CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 4 Cara Menambal Ban Tubeless Bocor yang Bisa Kamu Ketahui - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

4 Cara Menambal Ban Tubeless Bocor yang Bisa Kamu Ketahui

gambar ban sepeda motor tubeless
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Ban tubeless merupakan jenis ban kendaraan yang memang di rancang tanpa menggunakan ban dalam. Jenis ban ini hanya bisa di pasang pada velg atau palang saja dan bukan pada jari-jari, walau sebenarnya bisa dipasang pada jari-jari namun kamu harus memakai ban dalam atau ring jari-jarinya di rombak.

Ban tubeless memiliki kelebihan yaitu permukaan dari bahan karet lebih tebal sehingga diklaim lebih awet dari ban tube tipe. Kelebihan lainnya ialah jika tertusuk paku maka angin di dalam ban tidak akan langsung keluar, sehingga kamu masih bisa sempat membawa ke bengkel untuk ditambal.

Ban luar di tambal? Yap, bagi yang tidak tahu atau belum mengetahui tentang ban tubeless, sebenarnya bisa ditambal loh. Proses penambalanya juga sedikit berbeda pada tipe ban dalam karena tidak menggunakan pemanas.

4 Cara Menambal Ban Tubeless yang Bocor

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu ketahui dalam menambal tube less, walaupun begitu kebanyakan bengkel hanya menggunakan 1 dari ke 4 cara tersebut.

Sebagai pengetahuan, berikut beberapa yang bisa kamu ketahui.

1. Refill tubles 

gambar refill tanmbal ban tubeless
Sumber foto : istockphoto
Yang pertama dan paling umum di temukan di bengkel-bengkel ialah penambalam memakai refill, yaitu sejenis stick panjang namun terbuat dari nilon, karet dan lem.

Menampal ban tubeless menggunakan refill dilakukan dengan beberapa proses, mulai dari pembersihan lubang pada ban menggunakan stick seperti kikir, Kemudian di beri lem dan refill dimasukan dengan teknik melipat.

Pengerjaan satu ini dilakukan dari luar, sehingga kamu tidak perlu membuka ban motor.

2. Tip top

gambar tip top tempel ban

Selanjutnya ada tip top, yaitu berupa stiker karet yang cara kerjanya hanya di tempel pada permukaan ban bocor.

Tip top bisa membuat ban tubeless yang bocor menjadi tidak bocor. Namun untuk proses pengerjaan kamu harus membongkar ban terlebih dahulu, karena pemasangan tip top di lakukan pada permukaan ban bagian dalam.

Pasalnya jika dipasang dari luar tip top akan tetap bocor akibat dari tekanan angin.

3. Cairan tubeless

gambar cairan tubeless

Buat kamu yang ingin simpel, cepat serta tidak akan bocor terus, maka kamu bisa menggunakan carian tubles.

Ini merupakan cairan khusus yang mengandung liquid seperti lem namun lebih kental serta terdapat bulir-bulir karet ukuran kecil.

Cara menggunakan cairan tubles cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan cairan lewat pentil angin atau cela tepi ban luar, setelah itu isi angin bertekanan tinggi.

Saat kamu tuang, cairan akan langsung merembes keluar lewat lubang pada ban dan bulir-bulir karet tadi akan menyumbat lubang tersebut sehingga angin yang keluar menjadi berhenti.

4. Paku tubeless

gambar paku tubeles

Terakhir kamu bisa pakai paku tubeless, yaitu benda kecil menyerupai skrup berulir namun dengan ukuran lebih pendek. Fungsinya ialah sudah pasti menutup kebocoran pada ban tubles.

Cara menggunakan paku tubeles sangat sederhana, kamu hanya perlu melumasi paku dengan lem khusus lalu membenamkan paku ke bagian ban yang bocor dengan di putar pakai obeng.

Yaa, cara pasang mirip seperti mengencangkan skrup pada kayu atau baut pada body motor.

Nah, itulah 4 cara menambal ban tubeless yang bisa kamu ketahui atau coba di rumah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel