CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Perbedaan Jeruk Bali dengan Jeruk Sunkist - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Perbedaan Jeruk Bali dengan Jeruk Sunkist

gambar buah jeruk di pohon
Sumber foto : pixabay/Hans
Healty99 - Siapa yang hobi makan jeruk? Jenis jeruk apa yang kamu suka, manis atau asam? Yap, buah satu ini memang keberadaanya sangat mudah ditemukan, bahkan kamu sediri pasti sering mengkonsumsi jeruk kan, baik itu berupa secara langsung atau sudah diolah menjadi jus.

Perlu kamu ketahui ada banyak jenis-jenis buah jeruk yang tersebar di seluruh dunia, tanaman dari keluarga citrus ini sebagaian banyak dapat dikonsumsi dan mempunyai manfaat.

Namun pada kali ini kita tidak membahas tentang manfaatnya, lebih tepatnya ke bentuk dan perbedaan dua jenis jeruk yang keberadaanya populer di Indonesia. Yaitu jeruk bali dan sunkist.

Perbedaan Jeruk Bali dan Sunkist

Jika kamu pecinta buah satu ini pasti tahu akan perbedaan dari keduanya. Yap bisa di tebak dari bentuk dan ukuran.

Jeruk bali

gambar jeruk bali

Jeruk bali atau dengan nama lain pomelo (Citrus grandis) merupakan tanaman citrus yang mempunyai batang pohon cukup tinggi, yaitu sekitar 5 meter. Tidak hanya pohonya saja yang tinggi, namun untuk buahnya juga berukuran besar atau jumbo.

Bayangkan saja, satu buah jeruk bali beratnya mampu mencapai 1 sampai 2 kg, dengan besar mencapai bola atau kepala orang dewasa. Walau begitu dari segi rasa ia memiliki rasa asam kecut, sedikit manis, dan agak pahit.

Berbeda dengan jeruk sunkist yang manis dan berair. Ukuranya yang besar membuat jeruk bali cukup sulit untuk di kupas, bahkan kamu membutuhkan sebilah pisau besar untuk membuka bagian dalam.

Alih-alih seperti buah jeruk lainnya yang bisa di jus, jeruk bali lebih cocok dimakan langsung atau diolah menjadi masakan seperti rujak, sambal dan sebagainya. Namun tentu rasanya tidak kalah enak loh.

Uniknya, karena kulit buah yang tebal, jeruk bali kerap di jadikan mainan oleh anak-anak. Mereka biasa membuat mobil-mobilan, kapal atau mainan beroda lainnya.

Jeruk sunkist

jeruk sunkist
Sumber foto : istockphoto
Ciri khas jeruk sunkist adalah ia memiliki kulit luar berwarana warna orange atau jingga cerah, cukup tebal, dan keras.

Teksturnya yang keras memang hampir sama dengan jeruk bali, hanya saja dari segi ukuran sangat jauh berbeda. Rata-rata berat sunkist hanya bekisar 154 gram saja yang membuatnya 10 sampai 13 kali lebih kecil dari jeruk bali.

Jika di bandingkan dari segi rasa, keduanya juga sangat berbeda. Sunkist lebih manis, berair dan mudah di kupas. Sunkist lebih cocok di buat jus atau di hidangkan sebagai makanan penutup.

Nah kamu suka yang mana?

Singkatnya, jeruk bali mempunyai ukuran buah yang besar, berdiameter 10 sampai 25 cm, berkulit keras, berwarna hijau cerah kekuning-kuningan, bobot buah bisa mencapai 1-2 kg, serta rasa bulir yang campur aduk antara kecut, manis dan sedikit pahit.

Sedangkan sunkist memiliki ukuran yang sedang dengan diameter 7-10 cm, berkulit keras padat dengan warna orange cerah, tekstur buah manis dan berair, dan sangat cocok di olah menjadi jus atau minuman segar.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara jeruk bali dan sunkist yang bisa kamu ketahui. 

Artikel ini dibuat hanya untuk berbagi pengalaman, jika ada yang salah mohon maaf. Sebagai gantinya kamu bisa memberi masukan yang positif untuk membantu pembaca lainnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah jeruk.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i