CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Persamaan & Perbedaan Tanaman Akar Kuning dengan Bajakah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Persamaan & Perbedaan Tanaman Akar Kuning dengan Bajakah

gambar perbedaan kayu bajakah dengan akar kuning

Healty99 - Apa perbedaan tanaman akar kuning dengan bajakah? Pada dasarnya kedua tanaman tersebut sangat mudah di bedakan. Bahkan jika kamu melihatnya secara langsung, tentu pasti sudah tahu.

Akar Kuning

Akar atau batang kuning merupakan tanaman dengan nama ilmiah Arcangelisia flava L. Akar kuning hidup dan tumbuh di hutan lebat serta lembab, batangnya merambat pada dahan atau pohon sekitarnya.

Itulah sebabnya ia termasuk dalam tumbuhan liana, yaitu pertumbuhannya membutuhkan kaitan atau objek lain, tujuanya ialah untuk mendapatkan cahaya matahari. Liana bisa dikatakan tumbuhan yang merambat, memanjat, atau menggantung.

Batang dari tanaman Arcangelisia flava L, saat di potong akan mengeluarkan air dan tentu saja bisa di minum. Baik air dan batang tanaman mempunyai rasa sedikit sepet, tetapi di klaim mempunyai manfaat yang luar biasa.

Tidak heran bahwa akar kuning banyak di cari dan di perjual belikan sebagai obat herbal.

Ciri khas tanaman satu ini ada pada namanya "Kuning", dimana pada bagian batang dalam mempunyai warna kuning terang dengan di lapisi kulit luar abu kecoklatan.

Warna kuning yang khas, sehingga sangat mudah untuk mengidentifikasi secara langsung di hutan.

Kayu Bajakah

Kayu bajakah (Spatholobus Littoralis Hassk) merupakan tumbuhan asli dari Kalimantan Tengah. Namun, bajakah juga bisa di temukan pada beberapa kawasan hutan dalam lainnya dan Sumatera.

Kayu satu ini sudah sejak lama di anggap sebagai obat, terutama oleh suku Dayak setempat. Suku asli kawasan Kalimantan, kerap menggunakan kayu bajakah sebagai obat alami dalam menangulangi berbagai gangguan penyakit.

Bahkan kayu bajakah juga sepat diklaim mampu melawan penyakit kanker dan tumor loh.

Kembali ke pembahasan utama. Kayu bajakah (Spatholobus Littoralis Hassk) mirip dengan akar kuning, lebih tepatnya cara di hidup sebagai liana. Batang tumbuh merambat pada dahan atau objek sekitarnya.

Bajakah juga mempunyai kandungan air yang tinggi. Saat di pangkas, bagian batang yang terpotong akan mengeluarkan air, mempunyai rasa tawar dengan sedikit sepet.

Tanaman bajakan dapat di kenali dengan melihat bagian batang. Saat baru di pangkas, kulit luar mempunyai warna abu-abu kecoklatan namun kulit bagian dalam berwarna kemerahan, merah orange hingga putih-coklat, dan akan berubah menjadi coklat gelap saat kering.

Sedangkan pada bagian batang berwarna putih keruh atau putih kuning, dan akan berubah menjadi lebih gelap saat kering.

Bajakah di konsumsi dengan cara merebus bagian batang kayu, yang kemudian airnya diminum untuk tujuan pengobatan.

Persamaan Bajakan dan Akar Kuning

Bajakan dan Akar Kuning mempunyai kesamaan dalam hal cara tumbuh (tumbuhan liana), dari segi ukuran tidak jauh berbeda dan dapat mencapai sebesar betis orang dewasa.

Sama-sama mengeluarkan air saat bagian batang di pangkas, namun di ketahui akar kuning memiliki jumlah air yang lebih sedikit.

Keduanya kerap kali digunakan sebagai obat tradisional dengan pengolahan yang kurang lebih sama.

Perbedaan Bajakan dan Akar Kuning

Pebedaan dari keduanya dapat dibedakan dengan mudah dari batang, akar kuning memiliki batang bagian dalam berwarna kuning. Sedangkan bajakah memiliki batang bagian dalam berwarna putih-kecoklatan atau coklat pucat.

Dari segi daun juga bisa kamu bedakan, bajakah memiliki daun sedikit lebih ramping dengan warna hijau tua. Berbanding terbalik dengan akar kuning yang berdaun lebar dengan warna hijau muda.

Nah, itulah sedikit persamaan dan perbedaan antara kayu bajakah dan akar kuning.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkati :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i