CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Buah Alpukat? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Buah Alpukat?

gambar buah alpukat hamster
Sumber foto : pixabay/coyot
Healty99 - Hamster pada dasarnya adalah hewan yang mudah dirawat, hal ini menjadikannya sebagai hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kebutuhan makanan mereka tidak terlalu banyak dan sederhana juga menjadi kelebihan selain karena lucu.

Saat memelihara hamster, mungkin sebagian orang akan sering tergoda untuk menambahkan variasi makanan kepada peliharaan dengan tujuan untuk memanjakan mereka dengan berbagai nutrisi.

Walau ada banyak makanan yang bisa di berikan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, namun terkadang semua harus lebih di perhitungkan.

Alpukat untuk Hamster

Alpukat merupakan buah yang populer dengan rasa lembut dan creamy. Tapi bisakah hamster makan alpokat? Dan apakah alpukat aman bagi mereka?

Faktanya, meskipun daging buah allpukat tidak beracun bagi hamster peliharaan kamu, tetapi mereka tidak boleh makan secara teratur setiap hari.

Alpukat memang buah hijau yang menjadi favorit bagi sebagian orang karena bisa dibuat salad, smoothie, dan lain sebagainya.

Buah satu ini sangat bergizi dan serbaguna karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Avokad juga tinggi akan lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak sehat dalam jumlah sedang, selain itu adapun juga kandungan serat, kalori dan sekaligus rendah gula.

Semua manfaat yang terkandung bisa menjadi tambahan yang bagus buat diet sehat bagi manusia, akan tetapi jumlah kalori dan lemak yang besar tidak ideal untuk hamster kamu.

Mengapa? Alpukat merupakan buah yang paling banyak mengandung lemak dari antara buah yang ada di bumi, setidaknya avokad memiliki 160 kalori dalam per 100 gram dan dengan 132 kalori berasal dari lemak.

Walau pada dasarnya lemak tersebut bagus untuk manusia, namun jumlah lemak ini terlalu tinggi untuk diberikan pada hamster sebagai makanan.

Bahaya alpukat bagi hasmter

Meskipun buah alpukat tidak beracun bagi hamster berbulu kamu, namun sebaiknya untuk tidak memasukkan sebagai menu makanan sehat untuk peliharaan.

Adapun alasan tersebut karena :

  1. Membuat tersedak. Kulit alpukat cukup keras dan mudah pecah, hal ini berpotensi bisa menyebabkan tersedak pada hamster kamu.
  2. Buah satu ini sangat tinggi kalori dan lemak, bahkan dalam jumlah kecil bisa menyebabkan berat badan peliharaan kamu naik cepat.
  3. Meskipun mungkin tidak masalah untuk memberi mereka makan dalam jumlah kecil dan tidak setiap saat, namun tetap saja berisiko obesitas jika memberi makan makanan berlemak.
  4. Kemungkinan masalah gigi. Alpukat bisa berbahaya bagi gigi hamster, meski tidak terlalu keras namun tekstur daging yang lembut bisa mudah tersangkut pada gigi hamster.
  5. Hamster memiliki kantong makanan kecil di kedua belah pipinya, daging alpukat yang lembut dan lengket dapat dengan mudah tersangkut di sana.

Memberikan alpukat dalam jumlah (dosis) kecil kemungkinan hal tersebut tidak akan membuat hamster terdapat masalah besar.

Peliharaan bola bulu kamu secara teknis baik-baik saja karena tidak beracun bagi mereka, namun ide yang jauh lebih baik adalah untuk tidak menghadirinya sama sekali dalam menu mereka.

Mengingat buah satu ini padat kalori dan lemak yang mana dapat menyebabkan obesitas pada hamster peliharaan, bahkan alpukat juga berpotensi menyebabkan masalah pencernaan yang serius walau dalam jumlah kecil.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel