CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tanaman Echeveria Elegans (Mexican Snowballs) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tanaman Echeveria Elegans (Mexican Snowballs)

Echeveria Elegans (Mexican Snowballs)
Sumber foto : oregoncactus.blogspot.com
Healty99 Echeveria elegans merupakan salah satu jenis sukulen dari varietas sukulen Echeveria yang paling terkenal dan populer. Ia juga kerap di kenal dengan nama White Mexican Rose atau sukulen Mexican Gem.

Dengan bentuk ciri khas berwarna biru-hijau hingga perak-hijau yang tumbuh dalam bentuk roset dan menarik. Seperti namanya, tanaman satu ini berasal dari Meksiko, kamu bisa menemukan secara umum di habitat liar seperti semi-gurun di seluruh negeri.

Termasuk yang mudah perawatan, jadi tidak perlu khawatir pagi pemula untuk memeliharanya.

Cara Merawat Echeveria Elegans

Mexican Rose adalah sukulen dengan perawatan ringan, bahkan bisa tumbuh subur karena diabaikan saja. Seperti kebanyakan sukulen, mereka menyukai kondisi pencahayaan yang cerah, hangat dan sangat toleran terhadap kekeringan.

Mereka merupakan jenis sukulen besar yang dapat tumbuh hingga 8 inci dan lebar 12 inci dalam kondisi ideal. Kamu juga bisa meletakan tanaman di luar ruangan, dalam wadah, atau di dalam ruangan sebagai tanaman hias sepanjang tahun.

Penjemuran

Seperti yang sudah kita sebutkan tadi, ia merupakan tanaman yang membutuhkan beberapa jam sinar matahari langsung untuk berkembang.

Sinar matahari yang tidak mencukupi menyebabkan tanaman menjadi berkaki panjang dan kehilangan bentuk kompaknya yang menarik. Atau dalam istilah etiolasi.

Saat ditanam di dalam ruangan, ada baiknya meletakan di depan jendela yang menghadap ke barat atau selatan. Jika perlu, sukulen ini tumbuh dengan baik di bawah lampu tumbuh.

Media tanam

Sesuai dengan habitat asli semi-gurun mereka, echeveria elegans tumbuh paling baik di tanah berpasir dan berdrainase baik.

Mereka tidak menyukai genangan air sehingga tanah mereka harus mudah dikeringkan. Hindari tanah yang kaya humus karena menahan air untuk waktu yang lebih lama.

Echeveria elegans juga tumbuh dengan baik di tanah yang miskin nutrisi. Campuran pot kaktus atau sukulen standar sangat bagus untuk sukulen ini.

Penyiraman 

Echeveria elegans merupakan tanaman yang bandel, mereka tidak memerlukan banyak air untuk hidup. Umumnya, lebih baik membiarkan tanaman sukulen daripada menyiraminya.

Jika diperlukan, sukulen ini dapat bertahan berbulan-bulan dengan sedikit atau tanpa air. Untuk itu sebelum menyiram, pastikan tanah telah benar-benar kering, dan di musim penghujan baiknya kurangi air saat tanaman dalam keadaan dorman.

Suhu dan kelembaban

Sebagai tanaman gurun, Echeveria elegans menyukai kondisi panas dan kering. Mereka tidak melakukannya dengan baik dalam kondisi yang terlalu lembab, dan mereka tidak dapat menyukai cuaca dingin.

Suhu dan tingkat kelembaban rumah biasa baik-baik saja untuk Echeveria elegans jika kamu menanamnya di dalam ruangan.

Pupuk

Echeveria elegans tidak memerlukan pemupukan teratur atau rutin. Mereka bisa mendapatkan nutrisi dari pemupukan tahunan atau di awal penanaman dengan menggunakan pupuk yang dirancang untuk kaktus dan sukulen.

Jenis pupuk yang bisa kamu gunakan untuk tanaman echeveria elegans ialah pupuk kandang, NPK, osmocote dan beberapa produk umum lainnya.

Perawatan

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan sukulen ini tidak memerlukan pemangkasan.

Namun, jika tanaman echeveria elegans kamu menjadi berkaki panjang, cara untuk memendekanya dengan memotong kembali agar tanaman tumbuh dengan baik dan secara roset.

Nah, itulah mengenai tanaman Echeveria elegans (Mexican Snowballs) sekaligus cara merawat dan pemeliharaan yang baik.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias dan sukulen Echeveria.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel