CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Makan Kaktus Centong Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Makan Kaktus Centong Untuk Kesehatan

gambar kaktus centong
Sumber foto : pixabay/mussejereissati
Healty99 - Bolehkah kaktus dimakan? Dan adakah manfaat kaktus centong? Jawabnya. Ya, dan tentu saja ada sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan. Mengingat kaktus sebenarnya adalah tanaman berduri yang biasa di jadikan hiasan, sehingga banyak orang menganggap hal tersebut tidak lazim untuk dikonsumsi.

Namun sebenarnya kaktus centong sendiri tidak jauh berbeda dengan beberapa sayuran lainnya, mereka bisa diolah dan dikonsumsi menjadi bahan makanan. 

Lantas adakah manfaat dari makan kaktus centong buat kesehatan? 

Manfaat Kaktus Centong 

Tanaman kaktus di ketahui mengandung sejumlah mineral yang diantaranya ada kalsium, magnesium, sodium dan potassium, phosphorus, iron, tanin, flavonoid, magnesium, dan pektin.

Kaktus centong juga menghasilkan buah yang tentu saja bisa dimakan, karena mempunyai rasa yang enak sekaligus kaya nutrisi.

Namun kali ini kita tidak mengulas tentang buahnya, melainkan daripada daun atau batangnya tersebut. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu ketahui.

1. Mengatur gula darah

Menurut sebuah studi penelitian, kaktus centong mempunyai kemampuan dalam mengatur gula darah.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kaktus bisa menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan glikogen pada otot serta hati.

Namun tentunya kamu tidak bisa menjadi alasan bahwa hanya dengan mengkonsumsi tanaman kaktus sebagai obat atau cara utama.

2. Mengandung tinggi serat

Kaktus centong mempunyai kandungan serat yang tinggi, tidak heran banyak juga orang yang mengkonsumsinya sebagai sayuran.

Perlu kamu ketahui, manfaat serat tentunya sangat banyak, antara lain ialah dapat membuat feses lebih lunak sehingga pembuangan menjadi lancar, mencegah gula darah dan mampu mengikat lemak berlebih. 

3. Mengadung sejumlah nutrisi

Seperti sayuran hijau lainnya, kaktus juga tidak kalah jauh dari segi nutrisinya. 

Beberapa nutrisi di antaranya meliputi karbohidrat, protein, serat, dan kalori. Selain itu adapun beberapa vitamin seperti vitamin A, C, K, serta sejumlah kalsium.

Mengkonsumsi kaktus sesekali tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba.

4. Diklaim mencegah kanker

Kaktus diklaim dapat mencegah kanker di karenakan adanya senyawa yang bersifat antioksidan seperti pektin, betalain, polifenol, karoten, asam askorbat, dan asam galat.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas pemicu penyakit berbahaya seperti pembentukan sel kanker dan tumor.

5. Menjadi makanan diet

Kaktus centong bisa menjadi salah satu makanan pendukung kamu saat menjalankan program diet. Kandungan serat yang tinggi, rendah kalori dan protein tentu tidak akan meningkatkan berat badan kamu.

Kaktus juga bisa membuat kamu merasa cepat kenyang, sehingga akan megurangi nafsu makan berlebihan.

Disisi lain, serat yang terkandung di dalamnya ikut andil dalam mengurangi penyerapan lemak jahat kedalam tubuh, sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan kolesterol jahat dan membantu pembakaran lemak.

Nah, itulah beberapa manfaat kaktus centong untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan sehat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i