CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Beberapa Manfaat Akar Alang-Alang untuk Pria - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ketahui Beberapa Manfaat Akar Alang-Alang untuk Pria

gambar ulat api berbahaya
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Alang-alang alias ilalang merupakan tumbuhan liar yang keberadaanya bagi sebagian orang tidak diharapkan. Ini karena tanaman ilalang membuat semak, menutupi lahan dan menjadi sarang beberapa hewan liar.

Walau begitu, ada pula yang memanfaatkanya baik itu sebagai obat herbal ataupun kerajinan tangan.

Manfaat akar alang-alang untuk pria pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan secara umum. Namun buat kamu yang penasaran, berikut beberapa diantaranya.

Manfaat Akar Alang-Alang untuk Pria

gambar tanaman ilalang alang-alang
Sumber foto : istockphoto

1. Meredakan panas dalam

Penggunaan akar alang-alang untuk mengatasi panas dalam sudah cukup populer, bahkan khasiatnya bisa dikatakan manjur.

Dibeberapa daerah di Indonesia, masih ada beberapa masyarakat menggunakan tumbuhan liar satu ini sebagai cara alternatif atau alami untuk meredakan panas dalam. 

Disisi lain tidak hanya pada panas dalam saja, permasalahan seperti sariawan, gusi peradangan dan demam juga bisa diobati.

2. Melancarkan buang air kecil

Manfaat akar alang-alang untuk pria selanjutnya ialah bisa membantu melancarkan buang air kecil.

Caranya, cukup rebus akar ilalang yang kemudian dikonsumsi sehari dua kali saat pagi dan sore.

3. Membantu meredakan asma

Nah, buat kamu para pria yang sering kali mengalami gangguan pernapasan seperti sesak nafas dan gejala asma, cobalah untuk mengkonsumsi rebusan akar ilalang.

Akar alang-alang diklaim mampu meredakan sekaligus melancarkan saluran pernapasan dengan cara menghentikan peradangan dan pembengkakan.

4. Membantu sistem metabolisme

Mengkonsumsi air rebusan ilalang secara rutin dan teratur diketahui dapat meningkatkan cairan metabolisme di dalam tubuh.

Hal tersebut didasari dengan banyaknya menkonsumsi air saat meminum ramuan akar ilalang yang merupakan asupan mineral penting untuk tubuh.

Dalam hal ini sama saja kamu dengan mengkonsumsi air mineral perhari, namun dengan adanya kandungan manfaat dari akar alang-alang tersebut. 

Akan tetapi tidak diajurkan untuk mengkonsumsinya setiap hari atau berkepanjangan, terutama buat kamu yang mempunyai gangguan kesehatan.

5. Mengatasi kencing manis

Dikutip dari hallosehat kencing manis merupakan penyakit yang terjadi karena lemak, hati, dan sel-sel otot di tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Kondisi ini biasa disebut dengan resistensi insulin.

Akibat dari esistensi insulin sehingga sel-sel di dalam tubuh tidak dapat menerima gula atau glukosa didalam darah untuk di ubah menjadi energi.

Nah, ketahui senyawa yang terkandung di dalam akar ilalang diklaim dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah loh, sehingga hal ini memungkinkan bisa mencegah resiko terkena diabetes dan kencing manis.

6. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi rebusan dari akar alang-alang secara rutin di ketahui dapat menurunkan gejala hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Hal tersebut di ketahui dengan terdapatnya senyawa aktif yang terkandung pada akar tanaman yang bekerja dengan melunturkan penumpukan lemak kolesterol di dalam pembuluh darah.

Sehingga dampaknya akan membuat kecil kemungkinan seseorang untuk terjadi masalah penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan hipertensi.

Nah, itulah beberapa manfaat akar alang-alang untuk pria yang bisa kamu ketahui.

Note : Mengkonsumsi akar tanaman satu ini pada dasarnya adalah sah-sah saja, kamu bisa memanfaatkanya sebagai salah satu pengobatan secara alami.

Akan tetapi, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dan bahkan berkepanjangan.

Mengkonsumsi secara berlebihan hingga secara terus menerus justru hanya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan, terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat gangguan penyakit atau sedang dalam pengobatan.

Untuk itu bijak lah dalam penggunaan, atau jika kamu ragu dapat mempertanyakan ke dokter kepercayaan kamu terlebih dahulu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i