CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips dan Cara Mengusir Semut Merah Kecil (Semut Api) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Tips dan Cara Mengusir Semut Merah Kecil (Semut Api)

gambar semut merah kecil
Sumber foto : pixabay/631372
Healty99 - Tidak dipungkiri lagi bahwa semut memang hewan yang dapat di temukan dimana saja. Walau ukuranya yang kecil, namun beberapa jenis spesies semut bisa membuat kita kerepotan. 

Contohnya jenis semut merah kecil atau semut api, ukuranya memang kecil namun jika mengigit bisa menyebabkan pembengkakan, gatal dan perih.

Mungkin bagi orang dewasa biasa saja jika tergigit karena sudah terbiasa, namun tidak jika hal tersebut terjadi pada anak-anak. 

Lantas, bagaimana cara mengusir semut merah kecil atau semut api? Tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan.

Cara Mengusir Semut Merah

Semut merah kecil atau semut api umumnya dapat di jumpai di pingiran rumah, tepian dinding, pasir, dibawah batang pohon atau di dekat abu. 

Mereka aka membuat sarang di dalam tanah untuk tempat tinggal. Lubang jalan masuk semut satu ini cukup kecil, jadi harus lebih jeli jika ingin mencari sarangnya.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Siram dengan air biasa

Cara paling mudah yang bisa kamu terapkan ialah, cobalah untuk menyiramnya dengan air terlebih hahulu.

Semut menyukai tempat-tempat yang kering, lembab namun hangat. Itu sebabnya mereka membangun sarang di dalam tanah atau di balik papan dan tumpukan batu.

Semut tidak menyukai air, karena dapat membuat sarang menjadi rusak. Kamu bisa melakukan penyiraman air secara rutin ke sarangnya langsung, dengan begitu semut akan merasa terganggu dan pergi.

2. Siram dengan air cabai

Jika tidak mempan dengan air biasa, cobalah untuk menyiram dengan air cucian cabai. Cabai dapat mengganggu jejak aroma dari semut merah kecil, sehingga mereka akan kesulitan dalam beradaptasi.

Beberapa bahan lain yang bisa kamu manfaatkan dalam mengusir semut ialah air cucian sabun, perasan jeruk nipis, dan ampas kopi basah.

3. Gunakan oli atau minyak goreng

Menggunakan oli bekas (oli kotor) dan minyak goreng dalam mengusir semut bukanlah hal yang buruk.

Oli dan minyak tidak mudah menguap seperti air, sehingga saat meneteskan kelubang semut tidak akan cepat mengering.

Dengan begitu, semut akan merasa terganggu karena sarang mereka basah, dan pada akhirnya pergi.

4. Menggunakan wewangian

Semut tidak suka dengan wewangian, karena bisa mengganggu indra mereka.

Nah, jika kamu sedang mendapati jalur semut yang sering di lalui. Cukup oleskan jalur mereka dengan wewangian, entah itu minyak wangi, parfume, solar, atau minyak tanah.

Gunakan kuas dan potong jalur yang sering di lalui semut, namun tentunya jika mereka pindah jalur kamu harus siap mengolesnya kembali.

5. Tabur bedak bayi

Bedak bayi mempunyai wangi yang cukup kuat, namun tentunya tidak berbahaya bagi manusia atau anak kecil. Cara satu ini bisa kamu gunakan untuk mungsir semut jika ada didalam rumah.

Cukup taburkan bedak bayi pada jalur semut  atau di sarangnya, maka secara tidak langsung semut akan tergganggu.

Nah, itulah beberapa cara mengusir semut merah kecil atau yang di kenal dengan semut api. 

Cara di atas adalah yang termudah dan tentunya tidak membunuh koloni semut secara menyeluruh, melainkan hanya mengusir mereka saja.

Akan tetapi adapun cara lainnya yang bisa kamu terapkan, yaitu menggunakan racun. Cara satu ini bisa dikatakan ini cara jahat dalam mengusir semut.

6. Racun semprot

Kamu bisa menggunakan racun semprot dalam membasi semut merah kecil, ada banyak merek racun semprot serangga yang bisa kamu gunakan.

Namun, penggunaan racum semprot sebaiknya berhati-hati, terlebih lagi saat penggunaanya di dalam rumah dan banyak anak.

7. Racun tetes

Selain di semprot, adapula racun serangga yang berbentuk cairan kental yang penggunaanya di campur dengan beberapa bahan lain.

Racun ini ada banyak di jual di toko tani dengan hargga cukup murah untuk ukuran kecil.

Cara penggunaanya, kamu cukup campur racun dengan tetesan gula cair, kemudian berikan di dekat sarang semut.

Atau kamu bisa campurkan racun dengan remahan roti, jadi ketika semut membawa roti kedalam sarang akan membunuh semua koloni nantinya.

9. Minyak tanah atau solar

Cara mengusir semut merah kecil selanjutnya ialah, cukup siram dengan solar atau minyak tanah langsung ke sarang mereka.

Minyak akan mengendap di dasar sarang dan tentunya semut akan langsung mati atau pindah kesarang baru.

Itulah beberapa cara mengusir semut api yang bisa kamu coba. Baik itu cara jahat ataupun untum mengusir mereka saja.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i