CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Cepokak (Rimbang) Sebagai Obat Herbal Alami - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Cepokak (Rimbang) Sebagai Obat Herbal Alami

gambar buah Cepokak, takokak, cempokak, terung pipit atau rimbang
Sumber foto : shutterstock
Healty99 - Cepokak, takokak, cempokak, terung pipit atau rimbang, merupakan penyebutan umum untuk masyarakat Indonesia pada tanaman terung-terungan yang bisa di konsumsi. Tanaman satu ini sekilas mirip dengan ranti, terung hitam atau lenca, namun sebenarnya mereka berbeda.

Cepokak atau rimbang memiliki nama ilmiah Solanum ficifolium, berbuah kecil bergerombol pada bagian pucuk daun. Kondisi muda berwarna hijau kerap di ambil untuk di masak menjadi makanan.

Bagi yang sering makan buah (sayur) satu ini pasti tidak heran lagi akan rasanya. Yap ia memang mempunyai rasa yang pahit dan getir, tidak heran ada juga yang tidak menyukainya.

Namun jangan salah, walau rimbang mempunyai rasa pahit. Pada dasarnya mereka mempunyai manfaat yang tidak bisa di remehkan. Berikut beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya.

Kandungan Cepokak / Rimbang

  1. Ash 
  2. Air 
  3. Besi
  4. β-karoten 
  5. Karbohidrat 
  6. Lemak
  7. Energy 
  8. Fosfor 
  9. Kalium 
  10. Kalsium
  11. Natrium 
  12. Serat 
  13. Vitamin C 

Selain itu adapun beberapa kandungan lainnya seperti antioksidan, vitamin A, tamina, naisin, tembaga, zat besi dan beberapa asam organik.

Terung kecil satu ini juga mengadung senyawa Quinine yang sangat bermanfaat. Quinine atau kuinina, kinina, kina merupakan jenis alkaloid kristal putih alami yang mempunyai rasa pahit namun bersifat antipiretik, antimalaria, analgesik, serta antiinflamasi 

Manfaat Cepokak / Rimbang Sebagai Obat Herbal

Sedari dulu tumbuhan ini memang telah digunakan sebagai obat alami atau tradisional, guna untuk mengatasi beberapa serangan penyakit seperti demam dan sebagainya.

Namun lambat laun banyak orang menganggapnya sebagai bahan konsumsi atau makanan. Berikut beberapa manfaatnya sebagai obat alami.

1. Mencegah anemia

Anemia merupakan masalah kesehatan dimana kamu kekurangan zat besi dan kandungan oksigen dalam darah. Gejala yang akan timbul bisa membuat kamu merasa lesu, mudah kelelahan, pusing, sulit konsentrasi dan mudah mengantuk.

Nah, rimbang atau takokak merupakan sayuran dengan sumber zat besi tinggi. Ini dapat berguna dalam meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus hemoglobin.

Dampaknya, secara tidak langsung anemia akan berangsur berkurang karena kadar oksigen dalam darah meningkat.

2. Obat demam dan malaria alami

Umumnya demam dan malaria di sebabkan oleh adanya infeksi kuman atau parasit yang masuk kedalam tubuh. 

Keefektifitasan rimbang dalam mencegah demam dan malaria dikarenakan adanya kandungan zat Quinine di dalam buah.

Qunine sendiri merupakan obat yang berkerja di dalam tubuh dengan membasi sekaligus menghentikan pertumbuhan parasit.

Walau begitu tanaman satu ini hanya bisa mencegah dengan memperkuat sisterm pertahanan tubuh, sedangkan untuk kemampuan uji seraca langsung masih belum terbukti.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa masalah pencernaan seperti diare, sembelit, maag dan kembung dapat di cegah dengan rutin mengkonsumsi buah rimbang.

Ini terbukti karena ia mampu mencegah beberapa infeksi, masalah cacingan dan peradangaan pada saluran usus karena sifatnya anti bakterinya.

4. Cegah kanker

Terdapatnya beberapa kandungan senyawa yang bersifat antioksidan seperti flavonoid, tanin, alkaloid, dan saponin pada tanaman.

Fungsinya diklaim mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal efek dari radikal bebas, salah satu zat yang memicu beberapa penyakit berbahaya termasuk kanker.

Seperti yang kita ketahui kanker merupakan penyakit yang mematikan, bahkan jika tidak segera di tangani bisa menyebabkan kematian.

5. Mencegah kesehatan mata

Banyak yang menganggap bahwa tanaman rimbang (buah) dapat memberi manfaat bagi kesehatan mata. Beberapa orang juga kerap mengkonsumsinya sebagai obat alami untuk mencegah rabun dan lain sebagainya.

Akan tetapi manfaat satu ini masih belum di ketahui secara pasti. Namun jika di lihat dari kandungan seperti vitamin A, bukan tidak mungkin ini mustahil.

Pasalnya vitamin A sangat penting untuk menjaga fungsi penglihatan yang baik. Vitamin A dan beberapa jenis protein Rhodopsin lainnya memungkinkan mata untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat cepokak, alias takokak, cempokak, terung pipit atau rimbang yang diklaim bisa menjadi obat hebal alami.

Mengkonsumsi sayuran satu ini sebagai makanan pada dasarnya sah-sah saja, akan tetapi menjadikanya sebagai obat tradisional dalam mengatasi beberapa masalah penyakit tentunya perlu pertimbangan.

Penggunaan secara serampangan justru hanya akan memberi dampak buruk bagi penikmatnya. Namun jika kamu mengkonsumsinya maka sudah pasti akan mendapatkan beberapa khasiat di atas tadi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan sehat dan tanaman herbal.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i