CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Fuel Pump Tidak Mengeluarkan Bunyi Saat Switch Kontak ON - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Fuel Pump Tidak Mengeluarkan Bunyi Saat Switch Kontak ON

gambar fuel pump
Sumber foto : healty99.com

Healty99 - Fuel pump yang normal atau sehat, saat switch kontak di ubah dari OFF ke ON maka akan mengeluarkan bunyi dengungan atau berdenging dalam beberapa detik. Selain itu, selagi menggeluarkan bunyi fuel pump akan menyemburkan bensin cukup deras untuk sesaat.

Namun apa jadinya jika fuel pump tidak mengeluarkan bunyi alias mati yang padahal aki (acu) dan kontak dalam posisi ON. Apasih penyebabnya dan mengapa bisa demikian? 

Nah, buat kamu yang ingin tahu atau hanya sekedar penasaran, simak artikel di bawah ini sampai selesai. Siapa tahu bisa membantu kamu dalam mengatasi permasalahan yang sedang di alami.

Penyebab Fuel Pump Tidak Mengeluarkan Bunyi

Berikut beberapa pemicu mengapa fuel pump sepeda motor kamu tidak berfungsi dengan baik atau tidak normal dengan tidak mengeluarkan bunyi seperti biasa.

1. Sekering putus

Pertama kamu bisa lakukan pengecekan pada bagian sekering. Untuk beberapa kasus, sekering yang putus menjadi penyebab fuel pump kamu mati karena arus dari baterai aki tidak terhubung.

Periksa terlebih dahulu bagian sekering pada sepeda motor kamu, pastikan sudah terpadang dengan baik dan dalam kondisi normal (tidak putus).

2. Aki atau baterai

Selanjutnya cek aki dan baterai kendaraan, pastikan tegangan aki normal sekitar 12 V. Untuk pengecekan kamu bisa menggunakan alat volt meter atau multitester agar bisa mengetahui tegangan dengan tepat.

Aki atau baterai yang lemah terkadang tidak bisa menghidupkan rotak atau fuel pump pada tangki, karena komponen satu ini hanya bekerja dengan baik pada tegangan aki 11 - 12 V.

Kurang dari itu rotak tidak akan hidup atau hidup namun tidak mampu berputar alias tidak mengeluarkan bunyi seperti biasa.

3. Kunci kontak 

Kunci kontak yang rusak atau kabel kontak yang putus adalah bagian yang harus kamu periksa selanjutnya, terlebih jika beberapa langkah di atas sudah kamu lakukan. 

Kunci kontak yang rusak ataupun kabel kontak yang putus tentu sistem elektronik pada sepeda motor tidak akan berfungsi.

Baik itu sistem kelistrikan, lampu-lampu, pengapian, injeksi serta fuel pump pastinya tidak akan berfungsi, hal ini dikarenakan arus dari baterai terputus (tidak terhubung).

Untuk itu periksa bagian switch kontak sepeda motor kamu apakah sudah berfungsi dengan baik.

4. Kabel pompa terputus

Penyebab fuel pump mati berikutnya bisa dikarenakan kabel yang terhubung pada soket fuel pump di tangki putus, atau juga bisa soket longgar dan tidak terpasang dengan benar. 

Kondisi kabel yang butus atau soket yang tidak terpasang dengan baik sudah pasti rotak tidak akan menyala, bahkan tidak akan mengeluarkan bunyi.

Untuk memperbaikinya kamu bisa periksa jalur kabel pompa bensin tersebut secara teliti, pastikan semua sudah terbuhung dengan benar.

5. IC pump rusak

Beberapa jenis sepeda motor, pada bagian fuel pumpnya ada yang di lengkapi dengan IC atau regulator yang fungsinya mengatur durasi aktif dari pompa saat kunci kontak di ON kan.

Funggsi lainnya ialah sekaligus mengatur putaran dari rotak pompa sesuai dari kebutuhan mesin.

Komponen IC tersebut letaknya ada pada fuel pump itu sendiri. Lantas bagaimana cara mengecek IC jika rusak ?

Perlu kamu ketahui mengecek IC sebenarnya harus menggunakan alat, karena komponen IC itu sendiri cukup banyak dan terdiri dari gabungan sejumlah elektronik seperti resistor, transistor dan lain sebagainya.

Namun, untuk memastikan bahwa IC tersebut benar-benar rusak ialah kamu bisa memeriksa terminal atau soket yang terhubung pada IC dengan menggunana volt meter atau multitester. 

Pastikan ada arus yang keluar dari soket tersebut saat kamu putar kunci kontak ke ON.

Jika ada arus masuk namun tidak ada arus keluar maka bisa di pastikan IC rusak, namun jika tidak ada arus sama sekali maka keruskana bisa jadi bukan pada IC nya saja, melainkan juga ada pada kabel atau sistem injeksi mengalami error.

6. Relay rusak

Beberapa jenis sepeda motor, terkadang di lengkapi dengan yang namanya relay tambahan. Salah satu contohnya ialah relay 4 kaki yang fungsinya adalah pemutus dan penghubung arus.

Namun, adapun sejumlah kasus dimana kondisi relay tersebut tidak berfungsi dengan baik, entah itu karena kotor, rusak dan sebagainya.

Kamu bisa lakukan pengecekan terhadap relay tersebut dengan alat seperti multitester dan sebagainya untuk memastikan relay masih berfungsi.

7. Rotak mati

Terakhir, penyebab fuel pump tidak mengeluarkan bunyi selanjutnya ialah bisa di karenakan rotak yang mati. 

Jika rotak mati tentu tidak akan mengeluarkan bunyi bahkan tidak bisa melakukan fungsinya seperti menyedot bahan bakar.

Selain itu, jika rotak mati maka hal yang bisa kamu lakukan ialah menggantinya dengan yang baru, karena rotak pompa tidak bisa diperbaiki dan bahkan tidak ada yang mau memperbaiki.

Namun perlu kamu ketahui ialah, sebelum rotak pomba bensin mati biasanya akan mengalami gejala melemah, brebet, ndut-ndutan dan bahkan mati saat di gas.

Itulah beberapa penyebab fuel pump sepeda motor tidak mengeluarkan bunyi aias mati saat kunci kontak di ON.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel