CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips Cara Memasak (Mengolah) Pare Agar Tidak Pahit - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Tips Cara Memasak (Mengolah) Pare Agar Tidak Pahit

gambar buah pare segar
Sumber foto : pixabay/VitaminaMov
Healty99 - Pare, mendengar namanya saja sudah terlintas terhadap sayuran panjang dengan rasa pahit yang kuat. Walaupun sebenarnya menyehatkan, namun tidak jarang juga orang yang kurang menyukai makanan satu ini. Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa pahit pare?

Tahukah kamu, penyebab rasa pahit pada buah pare dikarenakan adanya kandungan senyawa quinine yang terbilang tinggi.

Sebenarnya kamu tidak bisa menghilangkan rasa pahit tersebut secara menyeluruh, akan tetapi jika hanya untuk sekedar mengurangi rasa pahit pare, bisa olah dengan beberapa cara.

Penasaran? yuk simak di bawah ini dengan seksama.

Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit

Pada dasarnya rasa pahit pada pare bukanlah hal yang buruk. Mengkonsumsi sesekali makanan dengan kandungan zat quinine justru berdampak baik bagi kesehatan.

Akan tetapi, berkat senyawa quinine juga bisa membuat cita rasa makanan jadi jauh berbeda, yang mana menjadi getir dan pahit.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips mengolah dan cara mengurangi rasa pahit pada pare yang bisa kamu coba.

 1. Memilih ukuran pare

Besar kecilnya pare dapat berpengaruh terhadap rasa pahit yang ditimbulkan. Walau hal ini belum bisa dibuktikan secara benar, namun buah yang lebih muda cenderung memiliki kandungan zat yang lebih pekat.

Mengkonsumsi buah dengan ukuran pas atau sedikit lebih besar, diharapkan agar senyawa pahit yang terkandung agar jauh lebih berkurang. 

Kamu mungkin bisa mencoba sendiri di rumah dengan mengolah pare yang ukuranya sedikit lebih besar namun belum tua.

2. Merendam dengan garam

Tips selanjutnya, cobalah untuk merendamnya dalam larutan garam kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. 

Potong pare seperti biasa, buang bagian dalam lalu rendam dengan larutan garam. Jika sudah, cuci kembali dengan air mengalir beberapa kali.

Garam merupakan mineral yang mampu mengikat air, ini diharapkan bisa membantu meredakan rasa pahit pada pare.

3. Merendam dengan kapur sirih

Penah mencoba meredam sayuran pare menggunakan kapur sirih, jika belum kamu mungkin bisa mencoba sebagai pengalaman.

Walau jarang sekali menggunakan kapur sirih untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, namun kapur sirih kerap dipakai dalam mencuci getah buah pisang mentah dan pelepah keladi untuk megurangi getah dan rasa kelat.

4. Memotong lebih halus

Memotong lebih halus atau tipis tentu dapat berpengaruh terhadap rasa pare. Sayuran yang di potong kecil-kecil tentu akan mudah kehilangan rasanya.

Jadi, cobalah kamu memotong pare setebal 2 atau 3 mili, kemudian rendam menggunakan air garam dan bilas beberapa kali.

Sehingga, secara tidak langsung zat yang terkandung akan lebih mudah memudar karena dipotong tipis-tipis.

5. Memberikan bumbu lebih

Jika kamu ingin masak sayuran satu ini namun tidak suka dengan rasa pahit, mungkin mengolahnya menjadi sambal pare bisa jadi pilihan.

Sambal dari cabai dengan rasa pedas setidaknya dapat mengurangi rasa khas pare sedikit.

Tidak hanya sambal saja, beberapa masakan tradisional Indonesia juga memiliki rasa bumbu yang kuat bisa kamu jadikan alasan untuk mengurangi rasa pahit pada pare.

Nah, itulah beberapa cara mengolah pare agar tidak terasa pahit. Harap untuk tidak memasak terlalu lama (over cook) karena sayuran satu ini mudah kehilangan nutrisi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pare.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i