CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Membuat Minuman Air Tape yang Manis dan Enak - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Membuat Minuman Air Tape yang Manis dan Enak

gambar minuman arak
Sumber gambar : pixabay/Quadronet_Webdesign
Healty99 - Rice wine atau lebih dikenal dengan nama air fermentasi tape, arak beras dan arak ketan. Merupakan sejenis minuman beralkohol yang mudah dibuat, sesuai namanya olahan satu ini terbuat dari proses fermentasi beras atau ketan. 

Minuman satu ini sangat populer dibeberapa kalangan masyarakat, dan memang sering dikonsumsi untuk tujuan menyegarkan badan atau minuman perkumpulan. Tidak perlu susah payah dalam membuat, pasalnya kamu hanya memerlukan dua bahan utama yaitu ragi dan beras.

Yuk, langsung saja intip bagaimana cara membuat minuman air tape yang manis.

Cara Membuat Arak Beras (Air Tape Ketan)

Minuman arak beras (air tape) pada dasarnya ialah jenis minuman yang mengadung kadar alkohol, walau begitu kadar alkoholnya tidak lebih dari 5%.

Namun tetap saja, terlalu banyak mengkonsumsinya tentu bisa membuat kamu mabuk sepert meminum-minuman keras.

Bahan utama untuk membuat arak beras

  1. Beras 500 gr
  2. Ragi 2 butir (seucukupnya)

Kamu hanya memerlukan dua bahan utama dalam pembuatan minuman satu ini, yaitu hanya ragi dan beras. Namun untuk beras sendiri, kamu bisa mengganti dengan beberapa bahan lainnya seperti ketan, beras merah, atau ubi singkong.

Akan tetapi cara membuat arak beras untuk pemula sebaiknya menggunakan bahan beras, selain murah pembuatanya juga cepat.

Berikut beberapa langkah pengerjaanya.

Langkah-langkah membuat arak beras

  1. Mula-mula kamu cuci 500 gr beras seperti biasa, cuci sampai bersih atau hingga air cucianya tidak keruh lagi.
  2. Lanjut dengan merendam beras selama kurang lebih 1 sampai 2 jam. Perendaman dapat membuat beras atau ketan menjadi lebih mengembang, ini juga mempermudahkan dalam pemasakan nantinya menjadi lebih cepat.
  3. Siapkan panci atau alat penanak beras yang biasa kamu gunakan, setelah itu kukus selama 25 menit. Kukus ya bukan direbus, kukus artinya beras tidak bersentuhan dengan air, hanya mengenai uap panasnya saja.
  4. Selama pengukusan cek apakah beras sudah lembut dan tekstur sudah seperti nasi. Jika belum usahakan dibolak-balik agar matang lebih merata.
  5. Setelah matang, angkat nasi dan ratakan diatas loyang. Tunggu beberapa menit hingga suhu panas turun dengan sendirinya.
  6. Selama menunggu nasi dingin, kamu menyiapkan ragi untuk proses fermentasi. Kamu bisa menggunakan ragi putih berbentuk seperti kancing, dan setelah itu hancurkan menjadi bubuk dengan di tumbuk.
  7. Selanjutnya kembali ke nasi, jika suhunya sudah turun jauh langsung taburkan bubuk ragi secara merata. Usahakan tercampur secara menyeluruh ke setiap bagian sisi agar fermentasi dapat berjalan secara sempurna.
  8. Siapkan wadah toples yang sudah dibersihkan, masukan nasi yang sudah diberi ragi tadi dan tutup rapat-rapat. Gunakan toples atau wadah yang kedap udara. 
  9. Langkah selanjutnya ialah simpan ditempat yang kering dan tidak dingin. Hindari penempatan diatas lantai atau tempat-tempat yang terlalu dingin. Letakan di tempat yang sedikit hangat atau didalam kotak kayu serta tidak terkena cahaya matahari langsung.
  10. Selesai dan kamu tinggal tunggu proses fermentasi selesai. 

Ciri-ciri arak beras sudah jadi

Sebenarnya dalam beberapa hari arak beras sudah terbentuk, dari proses fermentasi tersebut akan mengeluarkan cairan dibagian dasar wadah. Jumlahnya memang tidak banyak namun ini sudah bisa kamu konsumsi.

Kamu dapat mencoba rasanya sedikit apakah sudah cocok dengan lidah kamu, pasalnya rasa arak hasil dari fermentasi dapat berubah-ubah. Namun biasanya diawal pembuatan arak akan terasa sedikit asam seperti jeruk citrus.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu bisa menyimpan selama kurang lebih satu bulan. Pasalnya semakin lama kamu menyimpan, maka kadar karbon dioksida didalam arak akan semakin berkurang sehingga cita rasanya menjadi lebih lembut serta manis.

Untuk memisahkan carian arak (air fermentasi) dengan nasi kamu cukup menyaringnya saja menggunakan kain atau saringan teh.

Setelah itu simpan arak beras didalam kulkan untuk mempertahankan rasa dan tekstur. 

Nah, itulah cara membuat arak beras atau minuman fermentasi dari tape beras ketan. 

Selamat mencoba.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i