CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengakali Rumah Bearing Roda Sepeda Motor yang Oblak - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengakali Rumah Bearing Roda Sepeda Motor yang Oblak

gambar tromol sepeda motor
Sumber foto : lazada
Healty99 - Rumah bearing atau klahar roda yang oblak, lobok, longgar alias aus memang menjadi permasalahan setiap pemilik kendaraan. Bagaimana tidak, velg atau tromol yang bagian rumah bearingnya oblak tentu percuma jika dipasang bearing baru, karena tetap saja akan goyang saat dipasang.

Bahkan jika dipaksakan berjalan dengan kondisi klahar yang oblak, bisa membuat tidak nyaman karena roda sepeda motor seperti nyepak alias oleng.

Oleh karena itu kamu harus memperbaiki bagian yang oblak tersebut, sehingga saat dipasang bearing akan langsung padat dan tidak goyang.

Pada dasarnya, penyebab mengapa bagian rumah bearing bisa oblak dan goyang ialah karena usia dari pemakaian.

Selain itu adapun beberapa kondisi lain yang bisa mempercepat bagian rumah bearing tersebut rusak, salah satunya ialah terlalu sering menganti bearing, kasar dalam pemasangan, baut as roda kurang kencang, serta sering membiarkan bearing goyang hingga pecah.

Cara Mengakali Rumah Bearing Oblak Pada Velg

Mengingat harga dari tromol dan velg tidak murah, tentu akan menjadi sebuah pertimbangan jika harus mengantinya secara mendadak. 

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebenarnya dudukan bearing tersebut bisa diakali agar dapat digunakan kembali.

Walau tidak untuk waktu yang lama, namun cara satu ini terbilang murah meriah dan cocok untuk keadaan mendesak.

Berikut beberapa cara mengakali rumah klahar roda agar bisa menjadi padat kembali :

1. Tambah daging

Cara pertama sekaligus rekomendasi buat kamu ialah dengan ditambah daging. Tambah daging yang dimaksud ialah menambal atau menambah permukaan besi sehingga menjadi lebih tebal.

Hal yang sama juga berlaku pada dudukan bearing dan lain-lain, dimana bagian yang aus atau oblak tersebut permukaanya ditambah dengan bahan yang sama. Baik itu dengan cara di cor, las atau di bakar, baru setelah itu dibubut (kikis) hingga membentuk dudukan baru yang presisi dan padat.

Selain tambah daging adapun alternatif lain ialah dengan menambah bosh kedalam bagian dudukan klahar roda. Bagian dudukan klahar pada velg roda dibubut untuk mendapatkan ukuran tertentu, lalu disumpal dengan cincin (ring bosh) yang baru.

Untuk hasil sama-sama padat antara tambah daging dan disumpal bosh, bahkan bisa terasa padat seperti baru.

2. Ganjal kaleng minuman

Cara kedua untuk mengakali rumah bearing roda yang oblak ialah dengan mengganjal menggunakan kaleng minuman. Jika tidak ada kaleng minuman bisa diganti dengan seng atau beberapa plat tipis sejenis.

Pengerjaanya terbilang mudah, kamu hanya perlu memotong beberapa bagian kecil kaleng minuman tersebut untuk dijadikan ganjalan pada dudukan klahar, baru setelah itu klahar dimasukan secara perlahan-lahan hingga cukup padat.

Usahakan kamu memotongnya dengan rapi, karena jika tidak rapi bisa menganjal bagian dalam tromol atau bahkan lepas.

3. Diganjal kain tebal

Selain diganjal dengan kaleng minuman yang tipis, cara selanjutnya kamu bisa memanfaatkan kain untuk mengatasi rumah bearing yang oblak. 

Kamu bisa menggunakan celana jeans bekas atau kain yang cukup tebal, lalu dibenamkan pada bagian dudukan bearing tersebut sembari memasang bearing secara perlahan.

Langkah pengerjaanya sama seperti diatas tadi yaitu mengganjal dudukan bearing menggunakan kaleng minuman.

Cara satu ini terbilang sederhana dan murah meriah, bahkan bisa kamu andalkan untuk beberapa kondisi mendesak atau sedang terburu-buru.

4. Menggunakan lem steel

Lem steel atau lem hitam putih bisa kamu gunakan untuk mengakali rumah bearing oblak pada velg motor loh. 

Walau tidak terlihat menyakinkan, namun cara satu ini sudah banyak digunakan dan diterapkan pada beberapa bengkel umum. Bahkan hasil yang didapat juga bagus yaitu bearing menjadi lebih padat dan tidak oblak.

Pengerjaanya cuku sederhana, kamu hanya perlu mencampur lem steel tersebut bagian hitam dan putihnya, lalu aduk rata dan oleskan pada bagian dudukan bearing ditromol atau velg kamu.

Setelah itu pasang bearing yang baru secara perlahan-lahan. Usahakan lem steel tersebut menutupi bagian rumah bearing yang oblak tersebut, kemudian tunggu hingga lem kering.

Apakah bearing bisa lepas jika diberi lem steel?

Tenang saja kamu tidak perlu kahwatir, bearing roda yang oblak lalu diakali menggunakan lem steel atau lem hitam putih pada dasarnya bisa dilepaskan kok. Walau lem satu ini terkenal akan kekerasan dan daya rekat yang kuat, namun sebenarnya akan rontok jika terjadi getaran atau pukulan.

Oleh karena itu mungkin kamu bisa menggunakan lem steel untuk mengakali rumah bearing roda yang oblak, karena hasilnya cukup bagus dan bisa membuat klahar menjadi lebih padat.

Nah, itulah beberapa cara mengganjal dudukan bearing roda motor yang oblak, aus, goyang, longgar dan sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel