CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Anggrek, Beserta Gambar dan Cirinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Jenis Anggrek, Beserta Gambar dan Cirinya

gambar tanaman anggrek warna kuning bergaris coklat
Sumber foto : pixabay/suresh7076
Healty99 - Anggrek merupakan spesies tanaman hias yang sangat unik dan menarik. Setidaknya terdapat sekitar 750 family yang teridentifikasi, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida yang tersebar diseluruh dunia.

Sedangkan di negeri tercinta kita, sekurangnya terdapat 5.000 spesies anggrek di Indonesia.

Anggrek dikatakan unik karena beberapa spesiesnya dapat hidup di dataran rendah, hutan rimba yang panas, dataran tinggi, gurun yang kering, hutan lembab dan di pegunungan bersalju.

Anggrek juga bisa hidup di bebatuan, mengantung di batang pohon, melekat di batang kayu dan di permukaan tanah seperti layaknya tanaman hias pada umumnya.

Nah, buat kamu yang penasaran. Langsung saja, berikut beberapa jenis anggrek yang populer berserta gambar dan ciri-cirinya.

Jenis Jenis Anggrek dan Gambar

1. Anggrek dendrobium

gambar anggrek dendrobium
Sumber foto : pixabaypariketan
Dendrobium merupakan salah satu marga atau genus anggrek epifit yang biasa dipelihara sebagai tanaman hias.

Ini karena ia mempunyai bunga yang sangat bervariasi sekaligus indah. Dendrobium termasuk relatif mudah dirawat, terutama sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Ciri khas dendrobium ialah terdiri dari kelompok bunga bulat yang terbagi atas dua macam dengan bunga bulat menutup dan bunga menumpuk.

Sedangkan pada bagian kelompok bunga berbentuk tanduk, mempunyai mahkota bunga tegak, lurus melintir menyerupai tanduk rusa.

2. Anggrek tebu

gambar anggrek tebu macan Grammatophyllum speciosum
Sumber foto : istockphoto
Grammatophyllum speciosum atau di sapa juga dengan nama anggrek tebu, A. harimau, atau ratu anggrek. 

Jenis satu ini diketahui adalah spesies terbesar dari tanaman anggrek lainnya yang di kenal.

Ia mempunyai ciri fisik yang sangat mencolok, salah satunya ialah mampu tumbuh setinggi 3 meter, mempunyai warna bunga kecoklatan dengan corak (pola) bintik-bintik layaknya macan.

3. Anggrek zamrud

gambar anggrek zamrud Dendrobium macrophyllum
Sumber foto : istockphoto
Masih dengan marga dendrobium, dimana dengan nama ilmiah Dendrobium macrophyllum.

Jenis anggrek satu ini diketahui spesies tanaman hias yang berasal dari Papua Nugini, Indonesia, Filipina dan beberapa pulau di kawasan Pasifik barat seperti Kaledonia Baru, Samo, Pulau Solomon, Fiji, dan Pulau Caroline.

Anggrek zamrud memiliki ciri-ciri fisik garis-garis berwarna coklat pada bagian bunga dengan dasar kuning keruh (adapula hijau kekuningan).

4. Anggrek bulan bintang

gambar anggrek bulan bintang Paraphalaenopsis denevei
Sumber foto : flickr/Eric Hunt
Ini adalah jenis tanaman anggrek yang cukup langka, banyak orang mencarinya termasuk dari para kolektor tanaman hias atau untuk membudidayakannya agar lebih banyak.

Anggrek bulan bintang mempunyai bentuk yang sangat unik sekaligus menarik. Ia mempunyai ciri khas kelopak bunga berjumlah lima seperti bintang.

Sedangkan untuk bagian tengahnya berbentuk bulat seperti bulan.

5. Anggrek kebutan

Ascocentrum miniatum gambar anggrek kebutan
Sumber foto : istockphoto
Anggrek kebutan merupakan spesies yang ditemukan di kawasan Assam, Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatra. Di Indonesia tanaman hias satu ini termasuk yang dilindungi.

Ciri khas anggrek kebutan ialah ia mempunyai kelopak bunga dengan warna oranye cerah.

Sedangkan untuk bagian bunga anggrek kebuatan memiliki ukuran lebih kecil namun tersusun dalam jumlah banyak atau bergerombol.

6. Anggrek violet

gambar anggrek violet Phalaenopsis violacea
Sumber foto : istockphoto
Sesuai naman "violet" yang mana ia mempunyai ciri khas daun berwarna antara nila dan ungu. 

Hal inilah yang membuatnya terlihat menarik, sehingga akan sangat cantik jika di jadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Tanaman dengan nama ilmiah Phalaenopsis violacea ini juga memiliki postur daun elip, agak bergelombang, dan menyempit di bagian bawah.

Anggrek violet diketahui mampu mengeluarkan aroma yang harum dan khas, terutama saat mekar.

7. Anggrek bulan

gambar anggrek bulan Phalaenopsis amabilis
Sumber foto : pixabay/ignartonosbg
Phalaenopsis amabilis atau di kenal dengan anggrek bulan alias puspa pesona, merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Jenis anggrek satu ini mempunyai ciri-ciri khas yaitu kelopak bunganya berwarna putih, dan pada bagian tengah terdapat bentuk seperti mahkota berwarna kuning.

Walau warna aslinya putih, namun adapula jenis varietas lainnya yang lebih berwarna, salah satunya ialah pink dan ungu.

8. Anggrek cattleya

gambar anggrek cattleya
Sumber foto : pixabay/gsibergerin
Cattleya merupakan salah satu genus dari 42 spesies jenis anggrek yang berasal dari Kosta Rika sampai bagian Tropis Amerika Selatan.

Tanaman satu ini juga diketahui termasuk dalam anggota marga anggrek epifit yang mempunyai bentuk menarik.

Secara morfologi, ciri khas tanaman anggrek cattleya memiliki ukuran bunga lebih besar jika dibandingan dengan jenis anggrek pada umumnya.

Dalam satu tangkai biasanya terdiri dari petal atau kelopak, colum, sepal, dan labellum yang bergabung menjadi satu bagian bunga.

9. Anggrek monyet

gambar anggrek monyet Dracula simia
Sumber foto : istockphoto
Anggrek monyet (Dracula simia), sesuai namanya ia mempunyai ciri khas bentuk yang sangat unik. Keunikan ada pada bunganya yang sangat mirip dengan wajah monyet.

Jenis anggrek satu ini memiliki beberapa varian, namun yang pasti kebanyakan bentuk bunganya menyerupai wajah monyet.

10. Anggrek hartinah

gambar anggrek hartinah
Ilustrasi gambar anggrek hartinah
Anggrek hartinah, ini adalah tanaman dengan nama yang diambil dari nama istri presiden kedua Indonesia, yaitu Tien Soeharto.

Nama tersebut digunakan sebagai bentuk penghargaan sekaligus mengenang tanda jasa pada Ibu Tien dalam dunia peranggrekan tanah air.

Anggrek hartinah mempunyai ciri khas dengan bentuk daun pita berujung meruncing dengan panjang 50-60 cm. Sedangkan untuk bunganya berbentuk bintang bertekstur tebal. 

Pada bagian kelopak dan daun mahkotanya mempunyai ukuran yang hampir sama besar, dan pada bagian permukaan atasnya berwarna kuning kehijauan.

11. Anggrek hantu

gambar anggrek hantu
Sumber foto : Istockphoto Ghost Orchid
Anggrek hantu ini adalah jenis tanaman anggrek yang unik dan hanya tumbuh di tempat tersembunyi seperti hutan dalam yang padat.

Tidak seperti kebanyakan jenis anggrek pada umumnya yang memiliki daun, tanaman satu ini hanya memiliki akar, tangkai bunga dan bunga.

Bentuk bunganya pun sangat unik yaitu berbentuk seperti kodok, sehingga ia terkadang dikenal juga dengan anggrek katak putih atau kupu-kupu putih.

Nah, itulah beberapa jenis anggrek yang populer beserta ciri-ciri dan gambarnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i