CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Tomat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Sakit Perut Setelah Makan Tomat

gambar orang lagi makan tomat
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang kaya manfaat bagi tubuh, tidak heran ada banyak orang yang mengkonsumsi hanya untuk mendapatkan beragam nutrisi yang terkandung.

Akan tetapi, alih-alih ingin mendapatkan khasiat dari tomat tersebut, sebagian orang malah mengalami gejala sakit perut. Atau bahkan kamu sendiri pernah mengalami sakit perut setelah makan buah tomat.

Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Untuk itu berikut beberapa penyebab kamu mengalami sakit perut, kram, atau nyeri saat sesudah makan tomat.

1. Kurang kebersihan

Kurangnya kebersihan saat mengkonsumsi makanan menjadi penyebab utama seseorang bisa mengalami sakit perut.

Buah tomat yang baru di petik, di simpan dan di letakan pada banyak tempat tentu sangat mudah terkontaminasi beberapa kuman dan bakteri. 

Contoh seperti bakteri Escherichia coli (E.coli), Campylobacter, Listeria dan sebagainya.

Selain itu tomat yang berasal dari kebun juga bisa saja sudah terkontaminasi pestisida atau obat kimia lainnya.

Untuk itu sangat penting mencuci buah segar menggunakan sabun saat sebelum mencoba.

2. Buah mulai membusuk

Buah merupakan bahan makanan yang sangat mudah sekali mengalami membusuk, termasuk juga tomat dan sayuran lainnya karena mudah di urai oleh mikro organisme.

Tomat yang sudah mulai berubah warna menjadi lebih gelap, lembut dan mempunyai rasa kecut lebih kuat menandakan hal tersebut sudah mulai membusuk.

Mengkonsumsi sudah dalam kondisi setegah membusuk tentu dapat meningkatkan resiko kamu mengalami sakit perut, diare, mual hingga kram.

3. Mencampur dengan bahan makanan lain

Mencampur banyak makanan menjadi satu kerap kali di lakukan oleh banyak orang, hal ini di tujukan agar menikmati dua atau lebih rasa makanan di dalam mulut.

Namun, banyaknya jenis makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat usus dan sistem pencernaan lainnya sulit untuk mencerna. 

Beberapa orang mungkin saja akan mengalami sakit perut karena reaksi dari makanan yang tercampur enzime pencernaan.

Untuk itu, hidari mencampur buah tomat dengan makanan atau minuman lainnya yang tidak lazim. Contoh seperti kue, makanan manis dan beberapa minuman seperti kopi, teh atau beralkohol.

4. Makanan pedas

Penyebab sakit perut satu ini masih ada hubungan dengan nomor 3 diatas, yaitu mencampur berbagai jenis makanan. 

Makan-makanan pedas seperti cabai, sambal masak, santan dan sebagainya bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan lambung. Ini akan membuat reaksi panas, sakit perut atau bahkan nyeri.

Jika gejala masih belum terasa, namun kamu tambah dengan mengkonsumsi buah yang memiliki asam, tentu hal tersebut akan membuat bertambah parah.

Terlebih lagi buah tomat yang kamu makan masih dalam kondisi mentah atau baru di petik.

5. Kondisi perut kosong

Tomat merupakan buah yang mengandung senyawa asam organik dan air yang tinggi, walau rasa asam buah tidak terlalu tinggi namun bisa saja beberapa orang mengalami kontraksi pada pencernaannya. 

Disisi lain, jika kamu mengkonsumsi buah tomat dalam jumlah yang cukup banyak dan sedang dalam kondisi perut yang kosong, hal tersebut bukan tidak mungkin akan membuat kamu merasakan sakit perut.

Untuk itu, cobalah makanan-makanan berat terlebih dahulu sebelum mengemil buah tomat secara langsung. Ini bertujuan agar perut kamu terbiasa dan tidak mengalami reaksi yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit perut setelah makan tomat

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah satu ini.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i