CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Adakah Khasiat Akar Alang-Alang Untuk Obat Kuat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Adakah Khasiat Akar Alang-Alang Untuk Obat Kuat

gambar tanaman ilalang alang alang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Alang-alang atau ilalang merupakan tumbuhan liar yang banyak di sekitar kita. Walau di anggap sebagai gulma, namun tumbuhan satu ini juga sering di cari dan digunakan sebagai obat herbal tradisional.

Akar tanaman satu ini dikonsumsi dalam bentuk rebusan untuk mengatasi permasalahan seperti darah tinggi, demam, gangguan saluran kencing, panas dalam serta masalah pencernaan.

Lantas, adakah manfaat ilalang untuk pria? Mengingat ada banyak tersebar informasi bahwa khasiat akar alang-alang bisa juga untuk obat kuat.

Alang-Alang Untuk Obat Kuat

Perlu kamu ketahui, tanaman ilalang mempunyai kandungan senyawa antara lain berupa sakharosa, citric acid, malic acid, simiarenol, damar, logam alkali, cylindrin, manitol, glukosa, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, dan asam kersik.

Jika kamu mengkonsumsi rebusan akar tanaman alang-alang maka ia akan sedikit terasa manis dan sejuk.

Sebenarnya, khasiat akar alang-alang untuk obat kuat atau sebagai penambah stamina kurang tepat. Karena beberapa senyawa yang terkandung tidak menunjukan demikan.

Jika kamu memaksakan untuk mengkonsumsi dalam bentuk rebusan, maka tentu saja manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dan bukan sebagai obat kuat.

Tanaman ilalang jadi obat kuat di campur bahan lain

Seperti yang telah di sebutkan, tanaman liar satu ini sebenarnya tidak ada pengaruhnya seperti obat kuat yang kamu harapkan. Namun lain hal jika menambahkan beberapa campuran bahan lain.

Contohnya kamu menambahkan madu pada rebusan akar alang-alang, telur ayam kampung, gingseng, tanaman pasak bumi, jamu kuat atau beberapa suplemen stamina lainnya.

Sehingga bukan tidak mungkin efek yang di dapat sama halnya dengan meminum obat kuat yang beredar dan bukan karena akar ilalang itu sendiri.

Namun buat kamu yang penasaran tidak ada salahnya untuk mencoba, itung-itung ada juga manfaatnya dari segi kesehatan. 

Note: Walau pada dasarnya tanaman liar ilalang mempunyai manfaat baik bagi kesehatan, harap untuk tidak menggunakan secara berlebihan atau dalam jangka panjang.

Penggunaan secara berlebihan tanpa adanya dosis pemakaian yang tepat justru hanya akan menimbulkan efek samping atau bahaya dikemudian hari. 

Terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit atau sedang mengkonsumsi obat-obatan dokter. Maka dari itu bijaklah dalam penggunaan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal dan alang-alang.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i