CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Tomat Pahit yang Unik, Baik Dari Rasa dan Bentuknya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Mengenal Tomat Pahit yang Unik, Baik Dari Rasa dan Bentuknya

tomat pahit Solanum aethiopicum
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pernah mendegar tomat pahit? Ini merupakan tanaman dengan nama ilmiah Solanum aethiopicum yang masih satu keluarga tomat atau kentang. Berbeda dari kebanyakan buah tomat pada umumnya, jenis satu ini mempunyai ciri khas tersendiri.

Selain di kenal dengan nama tomat pahit, di beberapa daerah lainnya ia juga di sapa sebagai tomat asam, terong Ethiopia, atau nakati, telur taman, dan tomat tiruan. Salah satu tanaman berbuah dari genus Solanum yang dapat ditemukan di kawasan Asia dan Afrika Tropis.

Bentuk

Mengapa di katakan unik? Hal ini karena ia mempunyai bentuk yang ramping saat sudah tua, serta memiliki guratan dari ujung buah hingga pangkal atau tangkai batang. 

Sekilas, bentuknya juga mirip bawang putih namun dengan warna orange-kemerahan atau hijau-kuning.

Beberapa bentuk lainnya jika dilihat dari dekat ia juga mirip seperti labu kuning (waluh) hanya saja dari segi ukuran berbanding terbalik.

Rasa

Buah dari tanaman satu ini sangat bervariasi, namun tentu saja bisa dimakan mentah dan dimasak, selebihnya ia lebih populer sebagai tanaman peliharan.

Jenis buah-buahan ini biasanya dipanen saat masih hijau atau sebelum kulitnya menjadi tebal. Sedangkan dari segi rasa, ia mempunyai rasa pahit.

Namun, rasa pahit tergantung pada kadar saponin yang dikandungnya, ada juga yang berasa manis dan ada yang sangat pahit. Saat buah matang, mereka berubah menjadi merah cerah karena kandungan karoten yang tinggi.

Daun dari tomat pahit (Solanum aethiopicum) dapat dimakan sebagai sayuran, bahkan diketahui daun lebih bergizi ketimbang dari buahnya sediri.

Walau begitu, banyak juga orang yang memanfaatkan keduanya sebagai bahan makanan, daunnya sebagai sayuran konsumsi sedangkan buahnya dibuat saus. 

Di beberapa negara bagian contohnya di Nigeria, orang Igbo memanfaatkan tanaman satu ini sebagai pengganti kolanut, terutama bagi mereka yang tidak ingin mengunyah kolanut.

Kegiatan ini ditujukan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah atau sebelum dimulainya upacara adat tertentu.

Keberadaanya di Indonesia memang masih kurang populer, bahkan kalah dari jeni-jenis tomat umumnya di pasaran. 

Nah, itulah pembahasan mengenai tomat pahit (Solanum aethiopicum) yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah tomat.

Ref : wikipedia

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i