CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penanganan dan Obat Terkena Ulat Api - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Penanganan dan Obat Terkena Ulat Api

gambar ulat api kelapa sawit berbahaya
Sumber foto : pixabay/bugativeyron406
Healty99 - Obat terkena ulat api. Ulat api merupakan larva dari ordo Lepidoptera, alias serangga dari jenis kupu-kupu atau ngengat. Hewan satu ini pada dasarnya merupakan hama terbesar dari tanaman sawit, namun tidak jarang juga dapat di temukan pada tanaman lain.

Walau beberapa spesies terlihat cantik dan lucu, namun umumnya ulat api dilengkapi dengan bulu-bulu halus serta racun yang menyakitkan.

Ini karena bulu pada ulat api cukup kuat untuk menembus lapisan kulit manusia sekaligus menyuntikan racun. 

Jenis racun pada ulat api sebenarnya merupakan senyawa histamin, akan tetapi senyawa tersebut mampu memicu peradangan, panas, kemerahan, nyeri, gatal dan rasa perih tak tertahankan.

Obat Terkena Ulat Api

Memang menyakitkan, namun sensasi terbakar akibat terkena ulat satu ini dapat mereda dengan sendirinya. Meski hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Disisi lain, jika kamu tidak tahan terhadap sengatanya, adapun beberapa penawar racun dari ulat api yang bisa kamu gunakan.

Setidaknya, penawar tersebut harus lah bersifat basa atau bahan yang mengandung senyawa antihistamin.

1. Sabun

Sabun dapat kamu jadikan cara sekaligus penawar saat terkena sengatan ulat api pada kuit, ini karena beberapa sabun ada yang bersifat basa.

Cara menggunakanya cukup bersikan area yang terkena dengan sabun dan air mengalir, usap sedikit lebih lama pada bagian kulit yang memerah atau meradang.

Jenis sabun yang bisa kamu gunakan sebagai obat ulat api ialah sabun mandi, sabun cuci piring, dan detergen.

2. Obat maag

Tahukah kamu obat maag atau jenis obat nyeri lambung seperti antasid dapat kamu pakai dalam meredakan nyeri akibat terkena sengatan ulat api.

Ini karena obat maag memiliki zat aktif dengan campuran dari magnesium hidroksida dan aluminium hidroksida yang merupakan basa lemah.

Bukan untuk di minum, namun melainkan di pakai dengan cara di oles. Caranya, cukup hancurkan obat maag dan beri sedikit air, lalu oleskan secara merata pada bagian kulit yang terkena ulat api.

3. Soda kue

Baking soda atau soda kue merupakan bahan yang sering kali digunakan dalam pembuatan kue atau biskuit.

Material satu ini dikenal sebagai natrium bikarbonat yang aslinya berbentuk bubuk kristal putih dan secara alami bersifat basa.

Kamu bisa memanfaatkan soda kue sebagai pasta untuk meredakan sengatan ulat api.

Caranya, cukup ambil 1/2 sdt soda kue, beri sedikit air, aduk dan oleskan merata pada baigan kulit yang terasa panas atau perih.

4. Larutan pembersih lantai

Umumnya larutan pembersih lantai sama halnya dengan sabun atau detergen, material campuranya ialah ammonium hidroksida yang bersifat basa.

Kamu bisa menjadikanya sebagai obat penawar terkena ulat api. Namun cara satu ini sebaiknya di hindari, karena beberapa orang mungkin ada yang alergi terhadap larutan pembersih lantai.

5. Sabun mandi bayi

Tidak hanya sabun mandi orang dewasa, sabun mandi bayi juga bisa kamu gunakan untuk meredakan sensasi terbakar, panas, gatal dan kemerahan pada kulit akibat terkena ulat.

Ini karena sabun mandi bayi di desain untuk mencegah alergi, gatal-gatal, iritasi, pembengkakan dan meradang.

Jika di dekat kamu ada sabun mandi bayi, cukup balurkan secara merata pada kulit.

6. Alkohol

Alkohol merupakan cairan yang sering digunakan untuk keperluan antiseptik, cairan satu ini juga bisa kamu jadikan untuk pembersih kulit dari bulu ulat yang menempel.

Caranya, siapkan tisu, basahkan tisu menggunakan alkohol lalu usap searah pada bagian kulit yang terkena sengatan ulat api. 

Lalukan beberapa kali, lalu basuh bagian kulit yang terkena dengan alkohol secara merata.

Alkohol di klaim mampu membersihkan bulu dari ulat yang masih melekat pada kulit sekaligus mencegah timbulnya iritasi dan pembengkakan.

Obat Alami Terkena Ulat Api

Selain menggunakan cara di atas, adapun cara alami yang bisa kamu gunakan. Salah satunya ialah memanfaatkan beberapa jenis tanaman tertentu. Berikut tanaman yang sering digunakan.

7. Jalantir

gambar tanaman jalantir obat ulat bulu
Sumber foto : weeds.brisbane.qld.gov.au
Jelantir, ini merupakan tumbuhan liar yang sering di anggap gulma. Umumnya ia dapat di temukan di sembarang tempat, termasuk itu di kebun, semak, perkarangan rumah dan kawasan persawahan.

Walau pada dasarnya di anggap tanaman gulma, namun jelantir (Conyza sumatrensis) atau biasa di kenal juga dengan situduh langit kerap di cari untuk mengatasi sengatan ulat api di kulit.

Kandungan senyawa yang ada pada tanaman di yakini mampu meredakan rasa panas, terbakar, bengkak dan gatal akibat terkena ulat.

Cara menggunakanya juga cukup sederhana. Tinggal tumbuk daun jelantir hingga halus, diberi sedikit air lalu oleskan secara merata pada bagian kulit.

Setelah terasa mendingan, segera cuci dengan air mengalir.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sekaligus obat terkena ulat api yang bisa kamu gunakan.

Tips Saat Terkena Ulat

  1. Saat bagian tubuh (kulit) terkena ulat dan terasa sensasi gatal, panas atau sebagainya, harap untuk tidak menggaruk maupun mengusap bagian tersebut. Mengusap hanya akan membuat bulu dari ulat menyebar lebih luas dan masuk lebih dalam.
  2. Saat membersihkan bagian kulit yang terkena sengatan ulat, usahakan usap searah. Ini bertujuan agar bulu dari ulat tersapu bersih.
  3. Jika kamu merasa tidak nyaman atau sengatan ulat api terasa sangat menyakitkan, maka kamu bisa langsung mengunjungi dokter untuk memberi penanganan. Biasanya dokter akan memberi beberapa jenis obat dengan kandungan antihistamin.
Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i