CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 100+ Jenis Tanaman Sukulen Echeveria Dengan Gambar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

100+ Jenis Tanaman Sukulen Echeveria Dengan Gambar

gambar sukulen Echeveria
Sumber foto : pixabay/Lgon
Healty99 - Echeveria merupakan nama untuk kelompok tanaman hias tropis yang berasal dari Amerika. Setidaknya ada lebih dari 160 jenis sukulen Echeveria yang bisa kamu temukan, semuanya memiliki ciri khas dan bentuk yang berbeda-beda.

Banyak orang memlihara tanaman hias satu ini karena bentuknya yang mungil, beragam bentuk, serta warna yang cantik. Sehingga cocok jika dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan.

Selain itu, sukulen Echeveria juga terbilang bandel dan mudah perawatan, kamu hanya perlu menyediakan media tanam yang baik dan memberi perawatan secara berkala, makan tanaman akan tumbuh dengan subur.

Nah, jika kamu sedang mencari tanaman sukulen jenis Echeveria, mungkin di bawah ini bisa saya rekomendasikan buat kamu.

Jenis-Jenis Sukulen Echeveria 

Berikut beberapa macam-macam sukulen yang bisa kamu ketahui sebagai referensi.

1. Echeveria imbricata 'Blue rose'

Echeveria imbricata 'Blue rose'
Sumber gambar : Chuck Cerrillo
Echeveria 'Imbricata' adalah sukulen kecil yang selalu hijau membentuk roset ketat berdaging, berbentuk piring, daun biru-hijau.

Ini menghasilkan offset, menciptakan lingkaran yang tumpang tindih, pada musim panas bunganya akan timbul berwarna oranye-merah kecil berbentuk lonceng dipajang.

2. Echeveria fulgens var. obtusifolia

Echeveria fulgens

Echeveria fulgens var. obtusifolia merupakan jenis sukulen yang tumbuh rendah dengan lebar sekitar 8 inci yang tumbuh rata ke tanah pada awalnya dan kemudian di atas batang pendek.

Bentuk daun roset dan akan muncul bunga kemerahan yang menakjubkan. Echeveria fulgens var. obtusifolia termasuk dalam kelompok Gibbiflorae dan berbeda dari E. gibbiflora karena ukurannya jauh lebih kecil.

3. Echeveria gibbiflora ‘Caronculata’ 

Echeveria gibbiflora ‘Caronculata
worldofsucculents.com
Ini adalah sukulen kultivar Echeveria gibbiflora dengan benjolan seperti kutil bergelombang, yang disebut carunculations, di permukaan atas daun.

Batangnya memiliki panjang hingga 1 kaki atau 30 cm, dan diameter hingga 2,5 cm. Daun berwarna abu-abu-hijau memerah dengan warna merah dan panjang hingga 20 cm.

4. Echeveria  Abalone

Echeveria Abalone
Sumber foto : leafandclay
Echeveria Abalone merupakan tanaman hias sukulen dengan bentuk cantik, berdaun hijau muda yang membentuk pola roset sempurna.

Ia juga terlihat seperti dilapisi dengan lilin alami yang berguna untuk melindunginya dari sinar matahari penuh. Lapisan berwarna putih ini akan hilang jika kamu sentuh atau terkena air.

5. Echeveria Affinis

Echeveria Affinis
Sumber foto : gardenmanage
Echeveria affinis adalah jenis sukulen abadi yang tumbuh pendek membentuk bunga mawar dengan tinggi hanya 6 inci atau 15 cm serta berdiameter kurang lebih sama dengan tingginya.

Ciri khasnya ialah tumbuh tegak, berdaun runcing dengan hijau tua sampai hitam. Bagian daun dan batangnya keras serta terlihat padat.

6. Echeveria affinis 'Black Knight'

Echeveria affinis 'Black Knight

Masih dengan nama Echeveria affinis namun ia dikenal dengan nama tambahan 'Black Knight'. Jenis satu ini bukanlah hibrida dengan Echeveria affinis diatas sebagai salah satu induknya, tetapi ia adalah spesies E. affinis itu sendiri.

Ciri khasnya ialah tumbuh mekar berdanun mekar dengan warna lebih gelap atau hitam, Black Knight dapat tumbuh sekitar 5 inci, selain itu baik daun maupun batangnya cukup kekar.

7. Echeveria ‘Afterglow’

Echeveria ‘Afterglow’
Sumber foto : succulentcity
Jenis Echeveria 'Afterglow' memiliki bentuk yang menakjubkan dengan daun berwarna merah muda lavender, dan sedikit lebih cerah.

Tumbuh pada batang yang pendek namun kokoh serta memiliki pola daun roset dengan diameter 16 inci atau 40 cm.

Echeveria 'Afterglow' sendiri merupakan hasil dari hibrida dari E. shaviana dan E. subrigida.

8. Echeveria agavoides

Echeveria agavoides
Sumber foto : cibercactus
Echeveria agavoides adalah salah satu sukulen tanpa batang, yang hanya tinggi sekitar 5 inci atau 12,5 cm, dengan bentuk daun segitiga roset serta bertekstur padat.

Jenis satu ini daunnya berwarna hijau apel dengan tepi yang bisa berubah menjadi kemerahan jika rutin diberi sinar matahari.

9. Echeveria agavoides 'Lipstick'

Echeveria agavoides 'Lipstick'
Sumber foto : Esin İşcan
Echeveria agavoides 'Lipstick' adalah sukulen yang menarik yang biasanya memiliki roset tunggal bahkan ketika sudah tua.

Tumbuh hanya sekitar 3,2 inci atau 8 cm, dan lebar hingga 1,2 inci atau 3 cm, warna daun hijau apel dengan tepi merah-merah muda cerah.

Sesuai namanya lipstick ia seperti hanya diolesi warna merah pada bibir daun. Jenis satu ini juga memiliki bunganya dengan warna pink atau merah.

10. Echeveria agavoides 'Red Tip'

Echeveria agavoides 'Red Tip'
Sumber foto : Leo Gonzalez
Berikutnya masih dengan agavoides namun memiliki sebutan 'Red Tip', ini adalah kultivar cantik dari spesies yang sangat disukai karena memiliki daun runcing yang khas dan aksen merah cerah.

Varietas satu ini memiliki ujung daun merah muda hingga merah dan dapat tumbuh hingga lebar 1,0 inci. 

Biasanya warna akan lebih keluar jika mendapatkan sinar matahari yang runtin dan sempurna.

11. Echeveria Alba Beauty

Echeveria Alba Beauty
Sumber foto : cedarcreekfarmhouse
Sukulen satu ini menampilkan daun yang tebal dan tampak berdaging runcing pada ujung, selain itu ia juga memiliki warna oranye cerah hingga merah muda yang indah.

Warna merah muda yang indah dan biru porselen, membuat daun dewasa menjadi belang-belang.

Ukuranya juga tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok jika diletakan sebagai tanaman hias meja.

12. Echeveria amoena

Echeveria amoena
Sumber foto : cedarcreekfarmhouse
Echeveria amoena adalah jenis sukulen dengan ukuran yang kecil dan pendek namun bisa tumbuh banyak dalam satu pot.

Ciri khasnya ialah daun berwarna hijau keabu-abuan, sering berujung merah dan tersusun secara roset, untuk diameter dapat mencapai 2 inci atau 5 cm.

13. Echeveria 'Atlantis'

Echeveria 'Atlantis'
Sumber foto : cedarcreekfarmhouse
Echeveria 'Atlantis' merupakan tanaman sukulen yang menarik dengan bentuk terlihat seperti bunga mawar bulat besar.

Sesuai naamanya Atlantis yang mengartikan bahwa ia indah dan cantik, bentuknya yang manis cocok dijadikan hiasan diatas meja.

Jenis Echeveria diketahui termasuk dalam jenis ras Korea, memiliki kulit biru pucat, tetapi pada suhu yang lebih dingin tanaman ini mencapai potensi penuhnya dengan ujung merah kaya yang sangat kontras dengan tubuh mawar hijau kebiruan.

14. Echeveria Atropurpurea

Echeveria Atropurpurea
Sumber foto : Manuel J
Berikutnya ada Atropurpurea, yaitu jenis sukulen yang cukup mencolok. Ciri khasnya ialah batang pendek, kokoh dengan daun berwarna coklat kemerahan ditutupi dengan mekar terlihat sayu.

15. Echeveria 'Azulita'

Echeveria 'Azulita'
Sumber foto : etsy
Merupakan hasil kultivar yang produktif dengan ciri khas daun biru berlapis bubuk yang indah.

Daunnya tumbuh membentuk roset, serta bisa berubah menjadi kemerahan muda pada bagian ujungnya, terutama jika mendapatkan cukup sinar matahari.

Selain itu Azulita juga dapat tumbuh secara koloni atau banyak dalam satu pot.

16. Echeveria ballsii

Echeveria ballsii
Sumber foto : Mat Lichtenstein
Echeveria ballsii adalah spesies miniatur yang tumbuh yang menghasilkan banyak totol atau bintik kecil, ia memiliki daun hijau cerah yang indah, namun terkadang ada bias merah muda jika mendapat pencahayaan yang baik.

17. Echeveria 'Baron Bold'

Echeveria 'Baron Bold'
Sumber gambar : worldofsucculents
Jenis sukulen satu ini memiliki ukuran yang cukup besar, hal menarik lainnya ialah pada bagian daunnya terlihat bergelombang yang berwarna merah dan hijau dan memiliki tepi bergerigi yang menarik.

Permukaan daunnya memang tidak rata, namun hal ini menjadikan ciri khas utamannya.

18. Echeveria bifida

Echeveria bifida
Sumber foto : reddit
Merupakan tanaman dengan warna daun coklat keabu-abuan pucat yang indah serta tumbuh membentuk roset.

Daun berdaging berbentuk seperti gelendong yang terisi dengan baik, spesies ini cukup bervariasi dan mungkin yang paling sulit untuk dikarakterisasi di antara jenis Echeveria.

19. Echeveria bifurcata

Echeveria bifurcata
 
Berikutnya ada Bifurcata dengan ciri khas utama yaitu daun berwarna hijau abu-abu.

Ia memiliki bunga dengan warna merah muda pucat berbentuk kerucut dan sedikit berwarna merah di dekat ujungnya.

20. Black Prince

Black Prince
Sumber foto : gardenwize
Black Prince adalah sukulen yang dapat dikategorikan tumbuh cukup lambat yang memiliki bentuk daun tumbuh secara roset.

Ukuran diameter lebar hanya 3 inci atau 7,5 cm, beraun tipis segitiga dan memiliki warna gelap campuran antara hijau, ungu serta kecoklatan.

Jenis satu Ini diketahui hasil hibrida dari E. Affinis dan E. Shaviana.

21. Echeveria 'Blue Atoll'

Echeveria 'Blue Atoll'
Sumber foto : fairyblooms
Blue Atoll atau biasa juga dikenal sebagai E. Coolvue, merupakan termasuk sukulen yang tumbuh cepat, namun hanya tinggi sekitar 6 inci atau 15 cm.

Ciri khasnya membentuk pola roset seperti bunga mawar yang sangat cantik serta terlihat tampak berdaging. Daunnya berwarna biru kehijauan dengan lapisan lilin atau bedak putih menyelimuti daun.

22. Echeveria Blue Fairy

Echeveria Blue Fairy

Echeveria Blue Fairy memiliki bentuk daun yang tumbuh secara roset kompak dengan ukuran cukup kecil, berwarna hijau abu-abu dan daunnya tumbuh ke atas membentuk seperti teratai.

Bentuk daunnya juga seperti sekop dan seluruhnya diseimuti dengan lapisan tepung lilin epicuticular.

23. Echeveria 'Blue Frills'

Echeveria 'Blue Frills'
Sumber gambar : plantingman
Merupakan tanaman hasil kultivar yang sangat cantik. Ciri khasnya ialah daun tumbuh secara roset serasi dari daun biru-hijau yang simetris, berjumbai.

Ini adalah hasil hibrida dari Echeveria baru yang dihasilkan dari E. x imbricata, ukuran diameter hanya mencapai 12 inci atau 30 cm.

Sedangkan untuk warna daunn biru merak tua dengan tepi sedikit bergelombang atau berkerut. Ia juga memiliki bunga yang berbentuk seperti lonceng berwarna kuning-oranye.

24. Echeveria 'Blue Prince'

Echeveria 'Blue Prince'
Sumber gambar : plantingman
Jika yang tadi Blcak Prince maka satu ini Blue Prince. Ini adalah jenis sukulen berbentuk roset dengan warna daun biru hijau gelap dengan campuran warna perunggu di bawah sinar matahari penuh.

Blcak Prince juga memiliki bunga oranye kemerahan yang kontras saat akhir musim semi.

25. Echeveria 'Blue Sky'

Echeveria 'Blue Sky'
Sumber gambar : plantingman
Blue Sky yang mengartikan bahwa tanaman satu ini memiliki warna biru secara keseluruhan dan merah muda pada bagian ujung daun.

Daunnya tumbuh roset, sekilas mirip dengan E. imbricata yang berdaun lebar berbentuk sendok.

Jenis sukulen satu ini diketahui juga dapat tumbuh besar hingga 12 inci, dan memiliki lapisan farina yang tebal dan seperti tepung yang melindunginya dari sinar matahari penuh.

26. Echeveria 'Blue Surprise'

Echeveria 'Blue Surprise'
Sumber gambar : green-chapter-shop
Berikutnya ada Blue Surprise, jenis satu ini tergolong unik. Ia diberi nama Blue Surprise karena daunnya yang biru dan berdaging.

Namun di bawah tekanan sinar matahari mereka akan berubah menjadi warna pink solid.

27. Echeveria 'Blue Swan'

Echeveria 'Blue Swan
Sumber gambar : pinterest
Blue Swan memiliki ciri khas yaitu daunnya berwarna biru hijau muda yang membentuk pola mawar sempurna.

Sukulen satu ini juga memiliki ujung yang meruncing dan sedikit menekuk yang mana menambah keindahannya.

28. Echeveria Calderoniae

Echeveria Calderoniae
Sumber gambar : succulentsnetwork
Echeveria Calderoniae merupakan sukulen berdaun roset dengan diameter 12 cm. Ciri khasnya ialah daunnya kecil, ramping dengan panjang rata-rata 6 cm dan lebar 1 cm.

Memiliki warna hijau dengan bagian ujung daun tampak sedikit merah seiring bertambah usia. Ia juga menghasilkan bunga berwarna jingga dengan ujung kuning.

29. Echeveria calycosa

Echeveria calycosa
Sumber gambar : pinterest
Calycosa merupakan tanaman sukulen dengan warna hijau muda saat masih kecil, dan berubah menjadi merah muda atau kuning kemerahan saat telah dewasa.

Jenis satu ini termasuk spesies Echeveria yang sangat langka lo.

30. Echeveria Cante

Echeveria Cante
Sumber gambar : succulentsnetwork
Echeveria cante adalah spesies yang sangat cantik yang terkait dengan E. Subrigida.

Namun sedikit perbedaan terutama dalam jumlah daun farinosa yang lebih banyak daripada daun glaucous hingga pruinose, yang lebih sempit dan lebih tebal.

E. Cante diketahui dapat tumbuh menjadi cukup besar dengan diameter sekitar 30-40 cm. Di akhir musim panas, bunga akan muncul dengan warna oranye, merah muda.

31. Echeveria Carminea

Echeveria Carminea
Sumber gambar : pinterest
Ini jenis sukulen yang dapat tumbuh memanjang hingga 30cm dan diameter daun mencapao 20 cm.

Daun utama berwarna hijau, dengan warna kecoklatan dan sedikit melengkung pada bagian tengah.

32. Echeveria carnicolor

Echeveria carnicolor
Sumber gambar : succulentsnetwork
Echeveria carnicolor adalah sukulen yang indah dengan tinggi hingga 2,4 inci (6 cm), dengan batang pendek dan roset yang sangat rata dengan diameter hingga 5 inci (12,5 cm).

Daun berdaging memanjang atau elips, abu-abu-hijau dengan tepi keputihan dan warna merah cerah dalam kondisi cahaya tinggi, panjang hingga 4 inci (10 cm) dan lebar hingga 1,2 inci (3 cm).

Sedangkan bunga berwarna oranye-merah dan tersusun dalam perbungaan racemose.

33. Echeveria 'Cassyz Winter'

Echeveria 'Cassyz Winter'
Sumber foto : gardentags
Cassyz Winter adalah sukulen berdaun roset yang indah, memerah, merah muda, setinggi hingga 8 inci (20 cm), dengan warna hijau keperakan yang menunjukkan pertumbuhan baru sedang dalam perjalanan.

Diketahui jenis satu ini memiliki diameter daun mencapai 8 inci atau 20 cm.

34. Echeveria chiclensis

Echeveria chiclensis
Sumber gambar : pinterest
Echeveria satu ini memiliki ukuran sedang dengan batang pendek, bercabang, ia bisa tumbuh hingga 6 inci atau sepanjang 15 cm.

Ciri khasnya yaitu daunnya sempit, memanjang, dengan permukaan atas cekung, hijau sampai abu-abu-hijau, panjang hingga15 cm dan lebar hingga 2,5 cm.

Sedangkan bunganya berwarna oranye-merah dengan ujung kuning dan panjang hingga 20 cm.

35. Echeveria Chihuahuaensis

Echeveria Chihuahuaensis
Sumber gambar : worldofsucculents
Chihuahuaensis merupakan sukulen glaucous dalam keluarga stonecrop, Crassulaceae.

Ia memiliki ciri khas daun berwarna biru-abu-abu dengan tepi merah muda, tumbuh membentuk roset dengan diameter kira-kira 10 cm.

Batang dapat panjang, serta membawa bunga merah muda dengan bagian dalam kuning. Jenis satu ini sangat cantik dan imut, mungkin bisa kamu rawat dirumah sebagai hiasan.

36. Echeveria chilonensis

Echeveria chilonensis
Sumber foto : Grootscholten
Echeveria chilonensis mempunyai bentuk daun yang berselingan rapat, tidak bertangkai, lonjong, lancip, benar-benar utuh, gundul, pipih, tebal, panjang 2,5 cm dan lebar 1 cm.

Dengan panjang daun hanya 2,5 cm dan tangkai hanya 10 cm, membuat tanaman satu ini agak kecil. Ia memiliki bunga berwarna kuning.

37. Echeveria 'Chris'

Echeveria 'Chris'
Sumber gambar : shopaltmanplants
Echeveria 'Chris' memiliki warna hijau menggemaskan, lebih tepatnya daun hijau limau chunky yang semuanya membentuk pola roset kompak.

Ujung daun berwarna merah muda, memberikan semburat warna yang cantik.

38. Echeveria ‘Christmas’

Echeveria ‘Christmas’
Sumber gambar : succulentsnetwork
Echeveria 'Christmas' merupakan salah satu sukulen yang indah, daun tumbuh membentuk roset yang rapat, lebar hanya 20 cm.

Daun berwarna hijau apel berdaging dengan semburat kemerahan yang kuat di dekat tepinya. Bunganya berwarna kuning hingga jingga muda pada batang berbunga tipis sepanjang 40 cm.

39. Echeveria chroma

Echeveria chroma
Sumber gambar : succulentsnetwork
Berbentu daun roset yang kokoh dengan rona psikedelik biru-hijau, ungu, dan persik semuanya mengelilingi secara bersama.

Varietas ini mempunyai penampilan yang sangat bervariasi tergantung pada cahaya di mana ia tumbuh.

40. Echeveria coccinea

Echeveria coccinea
Sumber gambar : wikipedia
Echeveria coccinea berbentuk roset dengan tinggi dapat mencapai 60 cm atau lebih yang cenderung bercabang di pangkal.

Daunnya ditutupi rambut perak dan terkadang diwarnai merah di sepanjang tepinya, berwarna oranye kemerahan dengan benang sari kuning cerah hingga 30 cm.

Spesies ini menghasilkan banyak akar mengantung seperti rambut tipis dari bagian batang yang lebih tua.

41. Echeveria colorata 

Echeveria colorata
Sumber foto : plantingman
Echeveria colorata merupakan sukulen besar yang indah yang sebagian besar membentuk roset soliter, dengan diameter hingga 40 cm.

Ciri khas keperakan, tegak, melengkung, berdaging, daun berbentuk tombak dengan ujung halus bermata merah.

Bunga-bunga merah muda yang manis dan batang melengkung muncul di pertengahan musim panas hingga musim gugur.

42. Echeveria colorata f. brandtii

Echeveria colorata f. brandtii
Sumber foto : johnjearrard
Ini adalah jenis tanaman hias sukulen yang pendek, serasi, dengan bentuk roset.

Yang membuat echeveria colorata yang sangat menarik ialah daun ramping dengan ujung runcing dan warna merah-oranye yang indah dalam cahaya yang tinggi.

Bunga berwarna merah muda manis dan batang melengkung muncul di pertengahan.

43. Echeveria ‘Colorshift’

Echeveria ‘Colorshift’
Sumber foto : insucculentlove
Echeveria ‘Colorshift’ ialah jenis sukulen dengan daun biru-hijau tua yang memiliki tepi ungu/merah muda yang indah.

Pola daunnya sama membentuk roset, ia akan menampilkan warna yang lebih cerah saat terkena banyak sinar matahari

44. Echeveria crenulata 

Berikutnya ada crenulata, salah satu sukulen abadi yang memiliki daun hijau tebal atau abu-abu-hijau yang tumpang tindih, dalam mawar sering menyerupai artichoke.

Daun bisa tampak paling terang pada musim-musim tertentu dan diikuti oleh bunga tahan lama dalam warna merah muda, merah atau kuning.

45. Echeveria 'Crimson Tide' 

Echeveria 'Crimson Tide'
Sumber foto : garden
Echeveria 'Crimson Tide' merupakan jenis hibrida Echeveria berbeda yang membentuk mawar besar dengan diameter hingga 25 cm.

Ciri khasnya ialah ditandai dengan tepi daun yang unik dan berwarna cerah yang luar biasa bergelombang dan tebal.

46. Echeveria 'Ruffles Crinoline'

Echeveria 'Ruffles Crinoline'
Sumber gambar : flickr
Ini adalah jenis sukulen yang menakjubkan dengan tinggi batang 20 cm, bentuk daun roset berwarna abu-abu-hijau yang mengacak-acak secara dramatis dengan diameter hingga 6 inci 15 cm.

Pada bagian tepi merah lembut yang lebih intens di matahari penuh dan mempunyai bunga merah-oranye muncul di batang tinggi di akhir musim panas.

47. Echeveria 'Cubic Frost'

Echeveria 'Cubic Frost'
Sumber gambar : leafandclay
Echeveria 'Cubic Frost' merupakan tanaman yang menakjubkan, tingginya hanya 20 cm, dengan daun lilac dingin hingga lilac-pink.

Ia dapat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan offset dengan bebas, menciptakan kelompok mawar yang menarik dengan diameter hingga 25 cm.

48. Echeveria culibra

Echeveria culibra
Sumber foto : sgplants
Berikutnya ada dari Culibra, ini adalah Echeveria hibrida yang membentuk roset berdiameter 7 inci dengan daun biru pucat glaucous dengan margin bergelombang merah muda.

Setiap daun memiliki bentuk "cameo" yang panjang dan menonjol yang dikenal sebagai "caruncle" di permukaan atas.

49. Echeveria cuspidata

Echeveria cuspidata adalah sukulen abadi dengan daun hijau tebal atau abu-abu-hijau dengan titik merah.

Panjangnya tanaman dapat mencapai 10 cm yang tumpang tindih dalam roset, terlihat menyerupai artichoke. 

50. Echeveria ‘Dark Moon'

Echeveria ‘Dark Moon'
Sumber gambar : etsy
Echeveria ‘Dark Moon' dicirikan oleh mawar konsentris, dan hampir mirip dengan black prince yang terdiri dari banyak daun hitam ungu tua.

Jenis ini tumbuh kuat dibandingkan dengan Echeveria gelap lain yang ada, memungkinkan perbanyakan kultivar yang meningkat dan lebih cepat.

Selain itu 'Dark Moon' lebih tahan terhadap penyakit yang terjadi dengan sindrom stres musim panas.

51. Echeveria 'Decora'

Decora adalah sukulen yang unik dan indah, ia memiliki daun besar memerahkan nuansa merah muda yang luar biasa ini di bawah tekanan sinar matahari penuh.

Sukulen ini memiliki daun berbentuk sendok panjang yang membentang jauh dan saling berjauhan.

52. Echeveria derenbergii ‘Painted Lady’

Echeveria derenbergii ‘Painted Lady’
Sumber gambar : lrgarden
Berikutnya ada Painted Lady, yaitu jenis sukulen abadi hijau, setinggi 10 cm, dengan roset basal kecil dan padat berbentuk pagoda, buram, ujung bulu dan daun berdaging.

Pada waktu tertentu batang merah muda yang mengandung bunga kuning berbentuk cangkir dengan ujung merah.

53. Echeveria difractens 

Echeveria difractens
Sumber foto : flickr
Ini termasuk spesies langka, yang tumbuh di dataran rendah di hutan gugur tropis di ngarai di bebatuan vulkanik, ia terancam punah karena hilangnya habitat.

Echeveria diffractens adalah spesies sukulen, abadi, tidak bertangkai atau bertangkai pendek yang membentuk soliter, roset pipih hanya setinggi 2-5 cm dan lebar 10 cm.

Daunnya berbentuk sudip, membulat hingga ujung tumpul berwarna ungu kemerahan atau abu-abu merah muda, ungu dengan garis krim tipis tipis

54. Echeveria 'Dondo'

Echeveria 'Dondo'
Sumber foto : plantingman
Echeveria 'Dondo' adalah tanaman sukulen berbentuk roset dengan daun berwarna abu-abu kehijauan yang sangat kompak, dan tampak berisi.

Ujung daun memiliki duri kecil dan lunak yang terkadang memerah. Pinggir daun dilapisi dengan bulu halus, dan unik untuk echeveria ini, membuatnya dapat dikenali di antara orang banyak.

55. Echeveria 'Doris Taylor'

Echeveria 'Doris Taylor'
Sumber foto : thetilth
Echeveria 'Doris Taylor', atau Woolly Rose, berbentuk daun roset terbuka dengan permukaan yang sangat halus dilapisi silia yang tebal.

Terlihat seperti apel hijau cerah dengan ujung daun merah kecil ketika tumbuh di bawah sinar matahari yang cerah. Echeveria ini merupakan hibrida dari E. pulvinata dan E. setosa.

56. Echeveria 'Dusty Rose' 

Echeveria 'Dusty Rose'
Sumber foto : succulentsnetwork
Echeveria 'Dusty Rose' adalah tanaman sukulen yang menarik dengan warna yang bervariasi dan menakjubkan.

Daunnya yang lebar dan beruas-ruas berwarna merah muda dan ungu, warnanya semakin dalam saat tumbuh di bawah sinar matahari yang cerah.

Ia jugamemiliki lapisan lilin alami yang tebal yang memungkinkannya mentolerir sinar matahari penuh dan memberikan penampilan yang lembut.

57. Echeveria elegans ‘Mexican Snowball’

Echeveria elegans ‘Mexican Snowball’
Sumber foto : Leo Gonzalez
Echeveria elegans adalah sukulen populer yang membentuk roset padat dari daun berdaging, berbentuk sendok, dan berwarna hijau kebiruan pucat.

Ini adalah spesies variabel dengan beberapa bentuk yang hanya memiliki sedikit perbedaan dalam ukuran dan bentuk daun dan warna bunga.

Tanaman yang tumbuh di bawah sinar matahari yang cerah dapat menghasilkan rona merah muda yang indah.

58. Echeveria elegans ‘Raspberry Ice’

Echeveria elegans ‘Raspberry Ice’
Sumber foto : succulents-australia-sales
Sukulen halus ini menghasilkan roset daun berbentuk sendok yang tampak hijau muda kemudian mengembangkan semburat merah muda ke arah ujung yang semakin dalam warnanya seperti mawar.

Tanaman ini diduga merupakan kultivar Echeveria elegans yang menghasilkan bunga saat musim panas.

59. Echeveria eurychlamys 

Echeveria eurychlamys
Sumber foto : pinterest
Echeveria eurychlamys adalah herba glabrous yang biasanya roset tunggal yang tumbuh hingga lebar sekitar 9 hingga 15c m.

Daunnya rata, lonjong-lonjong lebar, jarang beruas-ruas di masa tua tanaman, hijau muda sampai keputih-putihan, dan lebih gelap bila terkena cahaya.

Di Musim Panas, Echeveria eurychlamys mekar bunga kuning-salmon kecil di tangkai mekar tinggi.

60. Echeveria ‘Etna’

Echeveria ‘Etna’
Sumber foto : earth
Echeveria 'Etna adalah hibrida Echeveria yang spektakuler yang membentuk roset dengan diameter hingga 30 cm.

Daunnya berwarna ungu-biru beku dengan kutil atau "caruncles". Bunganya berbentuk lonceng, oranye-merah dan muncul di perbungaan panjang, mekar di musim panas. 

61. Echeveria expatriata 

Echeveria expatriata
Sumber foto : worldofsucculents
Echeveria expatriata, juga dikenal sebagai Cremneria 'Expatriata', yaitu jenis sukulen abadi yang tumbuh rendah hingga setinggi 10 cm.

Batangnya dimahkotai oleh roset daun yang lebat dan mengeluarkan mawar baru pada bagian telanjang di bawahnya. Daunnya glaucous dan panjangnya mencapai 2,5 cm.

Sedangkan bunganya mencapai panjang hingga 5 inci (12,5 cm), dengan bunga berwarna merah muda.

62. Echeveria fimbriata 

Echeveria fimbriata
Sumber foto : pinterest
Echeveria fimbriata menghasilkan bentuk seperti mawar merah marun daun oval besar masing-masing bermata di rambut halus yang berubah menjadi merah di bawah sinar matahari yang pas.

63. Echeveria 'Fleur Blanc'

Echeveria 'Fleur Blanc'
Sumber foto : leafandclay
Echeveria 'Fleur Blanc' ialah sukulen hijau pucat berbentuk roset dengan daun yang memerah rona merah muda di tepinya.

Daunnya menciptakan warna pastel yang cantik yang menjadikan sukulen ini sebagai tambahan yang bagus untuk taman atau penanam apa pun.

64. Echeveria fulgens

Echeveria fulgens

Echeveria fulgens merupakan sukulen yang tumbuh rendah dengan lebar sekitar 8 inci, bentuk roset terbuka dengan panjang 4 hingga 5 inci.

Daun berwarna abu-abu bulat bulat telur yang berbaring rata dan memiliki nada merah muda di dekat ada tips.

65. Echeveria 'Galaxy Blue'

Echeveria 'Galaxy Blue'
Sumber foto : shopaltmanplants
Echeveria 'Galaxy Blue' menghasilkan roset biru es yang menakjubkan dengan daun besar bergelombang.

Kultivar ini memiliki bentuk terbuka lebar, mencapai diameter 6 hingga 8 inci tetapi tetap rendah ke tanah.

Kamu bisa mendapatkan titik merah muda cerah di ujung daunnya saat diletakan di bawah sinar matahari yang cerah.

66. Echeveria gibbiflora 'Bittersweet' 

Echeveria gibbiflora 'Bittersweet'
Sumber foto : pinterst
Echeveria gibbiflora 'Bittersweet' sama dengan lainnya yaitu roset  yang tumbuh hingga sekitar 40 cm. Ciri khasnya adalah pada garis putih yang jelas pada tepi daun.

Ini merupakan hibrida yang kekar, tinggi, kuat, jarang bercabang, mirip dengan Echeveria gibbiflora, batangnya telanjang di atasnya dengan roset hingga 20 daun spatula lebar, yang sempit dan berdaging di pangkal, warna mahoni muda, tepi daun berkerut dan bergelombang.

67. Echeveria gibbiflora 'Metallica' 

Echeveria gibbiflora 'Metallica
Sumber foto : pinterst
Echeveria gibbiflora 'Metallica' adalah tanaman tahunan yang segar dan selalu hijau dengan mawar bertangkai pendek berbentuk sendok, bergelombang, daun hijau perunggu metalik dengan margin merah muda dan panjang hingga 8 inci.

Untuk bunga ia berwarna kemerahan berbentuk lonceng dan ada kuning di dalamnya.

68. Echeveria gigantea

Echeveria gigantea
Sumber foto : pinterst
Echeveria gigantea adalah tanaman sukulen besar dalam kelompok Gibbiflorae Echeveria yang tumbuh di batang tidak bercabang hingga 45 cm berbentuk sendok, hijau ke abu-abu.

Daun hijau memiliki puncak agak bergelombang dan tepi kemerahan.

69. Echeveria gilva 

Echeveria gilva
Sumber foto : Liz21UK
Echeveria 'Gilva' adalah sukulen cantik yang membentuk sukulen roset ketat dengan daun hijau gemuk dan mengkilap.

Setiap ujung daun diakhiri dengan titik merah. Daun akan memerah karena sinar matahari dan tekanan suhu.

Ujung daun berwarna kemerahan. Ini mekar bunga oranye-merah kecil yang berakhir pada tangkai bunga panjang 25 cm.

70. Echeveria globuliflora

Echeveria globuliflora
Sumber foto : pinterst
Echeveria globuliflora memiliki daun berwarna hijau yang dan berwarna kemerahan pada bagian ujungnya.

Diameternya yang mungil, padat dan roset, membuatnya terlihat imut. Ia memiliki bunga oranye-merah kecil dan bertangkai panjang 25 cm

71. Echeveria globulosa

Echeveria globulosa
Sumber foto : pinterst
Echeveria globulosa adalah tanaman sukulen yang sangat indah dengan mawar kompak dengan daun berdaging runcing.

Ia jenis yang menyebar dengan mudah untuk membentuk rumpun atau cluster, tumbuh rendah dan kompak.

Rosette berdiameter hingga 5 cm dan cluster tidak akan tumbuh lebih tinggi dari 15 cm. Daunnya berwarna biru pucat dan bisa memerah dengan merah muda. 

Ia juga menghasilkan bunga oranye-kuning berwarna cerah yang tumbuh di batang pendek di atas mawar.

72. Echeveria 'Golden Glow' 

Echeveria 'Golden Glow'
Sumber foto : pinterst
Echeveria 'Golden Glow' adalah tanaman sukulen yang selalu hijau dan membentuk rumpun.

Tingginya bisa mencapai 30 cm, dengan lebar mawar hingga 25 cm yang lebar, hijau pucat hingga kuning-hijau, daun seperti sendok yang bisa memerah merah jambu di sepanjang tepinya pada musim panas saat ditanam di bawah sinar matahari.

Tanaman terlihat soliter dan lambat memiliki offset tetapi akhirnya dapat membentuk cluster hingga lebar 45 cm atau lebih dengan batang decumbent memanjang perlahan.

73. Echeveria goldmanii 

Echeveria goldmanii
Sumber foto : Kwan-jae Park
Echeveria goldmanii tumbuh pada batang yang pada mulanya tegak dan lebat, sering bersujud dan berakar pada buku, dan kadang-kadang menjadi setinggi 20 cm.

Daunnya gundul, bersinar, lonjong linier, panjang 2 – 3 cm, lancip atau tumpul, berbentuk cekungan, hijau pucat dengan tepi ungu.

74. Echeveria grisea

Echeveria grisea
Sumber foto : cactuseros
Echeveria grisea membentuk roset yang tumbuh rendah membentuk sukulen mirip dengan E. fulgens atau E. obtusifolia tetapi berbeda dalam daunnya yang lebih tebal.

Ia jarang di budidaya dan dianggap sebagai salah satu jenis Echeveria yang kurang menarik dari kelompok Gibbiflorae, namun bunganya berwarna merah muda yang indah dan cukup dekoratif.

Daunnya berwarna hijau corydalis hingga asphodel-green, pruinose, dan kadang-kadang terlihat ungu tua.

75. Echeveria halbingeri

Echeveria halbingeri
Sumber foto : pinterst
Echeveria halbingeri adalah sukulen berdaun abu-abu yang membentuk roset rapat yang di imbangi dengan gundukan kecil yang padat.

Di pertengahan musim semi, ia berbunga-bunga dengan tabung kuning dengan warna merah muda pucat di dasarnya. Succulents ini tetap kecil, dan bebas, ia juga mirip dengan Echeveria prolifica.

76. Echeveria halbingeri var. goldiana

Echeveria halbingeri var. goldiana
Sumber foto : Mat Lichtenstein
Echeveria halbingeri var. goldiana adalah sukulen gundul dan tanpa batang yang membentuk mawar padat.

Daunnya berwarna hijau selada sampai warna kopi muda kusam, berbentuk bulat telur-runcing dan tumbuh sepanjang 4 cm.

77. Echeveria harmsii

Echeveria harmsii
Sumber foto : Luis Borja González
Echeveria harmsii, umumnya dikenal sebagai Plush Plant atau Red Echeveria, yaitu jenis subshrub hijau segar yang berasal dari Meksiko.

Jenis sukulen bercabang, padat, tinggi hingga 30 cm, dengan roset daun hijau muda sempit dengan tepi merah.

Bunganya berwarna merah cerah kecuali ujung kuning, berbentuk lonceng.

78. Echeveria harmsii ‘Ruby Slippers’

Echeveria harmsii ‘Ruby Slippers’
Sumber gambar :waterwisebotanicals
Echeveria harmsii ‘Ruby Slippers’ adalah sukulen semak dengan tinggi dan lebar hingga 30 cm, dengan batang kayu yang tertutup rapat dedaunan.

Daunnya berwarna hijau, bentuk dayung ditutupi dengan bulu halus keperakan. Ujung daun berwarna merah muda hingga merah tua.

Sedangkan bunga berwarna oranye terang, berbentuk lonceng dan dibawa berkelompok pada batang yang menjulang di atas dedaunan.

79. Echeveria heterosepala

Sumber foto : unusualseeds
Echeveria heterosepala membentuk roset padat hingga lebar 5 cm, daun lonjong, agak meruncing, berujung dengan mukro panjang, gundul, mungkin juga glaukus, yang panjangnya sekitar 3 cm.

Saat mekar, ia mengeluarkan tangkai bunga setinggi 15 cm dengan daun yang berakhir di dekat bunga hijau elf.

80. Echeveria humilis

Echeveria humilis
Sumber foto : pinterst
Echeveria humilis adalah sukulen yang tumbuh rendah yang membentuk roset padat dengan daun akut yang panjangnya 5 hingga 6 cm.

Saat mekar, ia mengirimkan tangkai bunga lemah sekitar 10 cm dengan bunga kecil berwarna merah salmon.

81. Echeveria hyalina

Echeveria hyalina
Sumber foto : pinterst
Echeveria hyaline adalah sukulen tanpa batang dengan daun padat yang berwarna keputihan-kristalin dengan tepi hialin tipis dan ujung merah muda keabu-abuan.

Pada bulan Januari dan Februari, mekar bunga hijau-merah muda berbentuk lonceng di ujung tangkai mekar yang panjang dan ramping.

82. Echeveria 'Mint Irlandia'

Ini adalah keturunan yang dihasilkan dari E. derenbergii dan E. runyonii 'Topsy Turvy.'

Jenis sukulen satu ini dapat diidentifikasi dengan daun hijau mint cerah yang memiliki bentuk tabung yang berbeda dan tumbuh dalam pola ke atas. Tingginya cenderung sekitar 15 cm.

Seperti kebanyakan tanaman Echeveria, ia akan dengan mudah menghasilkan anakan yang dapat dipisahkan dan dimulai sebagai tanaman mereka sendiri.

Kadang-kadang akan menghasilkan bunga oranye mencolok yang diketahui menarik kolibri jika tanaman disimpan di luar ruangan.

83. Echeveria juarezensis

Echeveria juarezensis
Sumber foto : smgrowers
Echeveria juarezensis (Juareze Hens and Chicks) adalah tanaman pembentuk roset yang menarik hingga 10 inci, kadang-kadang soliter dan di waktu lain dalam rumpun.

84. Echeveria kimnachii

Echeveria kimnachii
Sumber foto : pinterest
Echeveria kimnachii memiliki bentuk roset tunggal dengan diameter hingga 4,5 cm dan tinggi hingga 5 cm.

Daunnya berwarna hijau kebiruan hingga hijau, dengan tepi membulat dan cembung di kedua sisinya.

85. Echeveria laui

Echeveria laui
Sumber foto : MyHomeNature
Echeveria laui ialah salah satu jenis Echeveria yang paling menarik.

Ini adalah spesies yang tumbuh sangat lambat dan sangat dicari dengan daun bubuk biru-abu-putih dan bunga mawar persik, tumbuh hingga 15 cm tetapi mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Pola mawar memiliki diameter hingga 5 inci (12,5 cm). Sangat simetris dan cantik apakah sedang berbunga atau tidak.

86. Echeveria leucotricha

Echeveria leucotricha
Sumber foto : pinterest
Echeveria leucotricha, juga dikenal sebagai Echeveria pulvinata var. leucotricha, adalah subsemak hias bercabang dari sukulen.

Tingginya bisa mencapai 15 cm. Daunnya tertutup rapat dengan rambut perak yang akan berubah menjadi coklat di ujung daun. Ia juga memilki bunganya berwarna merah.

87. Echeveria lilacina

Echeveria lilacina
Sumber foto : cityplanter
E. lilacina, juga dikenal sebagai Ghost Echeveria, adalah jenis tanaman yang menarik dengan pertumbuhan lambat.

Tinggi hanya sekitar 15 cm, berdaun tebal, berbentuk sendok, abu-abu keperakan dan tersusun dalam roset simetris dengan diameter hingga 7 inci.

Bunganya berwarna merah muda pucat atau merah muda karang.

88. Echeveria 'Lime n Chili'

Echeveria 'Lime n Chili'
Sumber foto : nativeson
Echeveria 'Lime n Chile' adalah tanaman sukulen yang membentuk roset hijau limau beku dari daun chunky.

Ujung daunnya sering berwarna pink hingga merah untuk memberikan warna yang sempurna.

Di musim semi dan musim panas, memiliki rupa mawar dewasa menghasilkan empat hingga lima perbungaan dengan bunga berbentuk lonceng, karang, dan emas.

89. Echeveria 'Lola'

Echeveria 'Lola'
Sumber foto : shopee
Echeveria 'Lola', ialah hasil persilangan yang indah E. lilacina dan E. 'Deresina', dengan tinggi hanya sekitar 15 cm.

Ia seperti lainnya yang membentuk pola roset pahatan, dengan diameter hingga 15 cm, bentuk agak "kuncup mawar", serta daunnya terbuat dari marmer alabaster dengan rona merah muda, keunguan yang lembut.

90. Echeveria longissima

Echeveria longissima
Sumber foto : flickr
Echeveria longissima adalah tanaman tahunan yang indah dengan bentuk roset, daunnya hijau dengan tepi merah.

Terdapat tingkat warna merah yang tinggi pada tiap daunnya, terutama dalam cahaya yang baik.

Daunnya memiliki panjang hingga 4m5 cm dan lebar hingga2 cm, sedangkan bunga berbentuk lonceng memiliki panjang hingga 3 cm, berwarna merah karang muda di pangkal, kuning kehijauan pucat di tengah dan hijau di puncak.

Echeveria longissima yang cantik dan sangat dicari, namun sayangnya ia tumbuh sangat lambat.

91. Echeveria lutea

Echeveria lutea
Sumber foto : flickr
Echeveria lutea adalah tanaman sukulen yang indah, kecil, tumbuh soliter, lebar hingga 8 inci dengan tumbuh rapat, panjang sekitar 15 cm.

Jenis satu ini memiliki daun ungu kemerahan yang margin, membentuk lubang yang dalam di tengah daun pada permukaan atas dengan permukaan bawah hijau menghadap ke atas, memberikan tanaman tampilan dua warna yang berbeda.

92. Echeveria lyonsi

Echeveria lyonsi
Sumber foto : Mat Lichtenstein
Echeveria lyonsii merupakan termasuk jenis-jenis sukulen bertangkai dengan daun berwarna abu-abu keunguan, agak mengkilap yang membentuk roset selebar 11 sampai 14 cm.

Tampaknya ada keterkaitan dengan E. shaviana dan E. bifida, namun Echeveria lyonsii mudah tumbuh, subur dan dapat menghasilkan tanaman muda dari daun atau bracts yang terlepas.

Batangnya yang berbunga banyak dan kuat, terkadang melemahkan tanaman selama musim panas. Bunganya kecil dan berwarna oranye kemerah-merahan.

93. Echeveria macdougallii

Echeveria macdougallii
Sumber foto : plantingman
Tumbuh semak yang tegak lurus, dengan tinggi hingga 30 cm, macdougallii memiliki bentuk seperti mawar kecil yang tumbuh di batang kayu.

Daunnya berdaging dan mirip dengan kacang jelly, berwarna lembut, hijau pastel dengan warna merah darah sapi di tepi dan puncaknya saat terkena sinar matahari.

Warna diketahui dapat mengintensifkan di bulan-bulan yang lebih dingin. Sedangkan bunganya berwarna merah persik hingga merah spektrum di bagian luar, dan bagian dalam krom lemon.

94. Echeveria maxonii

Echeveria maxonii
Sumber foto : species.wikimedia
Berikutnya ada Echeveria maxonii, salah satu sukulen yang gundul, semak belukar dengan daun hijau yang berubah menjadi merah saat ditekan dan tepinya keunguan.

Ia memiliki bunga yang berwarna salmon campuran pink.

95. Echeveria multicolor

Echeveria multicolor
Sumber foto : Leo Gonzalez
E. multicolor atau juga Echeveria recurvata, umumnya adalah sukulen tanpa batang, berbentuk roset dengan daun biru-hijau pucat medis.

Dalam beberapa kasus, Echeveria multicolor telah dicatat dapat membentuk batang vegetatif setinggi 15 cm, dan kadang-kadang bercabang atau dengan offset di dasarnya.

Memiliki bunganya cerah hingga kuning kusam atau oranye pucat, memerah dengan sedikit merah di area terbuka di luar.

96. Echeveria 'Neon Breakers'

Echeveria 'Neon Breakers'

Echeveria 'Neon Breakers' ialah sukulen dengan bentuk roset, tepi bergelombang dan berkerut yang memiliki tekstur daun tidak biasa.

Ia memiliki tepi daun khas yang berwarna merah muda panas dan berkerut. Pada musim tanam atau musim semi dan musim panas, ia dapat membuat tangkai bunga menjadi ungu yang tinggi dengan bunga merah muda yang semarak.

97. Echeveria nodulosa

Echeveria nodulosa
Sumber foto : todoparatuhuerta
E. nodulosa (Painted Echeveria) termasuk dalam jenis kaktus sukulen yang menarik dengan batang bercabang, panjang hingga 2 kaki, berbentuk roset, berdiameter hingga 5 inci.

Daunnya berwarna hijau zaitun dan ditandai dengan warna merah cerah di tepi dan di tengah.

Di musim panas, lonjakan berbunga setinggi 2 kaki (60 cm), dengan bunga kuning pucat dengan tanda merah merah muda, muncul di atas mawar. 

98. Echeveria nuda

Echeveria nuda
Sumber foto : flickr
Echeveria nuda adalah spesies pembentuk cabang yang dapat tumbuh hingga 30cm dalam kondisi ideal dan memiliki bunga kuning yang menarik.

99. Echeveria oreophila

Echeveria oreophila
Sumber foto : pinterest
Echeveria oreophila adalah sukulen gundul yang tingginya mencapai 15 cm dan membentuk mawar hingga lebar 11 sampai15 cm.

Daunnya berwarna hijau pucat dengan mekar keabu-abuan yang jarang, tepi dan bagian yang terbuka memerah dalam cahaya yang kuat.

Sedangkan bunganya berwarna merah kemerahan namun sedikit keabu-abuan.

100. Echeveria pallida

Echeveria pallida
Sumber foto : amazon
Echeveria pallida ialah jenis tanaman sukulen yang mampu tumbuh dengan cepat, tingginya bisa mencapai 50 cm, berbentuk roset berdiameter hingga 25 cm.

Pada bagian batang yang tidak bercabang, diameter mampu mencapai 3 cm. Daunnya membentuk sendok, dengan warna hijau limau hingga kuning, namun bagian tepi agak mengkilap.

Bunganya berwarna merah tua hingga merah muda dan muncul di musim dingin pada perbungaan setinggi hingga 90 cm.

Echeveria paniculata var. maculata

Echeveria paniculata var. maculata
Sumber foto : flickr
E. paniculata var. maculate, sukulen yang unik karena tanpa batang, gundul, berbentuk roset dengan daun panjang sekitar 10 cm, tebal, dan berbintik-bintik.

Bunganya berwarna kuning lemon pucat dan muncul di ujung tangkai yang panjang dan kokoh. 

Echeveria patriotika

Echeveria patriotika
Sumber foto : flickr/zusung
Echeveria patriotica adalah sukulen jeruk/aprikot yang tumbuh setinggi 30 cm. Saat mekar warna memiliki campuran karang, antara merah, oranye dan kuning pucat.

Echeveria peacockii

Echeveria peacockii
Sumber foto : esucculent
E. peacockii (Peacock Echeveria) ialah jenis sukulen hijau abadi dengan bentuk mawar cantik, lebar sekitar 15 cm, dikemas dengan lebih dari 20 daun berbentuk sendok, runcing.

Ia memiliki warna pucat abu-abu pucat dihiasi dengan tepi dan ujung merah saat terkena cahaya terang .

Echeveria penduliflora

Echeveria penduliflora
Sumber foto : crassulaceae
Echeveria penduliflora adalah sukulen dengan bentuk semak, gundul, dan tumbuh mencapai 30 cm.

Daunnya berwarna hijau dan tersebar ke subrosulate. Saat dewasa, ia menciptakan tangkai setinggi 30 cm dan menghasilkan bunga merah muda yang berbentuk segi lima.

Echeveria 'Perle von Nurnberg'

Echeveria 'Perle von Nurnberg'
Sumber foto : mountaincrestgardens
Ini adalah jenis hibrida dari E, gibbiflora 'Metallica' dan E. elegans. Di antara jenis Echeveria yang paling populer dengan toko bunga, 'Perle von Nurnberg' adalah sukulen kecil yang selalu hijau dengan keindahan yang menakjubkan.

Dengan bentuk roset soliter dari daun abu-abu pastel yang berdaging, bulat, runcing, dihiasi dengan highlight merah muda keunguan.

Daunnya memiliki lekukan yang elegan dan lapisan farina memberi mereka kilau lembut. 

Echeveria pilosa

Echeveria pilosa
Sumber foto : pinterest
Echeveria pilosa adalah sukulen cantik yang membentuk roset, berdaun hijau yang berubah kemerahan di ujungnya saat terkena sinar matahari penuh.

Ia memiliki batang tegak, sederhana atau jarang bercabang dan tinggi hingga 8 cm. Pilosa termasuk jenis yang cantik memiliki bulu yang menarik di semua daunnya.

Bunganya berwarna oranye-merah dengan ujung kuning, berbentuk lonceng, dan biasanya muncul di musim panas di ujung tangkai bunga yang rimbun, setinggi 30 cm. 

Echeveria pinetorum

Echeveria pinetorum
Sumber foto : pinterest
Berikutnya ada Echeveria pinetorum, salah satu tanaman sukulen tanpa batang dengan bentuk roset padat berdaun hijau cerah yang diwarnai merah di tepinya.

Adapun terdapat bunganya yang berwarna kuning aprikot hingga merah tua berada di atas batang berbunga sepanjang 10 hingga 25 cm.

Nah, itulah 100 lebih macam-macam sukulen Echeveria yang bisa kamu ketahui. Sebenarnya masih ada lagi loh, untuk itu artikel ini akan terus di update.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel