CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Sepeda Motor Berasap Putih - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Sepeda Motor Berasap Putih

gambar knalpot motor mengeluarkan asap
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Penyebab utama mengapa sepeda motor bisa mengeluarkan asap putih pada bagian knalpot ialah karena terbakarnya oli mesin pada ruang silinder (ruang bakar). Oli mesin seharusnya tidak boleh masuk ke bagian depan piston tempat ruang kompresi.

Mengingat bahwa oli cukup sulit terbakar, tentu dengan adanya suhu panas tinggi hal tersebut akan mengakibatkan asap putih yang mengebul. 

Baca juga : Penyebab Motor Berasap Saat Di Panasi

Lalu bagaimana cara oli mesin masuk ke ruang bakar?

Oli mesin masuk ke bagian ruang bakar (kompresi) karena terdapat cela atau kebocoran, entah itu karena piston dan dinding silinder lecet, gores dan baret, serta juga bisa di sebabkan oleh ring piston yang lemah, cela gap terlalu lebar ataupun patah.

Terkadang untuk beberapa kondisi tertentu seal klep dan paking juga bisa menjadi biang kebocoran oli.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah, itu semua adalah bentuk bagaimana cara oli mesin masuk keruang bakar. 

Akan tetapi yang menjadi permasalahan ialah bagimana piston, ring, silinder dan bagian lainnya bisa rusak lah yang harus diketahui.

Hal-Hal yang Menyebabkan Sepeda Motor Berasap

Ada beberapa hal yang mengakibatkan motor kamu cepat berasap, salah satu bentuk umum yang sering terjadi ialah sebagai berikut :

1. Sering telat mengganti oli

Pertama adalah sering telat mengganti oli, bahkan dibiarkan sampai kering tidak tersisa. Pernah diulas pada artikel lain mengenai fungsi dari oli mesin motor ialah bertujuan untuk melumasi komponen didalamnya agar tidak aus saat bergesekan.

Nah akibat dari tidak adanya oli atau berkurangnya oli didalam mesin tentu akan menyebabkan komponen logam didalam menjadi cepat panas dan aus. 

Hal ini mengingat segala bentuk komponen saling berputar dan bergesekan. Mulai dari piston, ring, silinder, bearing, kopling, pompa oli, noken as bisa mengalami aus karena tidak adanya pelumasan.

Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan motor menjadi berasap dan mengeluarkan bunyi kasar saat di hidupkan.

2. Usia dari pemakaian

Selanjutnya bisa di sebabkan oleh faktor dari pemakaian, yaitu usia dari sepeda motor yang sudah tua dan melemahkan komponen di dalam mesin.

Motor berasap bisa dikaitkan dengan faktor usia dari kendaraan, terlebih lagi kendaraan tersebut sering di pakai sehari-hari. 

Akan tetapi biasanya bentuk kerusakan bisa terjadi setelah pemakaian cukup lama, terlebih lagi buat kamu yang selalu menjaga keawetan daripada mesin.

3. Kasar dalam membawa kendaraan

Cara membawa sepeda motor menjadi salah satu faktor dari keawetan sebuah kendaraan.

Sepeda motor yang di bawa ugal-ugalan, sering standing, di bawa kerja berat atau sering memainkan gas secara spontan hingga full, tentu akan membuat umur dari komponen motor menjadi lebih pendek.

Hal tersebut juga berlaku pada bagian dalam mesin yang menjadi cepat aus karena cara pemakaian yang kasar. 

Itulah sebabnya mengapa kendaraan lebih awet jika di pegang orang tua ketimbang anak muda. 

4. Membuka box filter udara

Tahukah kamu membuka box filter udara atau saringan udara secara jangka panjang bisa mengakibatkan motor menjadi berasap loh. 

Penyebabnya ialah kamu menghilangkan daripada fungsi filter udara tersebut, dimana seharusnya udara kotor disaring sebelum masuk ke ruang bakar.

Jika filter udara di cabut atau dikosongkan, maka sudah pasti segala bentuk debu dan kotoran yang berterbangan akan masuk ke dalam mesin akibat daya hisap piston. 

Pada akhirnya akan menyebabkan daya tahan piston, silinder, ring piston dan beberapa komponen lainnya tidak akan awet.

5. Penggunaan oli yang buruk

Penting memang untuk menggunakan oli mesin yang berkualias serta bagus, tujuanya ialah sudah pasti menjaga keawetan dari komponen didalam mesin, menjaga performa kendaraan serta mendukung kinerja lainnya.

Penggunaan oli yang buruk, imitasi atau oplosan tentu bisa berakibat fatal bagi mesin, mulai dari gangguan pada bagian kopling, pernurunan performa, kurangnya perlindungan oli terhadap gesekan, serta pada akhirnya bisa mengakibatkan kerusakan pada jangka panjang.

Itulah sebabnya mengapa kamu harus memakai oli asli atau yang sudah terjamin akan kualitasnya.

6. Memasukan oli ke knalpot

Selain 5 penyebab di atas, adapun kejadian iseng atau dilakukan dengan segaja yaitu memasukan oli ke bagian knalpot.

Entah itu kamu sendiri yang melakukanya atau orang lain yang pasti jika menuangkan oli pada bagian knalpot bisa menyebabkan keluar asap putih. 

Hal ini dikarenakan oli akan terbakar dan terjadi pemanasan, pada akhirnya dampak yang diberikan sama seperti kondisi oli yang masuk ke bagian ruang silinder.

Akan tetapi motor berasap yang di sebabkan oleh memasukan oli ke knalpot bisa hilang saat di panaskan atau di bawa jalan, karena pada dasarnya tidak terdapat kerusakan pada bagian mesin.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan sepeda motor kamu berasap putih bahkan ngebul.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel