CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Buah Porcelain Berry yang Tidak Banyak di Ketahui - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Buah Porcelain Berry yang Tidak Banyak di Ketahui

Porcelain Berry gambar
Sumber gambar : marylandbiodiversity
Healty99 - Ampelopsis glandulosa var. brevipedunculata atau dengan nama lainnya porselen berry (Porcelain Berry), Amur peppervine dan anggur liar. Ini merupakan sejenis tanaman hias liar kawasan Asia. Tanaman satu ini memiliki kemiripan dengan spesies anggur (genus Vitis) dan spesies Ampelopsis, sehingga terkadang membingungkan.

Porcelain berry tumbuh dengan cara merambat pada ranting atau pohon sekitarnya, memiliki batang kayu keras, bunga serta sulur layakan anggur.

Mengenal Tanaman Porcelain Berry 

Bentuk daun seperti daun anggur tetapi berwarna putih mengkilat di bagian bawahnya dengan ciri khas pinggiran bergigi kasar. Porcelain berry diketahui mampu tumbuh memanjat 4 hingga 6 meter demi untuk mendapatkan pasokan sinar matahari.

Ciri khas lainnya ialah, bunga berukuran kecil dengan warna hijau-putih yang tumbuh di seberang daun dan kerap muncul pada awal bulan Juni hingga Agustus.

Sedangkan untuk buahnya berdiameter sekitar 4 sampai 8 mm, berbentuk bundar dan mengandung sekitar 2 sampai 4 biji. Terdapat ragam warna pada tumbuhan satu ini termasuk hijau, biru, ungu, merah muda atau kuning dengan bintik-bintik hitam.

Buah sering muncul pada akhir musim panas dan musim gugur. Porcelain berry paling banyak dan mudah di temukan di hutan dan semak blukar, hal ini karena tumbuhan liar yang benihnya disebarkan oleh burung.

Banyak orang mengatakan bahwa porcelain berry sangat membingungkan, karena kemiripanya dengan buah anggur asli. Nmun jika di lihat lebih teliti dan berdasarkan bentuk daun maka sebenarnya bisa dibedakan, cukup dengan memotong batang dan mengamati bagian empulur.

Untuk tanaman anggur mempunyai empulur cokelat, sedangkan untuk porselen berry mempunyai empulur dengan warna putih.

Porcelain berry ditemukan pertama kali di Cina Timur Laut (Heilongjiang, Jilin, Liaoning), Korea, Siberia dan Jepang. Ia diperkenalkan sekitar tahun 1870 ke benua Amerika Serikat dan menjadi invasif di 13 negara, terutama di kawasan Timur Laut.

Pertumbuhannya yang sangat cepat dan iklim yang cocok membuat mereka sangat sulit dikendalikan secara liar di alam.

Tetapi karena warna buahnya yang biru memiliki ciri khas, tidak hewan ada beberapa orang kerap mengambil dan di tanam sebagai tanaman hias dinding atau gantung. 

Adapun varietas A. brevipedunculata 'Elegans' kurang kuat dibandingkan jenis lainnya. Daunnya lebih kecil, berbintik-bintik putih dan merah muda, dan lebih sensitif terhadap dingin.

Warna biru yang tidak biasa dari buah beri satu ini disebabkan dari pengaruh kopigmentasi antosianidin flavonol.

Manfaat dan Kegunaan Buah Porcelain Berry 

gambar buah porcelain berry

Berikut beberapa manfaat dan kegunaan yang bisa di ambil dari tanaman satu ini, diantaranya :

  1. Bagian buah, daun segar dan akar mempunyai sifat antiphlogistic, depurative dan obat penurun panas.
  2. Kegunaan eksternal di klaim mampu mengobati bisul, memar dan nyeri traumatis.
  3. Batang tanaman dan akar secara tradisional kerap dimanfaatkan sebagai obat anti-inflamasi, diuretik, dan anti-hepatotoxins.
  4. Diklaim mampu menghambat cidera organ hati akibat paparan karbon tetraklorida yang berlebihan.
  5. Diklaim mampu membantu mengobati masalah kanker payudara.
  6. Mengkonsumsi rebusan akarnya banyak di lakukan orang-orang dalam upaya untuk meringankan pendarahan wasir.

Nah, itulah hal-hal dapat kamu ketahui tentang tanaman Porcelain Berry yang memang jarang di temukan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah langka dan berry-berryan.

Ref : Wikipedia

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel