CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Manfaat Rebusan Daun Bayam - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ketahui Manfaat Rebusan Daun Bayam

gambar rebusan daun bayam
Sumber foto : istockphoto
Heaty99 - Adakah manfaat rebusan daun bayam? Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Selain karena banyak dibudidaya untuk keperluan konsumsi, sayuran satu ini juga banyak di incar karena kaya sumber gizi yang baik untuk tubuh.

Setidaknya, terdapat beberapa kandungan pada daun bayam yang diantaranya vitamin A, B kompleks, C, E, magnesium, zat besi, asam folat, kalsium dan kalium.

Dengan mengonsumsi bayam secara teratur tentu bukan tidak mungkin kamu akan mendapatka manfaat yang luar biasa.

Namun, bagaimana jika kita hanya mengkonsumsi air rebusan daun bayam saja? Akankan mendapatkan manfaat yang sama?

Manfaat Rebusan Daun Bayam

Perlu kamu ketahui, mengkonsumsi air rebusan daun bayam saja tentu kamu tidak akan mendapatkan kandungan gizi secara seutuhnya.

Contohnya serat pada bayam hanya ada pada bagian batang dan daunya, sehingga jika kamu hanya meminum air bekas rebusan saja tentu akan kehilangan sejumlah kandungan lain. 

Akan tetapi meminum air rebusan daun bayam sesekai juga bukan lah hal yang buruk, karena masih ada beberapa kandungan gizi dan senyawa dari daun bayam yang ikut larut dalam air.

Untuk itu berikut beberapa manfaat rebusan daun bayam yang bisa diketahui.

1. Mencegah anemia

Rebusan daun bayam setidaknya mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi disatu sisi lainnya sayuran ini juga terdapat kandungan senyawa oksalat yang mampu menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi air rebusan daun bayam dalam  mencegah anemia, ada baiknya sertai dengan konsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.

2. Mencegah peradangan

Bayam adalah salah satu sumber sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi, mengkonsumsinya secara teratur tentu dapat membatu dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan.

Disisi lain, hal tersebut juga mampu mencegah penyakit rheumatoid arthritis. Pada kondisi ini, peradangan merupakan salah satu pemicu munculnya nyeri sendi.

3. Mengembalikan cairan tubuh

Minum rebusan daun bayam diketahui dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, hal ini dikarenakan secara tidak langsung kamu mengkonsumsi sejumlah air yang sangat banyak.

4. Mencegah pengerasan feses

Air telah terbukti kaya akan manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu.

Jika kamu sedang mengalami masalah sembelit, cobalah untuk perbanyak minum air. Termasuk juga dengan meminum air rebusan daun bayam sebagai alternatifnya.

Bukan tanpa sebab, ini karena air berguna untuk melumasi usus dan meningkatkan cairan di dalam saluran pencernaan.

Sehingga akan membuat feses atau kotoran menjadi melunak dan mudah di keluarkan.

5. Mencegah kanker

Beberapa kandungan senyawa pada daun bayam seperti lutein, karotenoid, dan zeaxanthin, diketahui mampu melawan sekaligus menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.

Sehingga, secara tidak langsung akan mengurangi risiko kamu terkena kanker akan berkurang.

Note : Namun perlu ketahui bahwa, meminum rebusan bayam saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Ada bagusnya kamu tetap menjalani pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan mempunyai waktu istirahat yang cukup.

Mengkonsumsi air rebusan daun bayam sebagai sesekali tidak menjadi masalah. Namun lain hal jika kamu mengkonsumsi secara berlebihan atau berkepanjangan.

Meminum rebusan bayam secara berlebihan justru hanya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan, terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit atau sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar bayam.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i