CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Motor Matic Mio Injeksi Sering Mati di Bawa Jalan Sebentar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Motor Matic Mio Injeksi Sering Mati di Bawa Jalan Sebentar

gambar yamaha mio injeksi m3
Sumber foto : bukalapak
Heaty99 - Buat kamu yang memiliki sepeda motor yamaha matic injeksi, baik itu jenis mio, xeon dan sebagainya. Mengalami kondisi seperti sering tiba-tiba mati di jalan, tidak mau langsam dan bahkan di bawa jalan beberapa meter mesin motor langsung mati, maka bisa jadi bagian fuel pump nya bermasalah.

Berdasarkan pengalaman pribadi, gejala kerusakan fuel pump atau pompa injeksi atau pompa bensin sepeda motor yamaha sedikit berbeda dengan honda dan suzuki.

Umumnya jika pompa bensin pada motor honda injeksi mengalami kerusakan, akan mengalami gejala brebet saat di bawa jalan, tersendat, respon gas telat, ndut-ndutan saat dikendarai serta terkadang tidak mau digas sama sekali jika kerusakan telah parah.

Namun sedikit berbeda dengan yamaha injeksi. Fuel pump pada yamaha jika mengalami kerusakan akan menimbulkan gejala tiba-tiba mati, yap tiba-tiba sepeda motor langsung mati secara mendadak saat di kendarai.

Contoh ciri-ciri lainnya ialah, tidak mau langsam atau stationer dalam keadaan tegak, di bawa jalan beberapa meter langsung mati yang padahal jika di gas tegak tidak ada masalah, tidak ada tanda gejala brebet seperti honda, serta paling sering mati mesin jika turun gas.

Adapun beberapa gejala lain yang timbul dari pengguna motor yamaha injeksi yaitu jika minyak didalam tangki kurang dari separuh maka gejala mati tiba-tiba lebih sering terjadi, dan pada saat minyak full gejala yang timbul langsung hilang.

Nah, jika sepeda motor kamu mengalami kondisi seperti itu, maka bisa dipastikan kerusakan ada pada bagian fuel pumpnya atau pompa injeksi. 

Saya sering mendapati gejala seperti yang telah di sebutkan tadi pada motor yamaha injeksi, dan begitu fuel pump diganti secara komplit permasalahan langsung hilang.

Namun untuk beberapa kasus saya juga sering hanya mengganti bagian IC nya saja, yaitu komponen elektronik berwarna hitam yang melekat pada pompa injeksi yamaha (rangkaian IC hanya ada pada injeksi yamaha).

Komponen IC terdiri dari sejumlah rangakaian transistor dan resistor, jika bagian tersebut rusak maka akan menimbulkan gejala yang seperti sudah di sebutkan di atas tadi.

Beberapa kali saya mengkanibalkan bagian IC fuel pumnya saja dan hasinya berhasil dengan ditandai permasalah gejala penyakit yang hilang.

Nah, itulah masalah yang paling sering timbul jika sepeda motor matic yamaha kamu mengalami kerusakan pada bagian pompa bensinya.

Jadikan artikel satu ini sebagai masukan atau tambahan dalam berbagi pengalaman, semoga saja bisa membantu kamu dalam mengatasi penyakit motor. Pasalnya tidak semua penyakit motor itu memiliki penyelesaian yang sama.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel