CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 10 Tanaman Kaktus Sukulen Langka di Dunia - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

10 Tanaman Kaktus Sukulen Langka di Dunia

gambar sekumpulan tanaman sukulen kaktus berduri
Sumber foto : pixabay/LucaPelliciari
Healty99 - Dalam beberapa tahun terakhir, mengumpulkan dan menanam sukulen telah menjadi semakin populer di seluruh dunia. Sayangnya, minat baru pada berbagai macam tanaman ini telah berdampak negatif pada sejumlah spesies sukulen di alam liar.

Banyak sukulen, termasuk yang langka dalam daftar ini, dikumpulkan secara ilegal di alam liar dan dijual ke kolektor di seluruh dunia.

Hal ini menyebabkan sejumlah sukulen menjadi langka di habitat liarnya dan beberapa sukulen dalam daftar ini hampir punah. 

Jadi, meskipun mungkin menyenangkan untuk memiliki sukulen langka ini, pastikan bahwa setiap koleksi kamu berasal dari jenis yang aman.

Kaktus Sukulen Langka

Berikut beberapa jenis tanaman sukulen yang tergolong langka. 

1. Kaktus dolar pasir

Sand Dollar Cactus
Sumber foto : istockphoto/Sand Dollar Cactus
Kaktus Dolar Pasir (juga disebut kaktus bulu babi, kaktus bintang, atau peyote bintang) adalah kaktus tak bertulang langka yang berasal dari bagian Texas dan Meksiko.

Kaktus kecil yang lucu ini banyak dibudidayakan oleh para pecinta sukulen/kaktus. Kaktus Dolar Pasir telah menjadi sukulen hias yang populer sejak pertama kali dikumpulkan pada pertengahan 1800-an.

Namun, popularitas ini membuat kaktus dolar pasir rentan di alam liar dan Daftar Merah IUCN melaporkan bahwa orang-orang dari seluruh dunia sering kali secara ilegal memindahkan kaktus dari alam liar dan mengirimkannya ke rumah.

2. Salo

Aeonium gorgoneum
Sumber foto : commons.wikimedia
Aeonium gorgoneum, yang disebut Salão oleh penduduk lokal di Kepulauan Cape Verde, adalah sukulen langka yang rentan terhadap panen berlebihan.

Salão sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati batuk serta masalah medis lainnya. Menurut Daftar Merah IUCN, ada kurang dari 1.000 tanaman Salo yang tersisa di alam liar.

Salão tumbuh di tiga Kepulauan Tanjung Verde: Santo Antão, São Vicente dan São Nicolau. 

3. Pelotilla de chinamada

Pelotilla de chinamada
Sumber foto : iucnredlist
Pelotilla de chinamada adalah sukulen langka yang hanya tumbuh di pulau Tenerife di Kepulauan Canary Spanyol. Setiap Pelotilla de Chinamada yang dikenal tumbuh di area yang hanya berukuran sekitar 1 km² (0,386 mi²).

Pada tahun 2009, jumlah populasi Pelotilla de Chinamada dilaporkan sebanyak 593 individu dan 504 di antaranya merupakan tanaman dewasa.

Pelotilla de Chinamada tumbuh cenderung tumbuh di celah-celah. Ia juga sering tumbuh di dekat sukulen lain dari genus Monanthes.

Populasi Pelotilla de Chinamada yang sudah kecil telah terpengaruh secara negatif oleh kedekatannya dengan jalan yang sering dilalui.

Hal ini menyebabkan habitat Pelotilla de Chinamada terdegradasi dan sukulennya juga rentan untuk dikoleksi dan dijual sebagai tanaman langka.

4. Kaktus bantal mawar (Rose Pincushion)

Rose Pincushion Cactus
Sumber foto : cactofili
Meskipun kaktus Rose Pincushion banyak dibudidayakan karena mahkota bunga merah mudanya yang indah, sukulen ini langka dan terancam punah di habitat aslinya.

Sayangnya, popularitas Rose Pincushion Cactus adalah kejatuhannya yang terbesar. Pengumpulan liar adalah salah satu alasan utama penurunan populasi Kaktus Bantal Mawar liar.

5. Vahondrandra

Vahondrandra
Sumber foto : creativecommons
Aloe helenae, yang juga disebut Vahondrandra dalam daftar Merah IUCN, adalah sukulen asli Madagaskar selatan yang terancam punah. Diperkirakan ada sekitar 200 – 500 Vahondradra di alam liar dan populasinya mungkin akan berkurang.

Ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup val of Vahondrandra adalah perusakan habitatnya, yang dibuka untuk pertanian dan pertambangan.

6. Estevesia alex-bragae

Estevesia alex-bragae
Sumber foto : commons.wikimedia
Estevesia alex-bragae adalah satu-satunya spesies sukulen yang diketahui dalam genusnya. Tidak banyak yang diketahui tentang kaktus berbunga yang sangat langka ini dan baru saja dijelaskan pada tahun 2009 oleh Pierre J. Braun.

Sayangnya, sukulen yang sudah langka ini terancam punah dan diyakini tidak lebih dari 200 individu tanaman yang tersisa.

Daftar Merah IUCN memperkirakan bahwa hingga 90% dari populasi alex-bragae Estevesia yang tersisa dapat musnah jika tanah di sekitarnya terus digunakan untuk produksi kedelai.

7. Giant Quiver Tree

Giant Quiver Tree
Sumber foto : pinterest
Meskipun Giant Quiver Tree mungkin tidak terlihat seperti kebanyakan sukulen, ini adalah salah satu dari tiga pohon lidah buaya asli Afrika selatan – semua tanaman lidah buaya adalah sukulen.

Dari tiga pohon lidah buaya Afrika, Giant Quiver Tree atau Aloidendron pillansii adalah yang paling langka. Menurut Daftar Merah IUCN, mungkin ada kurang dari 200 Pohon Raksasa Quiver individu yang tersisa di alam liar.

Sesuai namanya, Giant Quiver Tree dapat tumbuh sangat tinggi, mencapai ketinggian maksimum sekitar 10 m (32,8 kaki).

Beberapa ancaman terbesar bagi Pohon Quiver Raksasa, adalah populasinya yang kecil secara alami, pengumpulan ilegal, perekrutan alami yang rendah, dan hilangnya habitat melalui pertambangan dan peternakan.

8. Aichryson dumosum

Aichryson dumosum
Sumber foto : eunis.eea.europa
Aichryson dumosum, yang tidak memiliki nama umum karena sangat langka, adalah sukulen asli dari satu daerah di Madeira, Portugal.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 50 hingga 250 tanaman Aichryson dumosum yang tersisa di alam dan jumlahnya terus menurun.  

Meskipun habitat Aichryson dumosum dilindungi, sukulen masih terancam oleh spesies invasif, menginjak-injak, kebakaran, kekeringan, dan tanah longsor.

Karena ukuran populasinya yang rendah, Aichryson dumosum dianggap sangat terancam punah. 

9. Parodia recensis

Parodia recensis
Sumber foto : commons.wikimedia
Seperti banyak sukulen dalam daftar ini, Parodia rechensis termasuk langka karena sulit tumbuh dan habitat aslinya terancam.

Meskipun Parodia, yang juga dikenal sebagai Notocactus rechensis, terdaftar sebagai sangat terancam punah dalam daftar spesies terancam Rio Grande do Sul, area di mana sukulen tumbuh secara alami tidak dilindungi.

Pada tahun 2012, penelitian ekstensif tentang status Parodia rechensis dilakukan. Para ilmuwan menemukan bahwa Parodia rechensis hampir punah di alam liar dan hanya ada dua populasi sukulen yang masih hidup.

10. Discocactus subterraneo-proliferans

Discocactus subterraneo-proliferans
Sumber foto : discocactus
Tidak banyak yang diketahui tentang Discocactus subterraneo-proliferans, yang sebenarnya tidak memiliki nama umum, selain mungkin punah di alam liar.

Spesies satu ini terdaftar di IUCN sebagai sangat terancam punah dan diyakini bahwa mungkin ada kurang dari 50 tanaman yang ditanam secara pribadi oleh orang-orang di seluruh dunia.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman sukulen yang tergolong rare atau langka menurut beberapa survery.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar sukulen.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel