh lebih sedikit dari jus murninya.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Dengan beberapa kandungan yang terdapat pada cuka apel, ia diyakini bisa membantu tubuh dalam menunjang kesehatan.

Berikut beberapa khasiat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi sari cuka apel dalam jumlah cukup, diantaranya :

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan asam asetat adalah sorotan utama dalam hal ini, yang mana membuatnya menjadi komponen khusus untuk menghilangkan lemak, termasuk dalam rantai asam lemak pendek yang larut sebagai asetat dan hidrogen dalam tubuh kita.

Sebelumnya telah dilakukan beberapa penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa, asam asetat dalam cuka sari apel membantu penurunan berat badan melalui beberapa cara yang diantaranya dengan :

  1. Menyeimbangkan kadar gula darah
  2. Menurunkan tingkat insulin
  3. Penyimpanan lemak berkurang
  4. Meningkatkan aktivitas metabolisme

Hasil melalui penelitian pengujian hewan cukup menjanjikan, dan inilah mengapa kita akan melihat hari ini bagaimana cuka apel dapat membantu dalam penurunan berat badan.

2. Membantu mengurangi lemak

Mengkonsumsi satu sendok makan cuka setiap hari memiliki efek yang sangat mengesankan pada berat badan dan lemak tubuh.

Dalam studi tiga bulan yang dilakukan pada orang dewasa Jepang, cuka sari apel membantu mengurangilemak tubuh, lingkar pinggang mengecil dan penurunan persentase trigliserida (lemak jenuh).

Bersamaan dengan kelompok ini, penelitian ini juga memiliki kelompok plasebo yang tidak diberi cuka sari apel melainkan air putih biasa. Kelompok tersebut pada akhir dalam masa percobaan tiga bulan bertambah berat badan.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sejauh ini, cuka sari apel adalah salah satu prekursor paling signifikan dalam mengendalikan diabetes tipe 2 dalam hal pengobatan alami.

Ini sangat baik untuk seseorang yang mencoba menyeimbangkan kadar insulin mereka untuk mendapatkan metabolisme mereka kembali.

Bahkan jika kamu bukan penderita diabetes, kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari Cuka Sari Apel.

Penelitian telah menunjukkan bagaimana kadar gula darah yang tinggi menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit kronis lainnya.

4. Membunuh bakteri

Tahukah kamu bahwa cuka apel bisa digunakan untuk mendesinfeksi luka atau sebagai antiseptik dalam mencegah infeksi.

Hal ini karena sari cuka apel mampu menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri atau kuman penyebab peradangan dan nanah pada kulit.

5. Menurunkan kolesterol

Sekumpulan lemak jahat merupakan salah satu sumber pemicu penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu manfaat cuka apel yang kaya akan kandungan antioksidan alami diklaim bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang berlebih didalam tubuh, dan sekaligus meningkatkan produksi kolesterol baik secara tidak langsung.

Mengkonsumsinya secara teratur juga dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks, sehingga dapat mengatur tekanan agar agar tetap stabil.

6. Mencegah sakit perut

Mengkonsumsi sari cuka apel bisa mencegah dan mengatasi masalah sakit perut yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

Kemampuan lainnya ialah dapat juga membunuh kuman seperti Escherichia coli (E. coli) penyebab diare dan kram perut.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat cuka apel selanjutnya ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Kemampuan ini didasari dengan kandungan antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari lingkungan.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi satu sendok perhari secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

8. Mencegah kanker

Penyakit kanker dapat disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan tidak terkendali, sehingga pertumbuhanya dapat merusak jaringan sel sehat disekitarnya.

Cuka apel mempunyai kandungan antioksidan dan beta karoten yang berguna dalam menangkal radikal bebas.

Termasuk beberapa radikal bebas yang berasal dari polusi kendaraan, sinar ultraviolet, asap rokok dan radiasi elektronik.

Nah itulah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar minuman sehat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i