CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Sepeda Motor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Sepeda Motor

gambar ban motor tubeless
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, hal tersebut juga berlaku pada ban tubeless yang akan kita bahas kali ini. Walau pada dasarnya penggunaan ban tubeless sudah sejak lama di terapkan pada kendaraan roda dua, namun tidak banyak yang tahu akan kelebihan dan kekurangan dari ban satu ini.

Pada mulanya ban tanpa tube di ciptakan tahu 1990 dan penerapan pertama pada kendaraan mobil. Akan tetapi karena seiringnya waktu dan perkembangan teknologi, kini ban tanpa tube sudah banyak digunakan pada sepeda motor.

Bahkan hampir semua jenis scooter matic di Indonesia ban bawaan pabriknya menggunakan tubeless. Lalu mengapa sih ban satu ini banyak beredar dan apasih kelebihan serta kekurangannya saat di pakai.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Nah, buat kamu yang ingin tahu, terlebih lagi akan mengganti ban baru namun masih binggung, coba simak artikel ini sampai selesai. Semoga sedikit banyak bisa membantu kamu dalam memilih.

Kelebihan tubeless

1. Tidak menggunakan ban dalam

Ban tubles tidak memakai ban dalam, sebagai gantinya ia memakai pentil khusus yang dipasang pada velg.

Selain itu, karena tidak dilengkapi ban dalam maka lapisan karet serta nilon pada jenis tubles dibuat lebih tebal.

2. Tidak langsung bocor

Saat ban tubles terkena paku atau tusukan benda tajam, besar kemungkinan tidak akan langsung bocor seperti tipe yang memakai ban dalam.

Hal ini dikarenakan benda yang menusuk tersebut kebanyakan masih melekat pada ban, sehingga masih cukup mampu menahan angin yang ada di dalam pada sementara waktu. 

3. Waktu menambal cepat

Berbeda dengan tipe yang menggunakan ban dalam dimana jika bocor akan memakan waktu cukup lama untuk di tambal. 

Tipe ban tubeless justru hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit saja di bengkel umum.

4. Peluang kebocoran kecil

Peluang kebocoran pada ban tubles jauh lebih kecil dikarenakan bahan karet dan nilon yang digunakan lebih tebal, sehingga untuk beberapa jenis paku seperti paku tekan, serpihan kayu kecil, isi staples dan beberapa benda tajam berukuran kecil lainnya tidak akan langsung menembus langsung ke bagian dalam.

Namun tetap harus kamu periksa, karena jika ada paku kecil atau isi staples yang menempel pada ban kamu biarkan begitu saja, lama kelamaan akan masuk hingga ke dalam dan pada akhrinya bocor halus. 

5. Kokoh

Ban tubeless kokoh saat di bawa dengan kecepatan tinggi dan menikung, bahkan jika di bawa santai pelan juga nyaman. 

Hal ini dikarenakan untuk ukuran yang sama pada tube tipe dan tubles seperti 90/90, maka ukuran tubles sedikit lebih besar.

6. Diklaim lebih awet

Karena tubeless memiliki karet dan nilon yang tebal tentunya akan awet dan membuat waktu pemakaian lebih lama.

Akan tetapi semua juga berlaku pada penggunaan, jarang tempuh dan medan jalan yang dilalui.

7. Aman digunakan pada semua musim

Ban tubeless aman dipakai saat musim hujan ataupun kemarau yang panas, bahkan untuk beberapa tipe kamu bisa berjalan di lumpur dengan santai jika memakai tipe ragi tahu.

8. Bisa menambal sendiri

Kelebihan ban tubless selanjutnya ialah bisa menambal sendiri saat bocor loh. Namun sebelumnya kamu harus memasukan cairan tubles terlebih dahulu, jadi saat bocor cairan tersebut akan langsung menyubat angin yang keluar.

9. Tidak ribet

Yang terakhir di tujuan untuk supaya tidak ribet dalam penggunaan dan pemasangan, karena hanya ban luar saja yang di pasang pada velg sepeda motor.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang bisa kamu ketahui.

Kekurangan tubeless

1. Harga sedikit lebih mahal

Harga ban tubles sedikit lebih mahal, namun apa yang kamu dapatkan setimpal dari segi keggunaan dan efisiensi.

Selain itu sebenarnya jika kamu bandingan dari tipe ban tube tibe harga sama saja, karena pada tube tipe kamu harus membeli lagi ban dalam.

2. Tekanan harus kuat dan stabil

Pada dasarnya setiap ban tekanan angin harus kuat dan stabil, namun pada tubles sepertinya kamu harus memperhatikan lebih.

Karena jika kamu paksa berjalan saat ban kempes bisa menyebabkan retak pada bagian tepi.

3. Berlaku pada velg atau palang

Tubeless hanya berlaku pada sepeda motor yang menggunakan velg atau palang racing dan tidak berlaku pada tipe jari-jari.

Namun jika kamu ingin memakai ban tubles pada jari-jari maka tidak menjadi masalah, akan tetapi kamu harus menambahkan ban dalam atau merombak lingkaran (ring) jari-jari kamu.

4. Terasa lebih berat

Saat kamu mengganti ban luar yang tadinya tube tipe menjadi tubeless dengan ukuran yang sama, jika kamu orang yang sensisit maka kendaraan kamu akan mengalami terasa sedikit lebih berat.

Bagaimanapun kecepatan juga dipengaruhi pada penggunaan ban, baik dari berat material, kualitas bahan yang digunakan serta besar permukaan penampang yang menapak aspal.

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang bisa kamu ketahui. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel