CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Sejumlah Manfaat dari Rebusan Daun Sirih untuk Mandi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Sejumlah Manfaat dari Rebusan Daun Sirih untuk Mandi

gambar daun sirih lebar
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Manfaat rebusan daun sirih untuk mandi sudah dilakukan sejak lama oleh beberapa masyarakat Indonesia. Khasiat dari tanaman yang luar biasa memungkinkan dapat dijadikan salah satu pengobatan secara alami.

Menurut beberapa penelitian, tanaman dengan nama ilmiah Piper betle ini memiliki sejumlah kandungan berupa protein, iodin, fenol, tanin, saponin, polifenolat, sodium, vitamin A, B1, B2, asam nikotinat, flavonoid, dan tentu saja minyak esensial.

Di sisi lain, adapun aktivitas senyawa yang bersifat antibakteri, antiradang, antiinflamasi, antijamur dan tentu saja antioksidan bagi tubuh.

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Mandi

Banyaknya kandungan senyawa pada tanaman, tidak heran sirih kerap digunakan sebagai obat dalam mengatasi mimisan, gatal-gatal, luka bakar, sakit gigi, gangguan pencernaan dan lain-lain.

Sirih juga sering diolah dengan cara di rebus untuk mendapatkan khasiatnya, contohnya seperti mengatasi permasalahan :

1. Bau badan

Bau badan, ini adalah masalah yang sering terjadi oleh sebagian orang, bahkan terkadang sudah mandi beberapa kali bau badan masih terasa menyengat.

Walau ada banyak penyebab bau badan timbul seperti karena makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Namun, adapun beberapa faktor lain yaitu karena pertumbuhan bakteri dan jamur pada permukaan kulit tubuh.

Nah, buat kamu yang mempunyai permasalahan bau badan berlebih, cobalah terlebih dahulu memanfaatkan daun sirih sebagai cara alami dalam mengatasinya.

Sirih memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga memungkinkan bisa mengurangi permasalahan bau badan karena infeksi bakteri dan jamur pada kulit.

2. Mengatasi gatal-gatal

Selain mengatasi masalah bau badan, manfaat rebusan daun sirih untuk mandi juga bisa sekalian mengatasi rasa gatal di kulit.

Baik itu rasa gatal karena alergi, iritasi, gigitan serangga atau karena infeksi bakteri dan jamur bisa kamu bantu kurangi dengan mandi mengguanan air rebusan sirih.

3. Mengurangi infeksi jamur pada kulit

Beberapa infeksi jamur pada permukaan kulit seperti panu, kutu air dan kurap, sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang alami.

Salah satunya ialah memanfaatkan tanaman sirih, baik itu digunakan secara langsung atau dipakai saat mandi juga bisa.

4. Mengatasi peradangan

Sirih memiliki kandungan senyawa yang bersifat antiradang dan antiinflamasi, dalam hal ini tentu saja sirih mempunyai kemampuan dalam mengatasi beberapa peradangan pada tubuh.

Salah satu contohnya ialah peradangan pada kulit, memar, bengkak, bernanah, infeksi luka dan sebagainya.

5. Mengurangi jerawat dan bisul

Penyebab utama bisul dan jerawat adalah bakteri Staphylococcus aureus, jenis bakteri ini umumnya berada pada permukaan kulit atau di dalam hidung manusia.

Oleh karenanya kamu bisa mencegah timbulnya infeksi yang menyebabkan bisul dan jerawat dengan mandi rebusan daun sirih.

Pasalnya sirih memiliki aktivitas antibakteri, antimikroba, dan antiradang yang dapat membunuh sekaligus mengurangi pembengkakan akibat infeksi.

Nah, itulah sejumlah manfaat rebusan daun sirih untuk mandi yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait : 



Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel