CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelebihan serta Kekurangan Pertamax Turbo Terhadap Mobil dan Motor yang Harus Kamu Ketahui - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelebihan serta Kekurangan Pertamax Turbo Terhadap Mobil dan Motor yang Harus Kamu Ketahui

gambar pertamax turbo
Sumber foto : faisol.id
Healty99 - Secara jenis, kendaraan bensin bisa menggunakan 4 macam tipe bahan bakar, salah satunya ialah premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus. Namun yang pasti semua bahan bakar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk yang akan kita bahas kali ini ialah pertamax turbo.

Mungkin kamu pernah untuk mencoba menganti bahan bakar pada kendaraan mobil atau motor, yang tadinya menggunakan premium atau pertalite lalu kemudian mencoba pertamax turbo. 

Apakah yang terjadi? Yap kendaraan yang tadinya menggunakan jenis bahan bakar premium atau pertalite kemudian diganti dengan pertamax turbo maka tarikan mesin akan terasa lebih ringan.

Tidak hanya tarikan mesin saja yang enteng, namun dari segi performa mesin akan lebih power full dan suara menjadi lebih halus.

Kelebihan Pertamax Turbo Pada Mobil dan Motor

Memang jika dilihat dari kandungan oktan, bahan bakar pertamax turbo paling tinggi diantara lainnya yaitu RON 98. Sehingga efeknya akan ada pada performa mesin yang meningkat karena pembakaran menjadi lebih sempurna.

Namun adakah efek buruk dari penggunaan pertamax turbo untuk jangka panjang pada kendaraan mobil dan motor? Mengingat pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan.

Nah, buat kamu yang penasaran simak di bawah tentang kelebihanya.

1. Pembakaran lebih baik

Dengan kandungan oktan yang tinggi dan mudah mengalami penguapan, membuat pertamax turbo dapat bercampur dengan udara secara baik saat proses pengkabutan.

Apabila bahan bakar dan udara tercampur secara baik, maka proses pembakaran saat langkah kompresi mesin bisa terjadi secara sempurna.

Hasil dari pembakaran sempurna tersebut tentu akan mengurangi emisi buang yang lebih ramah lingkungan, tenaga mesin jadi power full dan bahkan komponen di dalam mesin bisa terhindar dari beberapa kerusakan.

2. Penyempurnaan dari beberapa BBM

Pertamax turbo merupakan penyempurnaan dari beberapa BBM lain, ternasuk itu pertamax plus. 

Bahan bakar satu ini memiliki cairan berwarna merah yang dilengkapi dengan IBF (Ignition Boost Formula), dan memiliki pengaruh pada kendaraan seperti lincah saat bermanufer, membuat mesin lebih enteng serta berakselerasi dijalanan.

3. Kadar oktan lebih tinggi

Dari setiap BBM yang ditemukan pada pom isi ulang, pertamax turbo memiliki kadar oktan paling tinggi diantara lainnya. 

Contoh :

  • Premium : RON 88
  • Pertalite : RON 90
  • Pertamax, Shell Super : RON 92
  • Pertamax Plus, Shell V-Power : RON 95
  • Pertamax Turbo : RON 98

Tingginya kadar oktan pada setiap bahan bakar akan sangat berpengaruh terhadap mesin. Pasalnya BBM dengan oktan tinggi bisa membuat penggunaan lebih irit, rasa nyaman saat berkendara dan bahkan enteng saat gas ditarik full.

4. Perubahan akselerasi dan top speed

Banyak para pembalap motor maupun mobil menggunakan pertamax turbo sebagai bahan bakar mereka.

Selain karena pembakaran yang dihasilkan lebih sempurna, torsi atau putaran bawah bisa jadi lebih bertenaga sehingga akselerasi mobil maupun motor menjadi lebih cepat.

Tidak hanya berefek pada putaran bawah saja, penggunaan bahan bakar dengan warna merah ini juga berpengaruh terhadap top speed yang terasa menjadi lebih panjang.

 5. Kandungan sulfur lebih rendah

Pada pertamax turbo memiliki kandungan sulfur yang jaug lebih rendah yaitu sekitar 0,0045% b/b, dan ini telah memenuhi standar dari Euro 4.

Sehingga menjadikanya BBM satu ini ramah lingkungan serta minim emisi buang,

6. Kandungan timbal lebih rendah 

Tidak hanya kandungan sulfur saja, tingkat kandungan timbal pada pertamax turbo termasuk paling rendah yaitu kurang dari <0,0025 g/liter.

Jika dibandingkan dengan premium yang sekitar 0.013 g/liter, tentu perbandinganya cukup jauh walau dalam ukuran 0,0 gram.

Penggunaan bahan bakar tinggi timbal akan sangat berpengaruh terhadap emisi buang yang lebih kotor, penumpukan karbon pada ruang bakar serta bisa merusak komponen dalam mesin secara tidak langsung.

Kekurangan Pertamax Turbo Untuk Mobil dan Motor

Setelah mengetahui kelebihan, sekarang waktunya kamu untuk mengetahui kekurangan dari pertamax turbo itu sendiri.

1. Harga cukup tinggi

Buat kamu yang hari-harinya berkendara menggunakan mobil atau motor, tentu menggunakan pertamax turbo akan lebih sedikit merogoh kocek.

Pasalnya bahan bakar satu ini biasanya dibandrol mulai dari Rp 14.500 - Rp 15.100 untuk setiap per liter.

2. Tidak semua kendaraan bisa menggunakan

Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan BBM merah ini sesekali tidak masalah, namun lain hal jika digunakan secara terus menerus sebagai bahan bakar konsumsi kendaraan sehari-hari.

Mengapa? Hal ini dikarenakan tidak semua mobil atau motor dianjurkan menggunakan pertamax turbo, dikarenakan kemampuan mesin yang tidak di setting sedemikian rupa.

Hanya beberapa kendaraan dengan kompresi mesin 11 hingga 13:1, serta mobil yang dilengkapi Turbocharger dan Supercharged saja yang bisa menggunakan bahan bakar satu ini dengan sempurna.

Sedangkan kendaraan sehari-hari hanya memiliki kompresi mesin 9 sampai 10:1 saja, itulah sebabnya pertamax biasa sudah lebih dari cukup untuk spesifikasi mesin dibawah 11.

3. Ketersediaan yang tidak merata

Ketersediaan pertamax turbo memang tidak merata di setiap pom SPBU diseluruh Indonesia, dan biasanya hanya ada pada bagian kota-kota saja.

Hal ini dikarenakan daya beli yang lebih rendah serta spesifikasi mesin mobil dan motor yang sudah cukup menggunakan bahan bakar sekelas pertalite dan pertamax biasa.

4. Tidak untuk penggunaan jangka panjang

Jika kendaraan kamu memiliki mesin yang memumpumi, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan pertamax turbo sebagai bahan bakar sehari-hari secara terus menerus.

Namun lain hal jika spesifikasi kendaraan kamu memiliki ruang CC silinder yang kecil dan perbandingan rasio kompresi yang kecil juga. 

Walau efek yang ditimbulkan performa kendaraan menjadi lebih meningkat, namun tentu akan berpengaruh terhadap beberapa komponen didalam mesin.

Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan BBM satu ini pada kendaraan sehari-hari secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pertamax turbo untuk penggunaan pada mobil dan motor.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel