CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tujuan Memisahkan Tangkai Bunga Sukulen yang Busuk - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tujuan Memisahkan Tangkai Bunga Sukulen yang Busuk

gambar bunga kaktus
Sumber foto : pixabay/chris1947
Healty99 - Apa tujuan memisahkan tangkai bunga yang busuk dari tanaman sukulen? Mungkin kamu pernah memiliki pertanyaan tersebut di dalam pikiran, terpintas pernah mendegar beberapa orang mengatakanya atau malah sedang melihat orang melakukan kegiatan tersebut.

Lantas mengapa demikian? Yuk kita simak. Bagi yang pemula seperti saya, menanam tanaman kaktus sukulen merupakan hal yang menyenangkan. 

Terlebih lagi, tanaman hias satu ini memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap panas serta terdapat ke aneka ragam jenis yang menarik. 

Kita yang baru pertama kali memelihara sukulen tentu mengharapkan segala sesuatu berjalan dengan lancar, seperti berharap tanaman bisa tumbuh dengan subur, cantik serta menampilkan corak warna yang indah.

Tangkai Bunga Sukulen Busuk

Namun tidak jarang beberapa permasalahan terkadang muncul secara alami, sehingga kita pun tidak dapat menghindarinya lebih awal.

Contoh beberapa masalah yang sering terjadi pada tanaman kaktus sukulen ialah gangguan hama, jamur, serangga serta cuaca.

Ini membuat tanaman mudah terserang penyakit, mulai dari pembusukan, daun rontok serta akhirnya akan mati. 

Selain itu, jenis kaktus-kaktusan tidak luput terhindar dari penyakit busuk akar, pecah serta tangkai dan bunga yang ikut membusuk.

Jika sudah begitu kita pun harus melakukan penanganan segera, ini supaya tanaman dapat diselamatkan dan bisa mempunyai keturunan. Salah satunya seperti pemangkasan batang, daun dan pemberian obat.

Seperti yang sering banyak terjadi pada bagian bunga kaktus. Mereka bisa membusuk karena serangan serangga kecil, genangan air serta infeksi jamur.

Dan apabila sudah terindikasi pembusukan kamu pun harus memberi pertolongan, dengan melakukan pemangkasan terlebih dahulu.

Tujuan memisahkan tangkai bunga yang busuk dari tanaman sukulen ialah, untuk menghentikan pembusukan merambat pada area yang sehat.

Pemisahan tangkai bunga dilakukan agar bisa menyelamatkan bagian tanaman yang masih bisa hidup. Walau pada kenyataanya di alam akan potel dengan sendirinya, namun lebih bagus kamu membantunya lebih cepat.

Bagian bunga yang sakit sebaiknya segera di pisahkan dari koloni, terlebih lagi jika kamu mempunyai tanaman yang sejenis di dekatnya.

Mengapa harus? Hal ini di takutkan akan menyebar ke kaktus sukulen lainnya akibat terbawa serangga seperti lalat, tawon, lebah atau sejenisnya. 

Beberapa serangga yang menyukai harum bunga dan nektar tentu bisa menjadi penularan penyakit.

Namun kamu tidak perlu khawatir, hal ini sudah lumrah di alam habitatnya. Jika kamu ingin menyelamatkan tanaman hias kamu, maka rawatlah sebaik mungkin agar tidak terserang penyakit.

Nah, itulah tujuan memisahkan tangkai bunga yang busuk dari tanaman sukulen. Artikel ini hanya masukan dari saya atau sebagai referensi kamu, ini dapat berupa argumen sendiri.

Tidak perlu khawatir terhadap tanaman, yang terpenting ialah menjadikan pengalaman sebagai pelajaran terbaik. Sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Baca terus informasi di healty99.com seputar tanaman hias lainnya dan sukulen.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel