CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa Untuk Obat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa Untuk Obat

gambar tanaman daun sambung nyawa
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Cara mengolah daun sambung nyawa untuk konsumsi. Sambung nyawa, atau biasa di sebut juga dengan daun dewa alias akar sebiak. Merupakan tanaman dengan nama ilmiah Gynura procumbens.

Tanaman sambung nyawa sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah penyakit, contohnya seperti gula darah, asam urat, darah tinggi, demam dan masih banyak lagi.

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman satu ini ialah ada pada daun dan kulit batang. Kedua bagian tersebut sering kali di olah dengan cara di rebus yang kemudian di konsumsi sebagai ramuan.

Cara Mengolah Daun Sambung Nyawa

Daun dewa memang sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, baik itu di konsumsi sebagai makanan alias sayuran hingga sebagai obat herbal.

Sebagai contoh, berikut cara pengolahan yang bisa kamu ketahui.

1. Direbus

Yang pertama dan paling sering dilakukan ialah dengan cara di rebus. 

Berapa lembar daun sambung nyawa direbus?

Banyaknya daun yang digunakan tergantung dari kebutuhan. Namun sebagai takaran, cukup gunakan daun sebanyak 20 sampai 25 gram dan air 3 - 4 gelas (0,7 - 1 ltr) untuk sekali dalam pembuatan.

Daun sambung nyawa di rebus hingga airnya menyisahkan separuh dari awal pemeberian, kemudian dikonsumsi sehari 2 kali pagi dan malam.

Tidak hanya pada daunnya saja, banyak orang juga kerap memanfaatkan kulit bagian batang yang hijau sebagai alternatif. Kamu bisa merebus kulit dengan takaran 50 gram dalam 800 ml air.

2. Dimasak

Selain di konsumsi dengan cara di rebus, daun sambung nyawa juga bisa dimakan langsung sebagai lalapan atau di masak menjadi sayuran.

Tidak ada cara sepesial dalam mengolah daun tanaman satu ini, pengolahan hampir sama dengan mengolah sayur bayam dan sejenisnya.

Bagian daun sambung nyawa yang baik untuk di masak ialah ada pada bagian pucuknya hingga helai daun ke empat.

Kondisi daun tersebut masih mudah dan tentunya tingkat kandungan senyawa masih lebih sedikit.

3. Ditumbuk

Yang ketiga dengan cara di tumbuk. Bukan untuk konsumsi sebagai sayuran atau ramuan herbal, namun cara satu ini digunakan untuk mengobati masalah pada bagian luar tubuh.

Contohnya seperti untuk gatal-gatal, obat luka, mengatasi memar, luka bakar dan beberapa keperluan lainnya.

Daun sambung nyawa di tumbuk, kemudian di beri air dan beberapa campuran rempah herbal lainnya (sesuai kebutuhan). Baru setelah itu di gunakan sebagaimana layaknya menggunakan obat oles.

Nah, itulah beberapa cara mengolah daun sambung nyawa, baik untuk konsumsi hingga obat luar tubuh.

Beberapa khasiat dari mengkonsumsi daun Gynura procumbens yaitu di percaya bisa untuk darah tinggi, asam lambung, rematik, asam urat, diabetes dan masih banyak lagi.

Note : Harap tidak menggunakan tanaman satu ini secara sembarangan, terutama untuk penggunaan dalam tubuh (konsumsi). Penggunaan secara berlebihan dan tanpa dosis pemakaian yang di ketahui justru hanya akan menimbulkan efek samping.

Untuk itu bijak lah dalam menggunakan ramuan herbal yang berasa dari tumbuh-tumbuhan, terlebih lagi jika kamu mengidap riwayat penyakit atau sedang mengkonsumsi obat dokter.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i