CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Rambutan yang Dapat Kamu Temukan di Indonesia - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Jenis Rambutan yang Dapat Kamu Temukan di Indonesia

gambar jenis rambutan di pohon sedang matang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Jenis rambutan yang dapat kamu temukan di Indonesia. Yap, rambutan merupakan buah musiman yang sangat populer. Bahkan saat panen tiba kamu bisa menemukan di sepanjang jalan tertentu.

Di Indonesia buah rambutan terdapat beberapa jenis, mulai dari bercita rasa manis, mudah mengelupas, berair hingga adapula yang rasanya asam.

Nah, daripada penasaran berikut beberapa jenis buah rambutan yang bisa kamu jumpai.

Jenis Rambutan di Indonesia

gambar rambutan di kupas warna merah manis
Sumber foto : istockphoto
Perlu kamu ketahui, mengkonsumsi buah dengan ciri khas berambut satu ini ternyata baik untuk kesehatan loh. Ini karena ada banyak kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan mulai dari mineral dan vitamin.

Namun disatu sisi ada pula mitos yang mengatakan bahwa buah rambutan bisa menyebabkan batuk.

1. Rambutan Binjai

Siapa yang tidak tahu dengan rambutan Binjai. Yap, jenis binjai merupakan varietas unggulan dari tanaman rambutan.

Binjai memiliki khas rasa yang sangat manis, berdaging tebal, renyah dan sangat mudah dipisahkan atau mengelupas dari bijinya.

Ukuran jenis binjai juga relatif besar. Selain itu, apabila sudah sudah dalam kondisi matang sempurna kulit buah akan berbuah warna menjadi merah hingga merah tua.

2. Rambutan rapiah

Rambutan rapiah cukup unik, bagaimana tidak. Jika rambutan pada umumnya di petik saat sudah matang dengan kulit berwarna merah atau kuning, jenis rambutan rapiah justru sudah bisa dipanen saat kulitnya masih berwarna hijau loh.

Jenis rapiah tidak perlu menunggu buah berubah warna menjadi kemerahan, cukup tunggu hingga tua kamu dapat memetiknya walau masih hijau.

Untuk rasa tentu saja rapiah sangat manis dan daging buahnya sangat mudah dipisahkan dari bijinya. Namun sayang dari segi ukuran ia cukup kecil, yaitu hanya sebesar jempol kaki orang dewasa.

3. Rambutan si nyonya

Berikutnya ada jenis rambutan si nyonya. Varietas satu ini kurang di gemari dan memang kurang populer.

Ini disebabkan karena rasa buahnya yang lebih ke asam, di satu sisi daging buahnya juga cukup sulit dilepaskan (lengket) dari biji, serta memiliki banyak air. 

Karena hal tersebutlah jenis si nyonya sulit dimakan. Walau kurang populer namun keberadaanya cukup tersebar merata di Indonesia.

4. Rambutan narmada

Narmada, ini adalah penyebutan untuk salah satu rambutan unggulan yang diketahui berasal dari Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya dari Lombok.

Apa sih istimewanya? Narmada mirip dengan binjai, terutama dari segi rasa yaitu manis, kenyal dan gampang di pisahkan dari biji.

Hanya saja narmada memiliki warna tidak seterang binjai dan lebih ke warna merah kekuning-kuningan.

5. Rambutan kapulasan

Ini adalah jenis buah rambutan yang tidak mempunyai rambut keriting seperti kebanyakan pada umumnya. Bentukla lebih ke bulat dengan ukuran sebesar jempol kaki dan kulit rambut yang tebal.

Meskipun terlihat gundul, rasa kapulasan sangat manis dengan daging buah yang kenyal dan sangat mudah dipisahkan dari bijinya.

Saat dalam kondisi matang sempurna, kulit buah akan berubah warna menjadi merah tua. Kamu tidak akan merasa puas dengan hanya mecicipi 2 atau 3 butir saja.

6. Rambutan garuda

Salah satu varietas rambutan yang berkualitas, dengan rasa manis, daging buah tebal, dan ukuran relatif besar. 

Jenis rambutan garuda diketahui merupakan hasil alam daerah sungai Andai, Kalimantan Selatan.

7. Rambutan si batuk ganal

Masih dengan dareah sungai Andai, Kalminantan Selatan dimana merupakan tempat yang memang memiliki beberapa jenis rambutan unggulan, salah satunya ialah si batuk ganal.

Ciri khas jenis rambutan satu ini yaitu mempunyai warna kulit merah kekuningan jika sudah matang sempurna.

Dagingnya mengandung air cukup tinggi, namun gampang dipisahkan dari biji sama seperti jenis binjai. Sedangkan untuk rasa sangat manis dan tekstur daging yang lembut.

8. Rambutan lebak bulus

Berikutnya ada rambutan lebak bulus. Berasal dari daerah Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta, ini adalah jenis buah rambutan yang sangat cocok diolah menjadi aneka makanan.

Ciri khas saat sudah matang yakni kulitnya akan berubah warna menjadi jingga dengan ujung rambut yang hijau kekuningan.

Sedangkan rasa buahnya cukup segar, manis namun dengan sedikit cipratan rasa asam.

9. Rambutan antalagi

Antalagi merupakan termasuk rambutan dengan varietas golongan terbaik, ini karena cita rasa buah yang sangat manis dan mempunyai aroma khas yang kuat.

Bentuk buah sedikit lonjong dan pipih, ia juga mempunyai kulit dengan sedikit rambut, pendek, serta jika sudah matang maka warna akan berubah menjadi hijau kekuningan atau jingga.

Jenis satu ini diketahui berasal dari Kalimantan Barat, lebih tepatnya ada di daerah sungai Andai.

10. Rambutan brahrang

Rambutan brahrang memiliki ciri khas rambut yang sedikit agak tebal.

Saat buah dalam kondisi matang, warna kulitnya akan menjadi jingga kemerah-merahan, dan untuk warna dagingnya agak sedikit kuning pucat, berair serta mempunyai rasa yang sangat manis.

Bahrang merupakan tanaman yang berasal dari daerah Langkat, Sumatra Utara.

11. Rambutan si bongkok

Rambutan si bongkok memiliki bentuk yang cukup besar, sedikit lonjong, kulit hijau kekuning-kuningan dan tekstur rambut yang halus dengan warna kemerahan.

Sedangkan untuk daging buahnya cukup kenyal, lembut, manis dan mudah di pisahkan dari biji.

Sibongkok termasuk dalam jenis varietas salah satu rambutan unggulan dari Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Sungai Luhut.

12. Rambutan cimacan

Ada yang tahu dengan cimacan? Ini merupakan jenis rambutan yang berasal dari Jawa Barat, lebih tepatnya ada pada kawasan Cianjur.

Cimacan cukup populer di kalangan pecinta buah-buahan, ini karena daging buahnya terasa lembut, tidak terlalu banyak air dan mempunyai kulit serta rambut yang tipis.

Namun sayangnya jenis cimacan kurang diminati, lantaran cepat sekali masak sehingga mudah mengalami busuk sebelum laku di jual.

Nah, itulah beberapa jenis rambutan yang dapat kamu temukan di Indonesia.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal-hal menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i