CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya

gambar kecipir
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Cipir atau kecipir merupakan buah dari tumbuhan psophocarpus tetragonolobus yang kerap di konsumsi sebagai sayuran. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman merambat satu ini dikenal juga dengan nama kēlongkang, biraro, kacang botor atau kumbotor.

Jika kamu orangnya suka dengan lalapan, tentu pasti tahu dengan tumbuhan satu ini. Pasalnya bagian buah dan daunnya kerap di konsumsi sebagai sayuran konsumsi.

Rasanya yang renyah, gurih dan sedikit ada manis membuatnya sering di cari sebagai kudapan pendamping saat makan. Baik itu dimakan secara langsung selagi mentah atau sudah di rebus terlebih dahulu.

Selain karena rasanya yang enak, tahukah kamu bahwa kecipir mempunyai manfaat baik untuk kesehatan loh.

Kandungan Nutrisi Kecipir 

Berikut beberapa kandungan sayur kecipir, baik dari mineral, serat dan vitamin.

  1. Kalsium
  2. Besi
  3. Magnesium
  4. Fosfor
  5. Kalium
  6. Sodium
  7. Seng
  8. Tembaga
  9. Mangan
  10. Selenium
  11. Karbohidrat
  12. Vitamin B1-B6, B9
  13. Serat

Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan

Kacang botor enak di makan saat masih kondisi muda, karena mudah di olah dan masih lembut. Berbeda jika sudah tua ia lebih terasa keras dan sedikit pahit.

Mengkonsumsi sayuran satu ini secara teratur di ketahui dapat memberi khasiat baik bagi kesehatan, namun tentu tidak dalam jumlah yang berlebihan. Lantas apa saja manfaat kecipir? Berikut di antaranya.

1. Mencegah pilek dan flu

Makanan yang kaya kaya zat seng seperti kecipir sering dianggap sebagai salah satu obat alami melawan pilek maupun flu. Ketika dikonsumsi setidaknya ini bisa mengurangi dampak dari infeksi virus penyebab pilek.

Penelitian menunjukkan bahwa seng dapat mengganggu proses molekuler yang menyebabkan lendir dan bakteri terbentuk di dalam saluran hidung.

Seng ionik memiliki kemampuan untuk memberikan efek antivirus dengan menempel pada reseptor di sel epitel hidung dan memblokir efeknya.

2. Sumber mineral dan vitamin

Kecipir juga mengandung cukup banyak mineral penting seperti mangan, tembaga, kalsium, fosfor dan magnesium. Adapun lainnya beberapa vitamin, yang merupakan agen pencegahan kanker.

Cipir juga sumber vitamin B dalam jumlah yang cukup baik, manfaatnya ini bisa meningkatkan vitalitas, pola pikir, dan vitalitas bagi yang mengkonsumsi.

3. Mencegah asma kumat

Pasien yang menderita penyakit asma mungkin dapat menormalkan pernapasan mereka dengan mengkonsumsi suplemen kandungan magnesium untuk  mengendurkan otot-otot bronkial dalam mengatur pernapasan.

Bahkan sesak napas dapat dikurangi melalui pemberian magnesium intravena. Kecipir adalah salah satu obat terbaik untuk ini karena mengandung 326 mg magnesium yang merupakan 77,62% dari nilai harian yang diharuskan

4. Rendah kalori

Kacang yang mempunyai sayap satu ini ternyata rendah kalori loh. Setidaknya dalam satu porsi 100 gram kecipir mengandung sekitar 49 kalori.

Namun lain lagi dengan bijinya, karena dalam 100 gr biji cipir yang di pisahkan bisa mengandung sekitar 409 kalori.

Akan tetapi tak perlu khawatir, banyak orang-orang yang ingin menurunkan berat badan mereka dengan memasukkan kecipir muda ke dalam pola makan mereka.

5. Meningkatkan stamina

Kecipir di ketahui mengandung banyak fosfor dan mempunyai kemampuan untuk menghilangkan masalah kesehatan ringan seperti lelah, keram otot, mati rasa dan gangguan serupa lainnya.

Tingkat normal fosfor dalam tubuh adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan aktif. Jumlah yang normal bisa sekitar 1200 mg untuk orang dewasa.

6. Baik untuk pencernaan

Manfaat kecipir selanjutnya ialah baik untuk pencernaan. Ini bukan tanpa sebab, pasalnya sayuran satu ini mengadung sumber serat yang cukup tinggi.

Mengkonsunsi cipir diklaim bisa mencegah beberapa masalah pada pencernaan seperti sembeli, mencegah penyerapam lemak berlebih, mencegah infeksi serta sekalgus melancarkan pergerakan feses pada usus besar.

7. Kaya akan folat

Manfaat kecipir juga bisa menjadi merupakan sumber asupan folat bagi tubuh, yang merupakan bagian dasar untuk penyatuan DNA dan pembelahan sel.

Pada wanita, kandungan folat yang cukup dalam pola makan selama masa kehamilan dan selama kehamilan dapat membantu mencegah kerusakan saluran saraf pada bayi.

8. Mengatasi peradangan 

Konsumsi sayur kecipir secara teratur diketahui bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan keseleo dan peradangan dengan cara meningkatkan tingkat superoksida dismutase karena mengandung banyak mangan.

Manfaat juga dapat terjadi karena sifat antioksidan yang ada di dalamnya ikut andil. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mengurangi gejala kondisi peradangan dan memberikan kehidupan yang lebih baik.

9. Meredakan sakit kepala dan migrain

Penelitian telah menemukan bahwa pengurangan triptofan dapat memperburuk rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala, tegang dan migrain. 

Selain itu para pakar penelitian dari Murdoch University School of Psychology di Australia mengemukakan bahwa lima hingga delapan jam setelah mengonsumsi minuman dengan rangkaian lengkap 19 asam amino yang berbeda, termasuk triptofan, gejala migrain sangat berkurang.

Untuk itu baiknya sertakan makanan kaya triptofan seperti kecipir untuk mengurangi sakit kepala sebagai cara yang lebih alami.

Efek Samping Kecipir

Sejauh ini masih belum di ketahui secara pasti akan bahaya atau efek samping dari mengkonsumsi kecipir (cipir). Namun, melihat dari cukup tingginya kandungan pada sayuran satu ini membuatnya bisa menyebabkan resiko terkena batu ginjal.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena selagi kamu mengkonsumsi dalam batas wajar dan tidak setiap hari, efek samping dan bahaya dapat jauh di hindarkan.

Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat sebelum mengkonsumsi kecipir, salah satunya ialah mencuci sayuran secara menyeluruh. Ini untuk menghidari terkontaminasi dengan mikroorganisme, serangga, virus dan kuman akibat kotor.

Nah, itulah beberapa hal mengenai manfaat kecipir untuk kesehatan serta efek sampingnya.

Baca terus informasi menarik lainnya di healty99.com.

Ref: healthbenefitstimes/healthlogus

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i