CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips dan Cara Menanam Strawberry di Dataran Rendah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips dan Cara Menanam Strawberry di Dataran Rendah

gambar stroberi di kebun
Sumber foto : pixabay/shonamcq
Healty99 - Apa salahnya menanam strawberry di dataran rendah? Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki iklim tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Hal inilah yang terkadang membuat beberapa kawasan di Indonesia memiliki curah hujan yang terus turun dan di satu musim lainnya kemarau berkepanjangan. 

Akan tetapi dengan hanya terdapat dua musim bukan berarti tanaman strawberry tidak dapat tumbuh subur. Baik itu pada dataran rendah atau tinggi tumbuhan satu ini masih bisa hidup dan dibudidayakan loh.

Namun tentu saja ada tapinya, pasti ada kelebihan dan kekurangan. Sejatinya strawberry banyak di tanam pada dataran tinggi karena syarat tumbuh ia memerlukan lingkungan bersuhu dingin dan cukup lembab.

Baca juga : 

Jenis Strawberry Dengan Rasa Manis

Paling tidak suhu optimal berkisar 17 sampai 20 °C, dengan kelembaban 80 hingga 90 %, serta rentang waktu sinar matahari selama 8 hingga 10 jam dalam per hari. Dengan habitat lingkungan seperti itu strawberry mampu tumbuh dan berkembang sangat baik.

Menanam strawberry di dataran rendah pada dasarnya bisa saja di lakukan, dan hal ini bukan tidak mungkin. Hanya saja mungkin ada dampak dan konsekuensi dari tanaman itu sediri.

Pasalnya, dataran rendah memiliki suhu yang cukup tinggi (tergantung wilayah), hal tersebut di karenakan tekanan udara yang tinggi. Namun tentunya ini bukan halangan bagi yang ingin mencoba.

Kamu hanya perlu menyesuaikan tempat tumbuh atau lingkungan sesuai dengan habitat aslinya.

Tips Menanam Strawberry di Dataran Rendah

Untuk menanam stroberi pada kawasan rendah pada dasarnya sama saja, baik itu penyemaian, bembesaran bibit serta cara tanamnya.

Akan tetapi perbedaan ada pada perlakuanya yang lebih spesial, karena kamu harus membuat tanaman tumbuh dengan baik. Untuk itu berikut beberapa tipsnya.

Baca juga : 

Jenis Strawberry Dengan Ukuran Jumbo

1. Menggunakan green house

Yang pertama kamu bisa membuat green house. Manfaatnya juga ada banyak, selain mencegah penyakit pada tanaman dan menghindari hama. Green house juga bisa mengatur kelembaban lingkungan.

Kamu bisa mengatur tingkat kelembaban dalam ruangan yang lebih tinggi dari di luar green house.

Namun tentu saja ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Karena kamu tahu sendiri berapa modal pemasangan dan harga peralatan.

2. Menggunakan paranet

Penggunaan paranet ditujukan untuk meredam sinar matahari yang terlalu tinggi sekaligus menghalau agar tidak terkena langsung ke tanaman.

Stroberi merupakan tanaman yang tidak menyukai panas berlebihan. Ia memang menyukai sinar matahari selama 8 sampai 10 jam, namun tidak dengan suhu yang terlalu panas.

Sinar matahari yang panas ditambah dataran rendah yang bertekanan tinggi, tentu akan membuat tanaman cepat dehidrasi dan terjadi penguapan.

Baca juga : 

Jenis Strawberry Dengan Harga Termahal

Walau dampaknya tidak membuat tanaman menjadi mati, namun stroberi yang ditanam dengan suhu yang panas seperti kawasan rendah mempunyai daun yang kerdil, buah kerdil serta cepat memerah.

Untuk itu alternatifnya kamu bisa meredakan panas dari matahari menggunakan jaring paranet.

3. Embun buatan

Tips lainnya ialah membuat embun buatan. Membuat embun jauh lebih mudah dengan ruang tertutup seperti green house. 

Alternatif lainnya kamu bisa membuat sendiri dengan pompa air rakitan yang di semburkan dari atas. Cara ini juga efektif untuk mendapatkan lingkungan yang lembab dan cukup basah.

4. Penyiraman

Penyiraman tanaman stroberi pada dataran rendah dapat kamu lakukan sebanyak dua kali sehari (2x sehari) saat pagi dan sore. Intensitas pemberian jangan terlalu berlebihan hingga membuat genangan air.

Sebagai batasan paling tidak tanah atau media tanam stroberi lembab. Jika kamu menanam menggunakan polybag, pastikan memiliki sirkulasi yang bagus sehingga air tidak menggenang.

Namun jika hanya menggunakan media tanah terbuka, bisa menggunakan mulsa plastik untum menjaga kelembaban tanah.

Baca juga : 

Varietas Strawberry Dengan Warna Putih

5. Pupuk

Pemberian pupuk untuk stroberi kawasan rendah harus di perhitungkan. Kebanyakan tanaman yang hidup di suhu panas akan lebih kecil dan sedikit lambat.

Untuk itu kamu bisa memberi pupuk agar tanaman bisa subur, tumbuh lebat dan menghasilkan buah yang optimal.

Pemberian pupuk juga harus tepat. Selain berguna untuk menutrisi stroberi pastikan ia mendapatkan tanah yang subur dengan hara yang baik.

Kamu bisa memanfaatkan pupuk kandang untuk memperbaiki tanah dan pupuk kimia untuk mempercepat pertumbuhan.

Nah, itulah tips dan cara menanam strawberry di dataran rendah. Jadikan artikel ini sebagai masukan atau salah satu referensi kamu, karena lebih banyak referensi lebih baik tentunya.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman strawberry.

Ref : pertanian.jogjakota

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel