CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ciri-Ciri Komponen Fuel Pump Motor Injeksi Lemah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ciri-Ciri Komponen Fuel Pump Motor Injeksi Lemah

gambar fuel pump
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Fuel pump merupakan merupakan komponen yang sangat penting pada sepeda motor jenis injeksi atau FI. Jika Fuel pump mengalami kerusakan seperti mati, tersendat, kotor dan lemah tentu performa mesin motor akan drop dan bahkan tidak mau hidup.

Fungsi Fuel pump sendiri ialah pada dasarnya hanya untuk menyedot sekaligus menarik minyak di dalam tangki, kemudian menyalurkan pada bagian injecktor sesuai takaran dan tekanan yang sudah ditetapkan.

Saat usia pakai dari komponen satu ini sudah mencapai batasnya, maka sudah pasti kamu diharuskan mengganti agar sepeda motor bisa digunakan kembali.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena Full pump sangat jarang terjadi mati secara tiba-tiba, akan tetapi adapun ciri-ciri alias tanda-tanda bahwa part tersebut mengalami penurunan fungsinya.

Ciri-Ciri Fuel Pump Lemah

Nah, buat kamu yang ingin tahu tanda-tanda bahwa Fuel pump sudah lemah, kotor dan sebagainya. Cobalah baca artikel kali ini sampai selesai.

1. Gas naik turun dan brebet

Yang pertama bisa ditandai dengan gas atau tenaga sepeda motor naik turun. Saat dibawa berkendara pada rpm tertentu, seperti rpm bawah dan menengah biasanya akan mengalami brebet, namun akan hilang saat digas kembali.

Ciri-ciri lainnya ialah jika kamu bawa dengan rpm stabil maka gas motor akan naik turun seperti kehabisan bensin atau brebet.

2. Sedikit sulit dinyalakan

Selanjutnya kamu bisa curigai Fuel pump jika sepeda motor kamu sulit untuk dihidupkan. Hal ini dikarenakan Fuel pum tidak bekerja secara maksimal, sehingga harus menekan lebih tombol stater atau engkol lebih lama.

Tidak hanya itu saja, karena fungsi full pump tersebut sudah menurun sehingga tekanan yang dihasilkan juga akan melemah. Kondisi ini juga terkadang membuat motor sulit untuk stationer atau dalam posisi langsam.

3. Bunyi jadi pelan

Saat kontak dari posisi OFF ke ON, maka secara langsung Fuel pump yang berada di tangki akan hidup untuk langsung memompa bensin.

Dalam kondisi beberapa detik memompa tersebut akan terdengar suara bunyi dengungan yang dihasilkan dari putaran rotak.

Full pump baru akan mengeluarkan suara berdenging yang nyaring, bersih dan tidak berubah alias melemah. 

Namun jika punya kamu suara lirihnya berubah atau menjadi pelan maka bisa dipastikan tekanan Fuel punp tersebut mulai melemah, baik itu karena saringan yang kotor maupun bagian rotak yang kinerjanya sudah menurun.

4. Lampu engine berkedip

Ciri-ciri Fuel pump motor injeksi lemah berikutnya ialah bisa ditandai dengan menyalanya lampu engine atau engine lamp alias lampu mill.

Sudah jelas jika ada masalah pada sistem injeksi maka engine lamp akan berkedip, termasuk juga pada kerusakan pada bagian Full pum.

Namun walapun begitu, terkadang ada beberapa kondisi lampu engine lamp tidak berkedip saat full pump rusak. Hal ini dikarenakan komponen bagian fuel pump masih terhubung dengan baik namun kondisinya sudah tidak layak pakai.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri Fuel pum kamu sedang ada masalah, baik itu karena lemah maupun penurunan fungsi.

Oleh karena itu sebaiknya kamu harus segera periksakan ke bengkel resmi secepat mungkin untuk di beri penanganan, karena beberapa kasus bisa diperbaiki dengan pergantian saringanya saja.

Walau tidak menutup kemungkinan kamu harus menganti secara keseluruhan Fuel pump, namun jika kerusakan lebih cepat diatasi tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Tag : Honda Beat fi, Scoopy Fi, Vario 125, Vario 150, Supra X, Revo, Sonic, CBR 150, CB150R, Yamaha Mio, Xeon, Vixion, Fino, Suzuki Nex, Shogun.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel