CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Pertamax Turbo bisa Bikin Mesin Lebih Bersih - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Pertamax Turbo bisa Bikin Mesin Lebih Bersih

gambar pertamax turbo
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pertamax turbo atau bensin merah merupakan salah satu jenis BBM berkualitas tinggi yang dapat kamu beli secara bebas pada beberapa SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).

Pertamax turbo memiliki kandungan RON atau oktan 98, sehingga lebih tinggi dari pertamax biasa yang hanya sekitar 92. Selain itu BBM satu ini juga dijual dengan harga sekitar Rp 15.100 untuk per satu liternya.

Karena nilai oktanya yang tinggi, hal ini juga membuat beberapa kelebihan dan kekurangan pertamax turbo bagi kendaraan. 

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak membahas mengenai kelebihan dan kekuranganya, melainkan dampak yang diberikan pada mesin dan ruang bakar.

Penasaran? Untuk itu kamu bisa membaca artikel lain di healty99.com.

Pertamax Turbo Bisa Membersihkan Mesin

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan pertamax turbo bisa membuat tenaga mesin menjadi lebih enteng, nafas lebih panjang serta mesin tidak cepat panas. 

Hal tersebut memang benar adanya, karena BBM satu ini bisa memaksimalkan proses pembakaran menjadi lebih sempurna yang pada akhirnya berimbas pada peningkatkan torsi mesin.

Namun di sisi lain, adakah dampak terhadap mesin untuk jangka panjang dan komponen di dalamnya?

Penggunaan bahan bakar ber oktan tinggi memiliki kelebihan lain yaitu bisa membersihkan bagian dalam mesin, khususnya pada ruang bakar dari penumpukan kerak karbon.

Mengingat kerak karbon pada ruang bakar bisa menyebabkan beberapa masalah berupa detonasi atau knocking, kebocoran kompresi serta menganjal klep.

Jika kamu menggunakan pertamax turbo maka kecil kemungkinan ruang bakar mesin akan mengalami penumpukan karbon berlebih, terkecuali sepeda motor kamu tidak normal seperti berasap atau ngebul.

Kelebihan BBM satu ini terhadap membersihkan mesin didasari karena pertamax turbo menghasilkan pembakaran lebih baik, mudah tercampur dengan udara sehingga tidak menyisakan emisi, rendah akan kandungan timbal serta memiliki sifat yang bisa merontokan kotoran di dalam mesin.

Oleh karena itu, jika ada orang bilang bahwa pertamax turbo bisa membersihkan mesin itu memang benar adanya. "TAPI" ada tapinya loh.

Bahan bakar satu ini ini pada dasarnya bisa membersihkan area ruang bakar dari kerak karbon, namun yang perlu kamu ketahui ialah tidak semua jenis kendaraan bisa menggunakan BBM merah.

Mengapa? Semua di dasari kemampuan dan kebutuhan. Pertamax turbo memiliki oktan dengan nilai 98 yang mana sangat di sarankan untuk digunakan pada kendaraan bermesin bensin dengan kompresi sekitar 12 hingga 13:1.

Contohnya pada motor yang naik stroke atau piston (bore up), mesin ber CC besar serta beberapa kendaraan pabrikan yang memang di khususkan harus menggunakan BBM oktan 98 atau lebih.

Jika kompresi mesin tinggi seperti 13:1 dipaksakan menggunakan bahan bakar beroktan rendah yang kurang dari 95, maka performa mesin menjadi tidak maksimal.

Bahkan untuk beberapa kasus, penggunaan BBM yang nilai oktan terlalu rendah bisa memicu beberapa masalah seperti detonasi, suara mesin menjadi kasar, penurunan performa, serta torsi dan top speed sulit di dapat.

Sedangkan pada kendaraan umum atau sehari-hari hanya memiliki kompresi mesin sekitar 8,5 - 10,5, sehingga penggunaan bensin seperti pertalite dan pertamax biru sangat direkomendasikan.

Jika kamu memaksakan untuk menggunakan pertamax turbo dengan tujuan membersihkan mesin maka tidak menjadi masalah, selagi tidak pemakaian hanya sesekali dan tidak dijadikan BBM konsumsi sehari-hari.

Hal ini dikarenakan spesifikasi mesin harian sudah bisa di capai dengan memakai jenis pertamax biasa, sehingga jika membeli pertama turbo tentu akan mengeluarkan beberapa rupiah lebih.

Menurut pengalaman sendiri dan melihat dari beberapa kendaraan yang menggunakan bensin dengan otan tinggi, saat di bongkar memang bagian ruang bakar, piston dan klep benar-benar bersih dari kotoran kerak.

Akan tetapi, untuk beberapa kasus yang di temukan kerap terdapat masalah pada bagian klep masuk (inlet), dimana bagian siting klep mengalami aus sehingga membuat perubahan pada gap (cela) setelan klep.

Walau pada dasarnya bisa di stel ulang, namun penggunaan secara terus menerus bisa mengikis bagian payung klep dan dudukan (siting).

Oleh karena itu kamu boleh saja memakai pertamax turbo dengan tujuan membersihkan mesin, namun tidak jika penggunaan dilakukan secara berkepanjangan. Terlebih jika kendaraan kamu spesifikasi kompresi mesin di bawah 13:1.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel