CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Sayur Gambas (Oyong) Sebagai Makanan Konsumsi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Sayur Gambas (Oyong) Sebagai Makanan Konsumsi

gambar sayur gambas oyong kisik
Sumber gambar : istockphoto
Healty99 - Gambas, kisik, kesek, oyong, merupakan penyebutan umum untuk sayuran yang cukup familiar di Indonesia. Walau di katakan sayur namun ia sebenarnya buah dari tanaman dengan nama ilmiah Luffa acutangula, salah satu suku labu-labuan.

Seperti yang kita ketahui suku labu-labuan memang banyak jenisnya, namun gambas (kisik) dapat di bedakan dengan mudah. Ia mempunyai permukaan kulit yang kasar, bersisik, bersegi serta bertekstur busa pada bagian dalamnya.

Gambas kerap menjadi makanan favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia, sayur atau buah satu ini paling enak di masak bening, sup atau soto. 

Selain enak dikonsumsi, tahukah kamu bahwa manfaat gambas bagi kesehatan tidak bisa diremehkan loh. Penasaran? Yuk simak di bawah ini.

Kandungan Gambas atau Oyong

Dikutip dari healthbenefitstimes, oyong mempunyai sejumlah kandungan nutrisi yang tidak bisa diremehkan. Untuk itu, berikut beberapa kandungan tersebut :

  1. Vitamin A, B1, B2, B5, B6, C
  2. Serat
  3. Karbohidrat
  4. Magnesium
  5. Tembaga
  6. Kalium
  7. Mangan
  8. Fosfor

Selain itu adapun beberapa kandungan lainnya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Manfaat Gambas Untuk Kesehatan

Jika di lihat dari beberapa kandungan nutrisi pada sayuran satu ini, lantas apa saja manfaatnya jika di konsumsi.

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada oyong diketahui mampu mencegah degenerasi makula yang menyebabkan masalah pada area mata.

Studi yang dilakukan oleh National Eye Institute menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C, vitamin A, tembaga, vitamin E dan seng, kemungkinan mereka mengalami degenerasi makula berkurang 25%.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Tidak di pungkiri lagi bahwa penyakit kardiovaskular dapat menyerang siapa saja, terutama bagi orang yang banyak mengkonsumsi kolesterol.

Namun sisi baiknya, vitamin B5 bisa membantu mengurangi kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah. Vitamin B5 bisa kamu dapatkan pada buah gambas sebagai sayuran yang kaya nutrisi.

Walau mempunyai kemampuan dalam mencegah penyakit kardiovaskular, namun perlu kamu garis bawahi hal tersebut tidak bisa di jadikan manfaat yang ampuh.

3. Mencegah gula darah berlebih

Mineral mangan merupakan salah satu enzim penting untuk membantu produksi enzim pencernaan, sekaligus yang bertanggung jawab untuk proses glukoneogenesis.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Penyakit Dalam dan Biokimia menunjukkan bahwa tikus yang diberi mangan, toleransi glukosanya meningkat dalam 12 minggu.

Mangan mempromosikan sekresi insulin, mengurangi peroksidasi lipid dan meningkatkan fungsi mitokondria.

4. Mencegah masalah anemia

Manfaat sayur gambas atau oyong selanjutnya ialah, mampu mencegah seseorang terkena masalah anemia berlebihan.

Ini berkat kandungan vitamin B6 dan zat besi yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam darah yang membantu mengangkut oksigen ke sel dan memobilisasi zat besi.

Anemia adalah bentuk dari sel darah merah yang tidak sehat. Studi penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi Vitamin B6 dalam jumlah yang cukup mengurangi gejala anemia dan mencegahnya terjadi.

5. Menjaga kesehatan kulit

Siapa yang ingin mendapatkan kulit tubuh yang sehat? Untuk itu mungkin kamu bisa perbanyak makan buah gambas salah satunya.

Kemampuan di dasari dengan kandungan vitamin C yang tinggi, manfaatnya diketahui dapat mengurangi kekeringan kulit, kerutan dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C juga mempunyai peran yang sangat penting untuk produksi protein, terutama dalam membentuk tendon, kulit, pembuluh darah dan ligamen.

6. Menjaga kesehatan otak

Darah yang sehat mengadung tingkat oksigen yang tinggi, hal ini jugalah yang diperlukan agar otak berfungsi dengan baik.

Otak menghasilkan memori yang buruk, apatis, dan penurunan produktivitas tanpa adanya zat besi karena otak tidak akan menerima oksigen. Kekurangan zat besi menyebabkan gelisah, iritasi dan linglung.

7. Baik untuk pencernaan

Manfaat gambas (oyong) untuk pencernaan karena sayuran satu ini mengadung serat pangan yang tinggi.

Konsumsi serat cukup di setiap harinya dapat mencegah beberapa masalah penyakit, baik itu yang di sebabkan oleh kolesterol serta infeksi pada area usus.

Gambas juga baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, karena ia tidak akan membuat kamu gemuk atau bertambahnya berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur gambas atau juga di kenal dengan nama kisik, kesek dan oyong.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan sehat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel