CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bahaya Menaruh Baterai di Dalam Freezer - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bahaya Menaruh Baterai di Dalam Freezer

gambar baterai ponsel hp
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Adakah bahaya dari meletakan baterai di dalam kulkas atau freezer? Jawabnya 'bisa saja' tentu untuk beberapa kondisi dan penyebab. Oleh karena itu, kamu mungkin bisa membaca artikel kali ini sampai selesai supaya sedikit banyak akan bahaya atau dampak yang bisa kamu ketahui.

Baterai merupakan komponen yang tidak bisa lepas dari sejumlah perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, radio atau gawai lainnya. Hal ini dikarenakan jika baterai dikeluarkan akan menyebabkan perangkat tersebut mati karena kehilangan daya suply.

Yap, batre memang menjadi sumber power bagi beberapa perangkat elektronik, bahkan ia ada di sekitar kita seperti halnya kamu pegang sekarang. 

Baca juga : Cara Mengempiskan Baterai Yang Menggelembung

Karena peranya sangat penting dalam keseharian, hal ini membuat batrai selalu digunakan secara terus-menerus. Kita ambil contoh pada baterai ponsel atau Hp saja, setiap hari dan sepanjang waktu batre selalu digunakan.

Akibat penggunaan secara terus menerus tentu secara tidak langsung baterai akan mengalami penurunan fungsi, atau bahkan beberapa kasus terdapat kerusakan seperti bocor alias mudah drop, kembung serta rusak.

Kerusakan batrai paling sering terjadi ialah bocor yang menyebabkan membesarnya body baterai, atau dengan kata lain menggelembung besar.

Baca juga : Google Chrome Sering Keluar Sendiri Saat Dibuka

Menaruh Baterai di Dalam Freezer

Karena batrai tersebut membesar dan berimbas pada casing ponsel yang membekak, sehingga pada akhirnya mencoba untuk mencari solusi sebelum mengganti dengan yang baru.

Nah, mungkin kamu pernah mendengar yang namanya meletakan baterai ponsel didalam kulkas atau freezzer dengan tujuan untuk mengatasi menggelembung tersebut. 

Jika ia, alih-alih kamu akan mempraktekan secara langsung, ada baiknya kamu ketahui efek samping dan dampak yang akan ditimbulkan natinya.

Meletakan ponsel kedalam freezer atau kulkas pendingin bisa menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam ponsel, karena bisa kemasukan air dan pada akhirnya berkarat yang memicu konlset.

Tentunya kamu tidak inginkan ponsel menjadi tambah rusak karena hal nekat yang kamu lakukan.

Lalu bagaimana jika hanya baterainya saja yang diletakan?

Jika kamu mencopot baterai dari dalam ponsel, lalu meletakanya ke dalam pendingin seperti yang telah disebutkan tadi dengan tujuan untuk mengatasi kembung, tentu saja hal tersebut beresiko dan berbahaya bagi kamu.

Mengapa? Hal yang ditakutkan ialah terjadi kebocoran pada batre. Mengingat batre cukup membahayakan bagi manusia dan lingkungan karena bahan material yang mengandung merkuri, mangan, timbal, nikel, lithium dan kadmium.

Jika terjadi kebocoran cairan atau terlepasnya uap gas pada batre yang mengelembung tersebut, maka sudah pasti segala bentuk benda yang ada didalam kulkas akan terkontaminasi.

Tentu yang menjadi ke khawatiran ialah, kontaminasi dari baterai bisa berdampak di masa mendatang dan memicu sejumlah gangguan kesehatan.

Akan tetapi, jika kamu hedak memaksakan menaruh baterai kedalam freezer atau pendingin yang tidak terdapat benda lain, maka ada baiknya kamu lepaskan batrai dari ponsel terlebih dahulu lalu kemudian dibungkus rapi menggunakan plastik.

Bungkus lah batre serapi mungkin sehingga bentuk kebocoran gas atau cairan yang ditakutkan bisa di hindari.

Nah, itulah perihal mengenai baterai ponsel yang diletakan dalam pendingin alias freezer yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar smartphone.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel